Hubungan Suami Istri Normal Berapa Kali Seminggu? Simak Penjelasan Berikut Sebelum Memutuskan

| 27 Nov 2022 18:00
Hubungan Suami Istri Normal Berapa Kali Seminggu? Simak Penjelasan Berikut Sebelum Memutuskan
Ilustrasi suami istri (freepik)

ERA.id - Jika Anda pernah bertanya hubungan suami istri normal berapa kali seminggu, hal ini perlu dipahami dengan bijak. Jumlah ideal masing-masing pasangan bisa berbeda sebab tingkat kepuasan setiap pasangan tidak sama.

Hubungan intim atau hubungan seks bukan hanya soal kebutuhan fisik, tetapi juga untuk membangun hubungan emosional suami dan istri. Faktor emosional dinilai lebih penting oleh wanita, dibandingkan oleh pria.

Ilustrasi suami istri penuh cinta dan kebahagiaan (freepik)

Hubungan intim dengan suami atau istri memang bisa memberikan manfaat, tetapi bukanlah kewajiban yang harus dilakukan setiap hari. Anda bisa membuat batasan mengenai jumlah hubungan seks dalam satu minggu. Anda perlu sadar bahwa hasrat berhubungan seks tidak selalu muncul dalam waktu yang bersamaan.

Hubungan intim akan menyenangkan, menyehatkan, dan memuaskan saat dilakukan dengan kesediaan kedua belah pihak. Oleh sebab itu, sebaiknya tidak memaksakan kehendak kepada pasangan untuk melakukan hubungan intim. Bicarakan hal tersebut secara terbuka dengan istri agar mendapatkan kesamaan persepsi dan rasa sehingga seks bisa benar-benar maksimal.

Hal yang Perlu Dihindari dalam Hubungan Intim

Meski Anda telah menjadi pasangan suami-istri, ada baiknya hubungan intim dilakukan dengan kesediaan kedua belah pihak. Selain itu, hubungan seks sebaiknya tidak dilakukan dalam kondisi-kondisi tertentu dengan beberapa pertimbangan. Berikut ini adalah beberapa hal yang membuat pasangan sebaiknya menunda hubungan seksual.

·         Pasangan sedang tidak ingin, misal karena sakit atau kelelahan.

·         Menjadi gangguan besar dalam pekerjaan dan kehidupan.

·         Terlalu sering sehingga lupa dengan tanggung jawab rumah tangga dan pekerjaan.

·         Seks berlebihan bisa menyebabkan peradangan atau iritasi, baik pada vagina maupun penis.

Masing-masing pasangan memiliki hak dan kebebasan untuk menetapkan jumlah ideal hubungan intim per minggu. Oleh sebab itu, komunikasi terbuka dan menjadi hal yang sangat penting.

Hubungan Suami Istri Normal Berapa Kali Seminggu?

Meski demikian, ada jumlah rata-rata yang bisa membantu Anda untuk menentukan jumlah seks dalam seminggu. Dikutip Era dari Boldsky, berikut ini perkiraan jumlah seks dalam seminggu berdasarkan usia.

·         Usia 18—29 tahun

Ini menjadi rentang usia yang biasanya digunakan oleh sepasang kekasih melangsungkan pernikahan. Untuk mendapatkan kesehatan dan keharonisan rumah tangga, pasangan di usia rentang usia tersebut bisa melakukan hubungan intim sekitar 112 kali dalam setahun. Dengan kata lagi, sekitar 2—3 kali dalam seminggu.

·         Usia 30—39 tahun

Usia sudah semakin bertambah, berbagai hal mulai berubah. Tak heran jika gelora untuk berhubungan seks tak seperti saat masih muda. Pada rentang usia ini, Anda dan pasangan bisa bercinta 86 kali dalam setahun atau 1—2 kali dalam seminggu.

·         Usia 40—49 tahun

Berdasarkan penelitian, orang yang berusia 40-an sebaiknya melakukan hubungan seks dengan pasangan sebanyak 69 kali dalam setahun, bisa 1 kali atau terkadang lebih dalam satu minggu. Setidaknya, 5 kali dalam satu bulan.

·         Usia 50—60 tahun

Usia memang sudah tidak muda, tetapi hubungan seks tetap bisa dilakukan. Seperti orang di rentang usia, orang berusia 50—60 tahun disarankan bercinta sebanyak 69 kali dalam setahun.

·         Usia 60—75 tahun ke atas

Salah satu cara menjaga keharmonisan rumah tangga adalah dengan hubungan intim. Orang yang telah berusia lanjut bisa melakukan hubungan seks 1 kali dalam seminggu, sekitar 52 kali dalam satu tahun.

Meski demikian, kembali ke awal, pertanyaan hubungan suami istri normal berapa kali seminggu perlu dikembalikan kepada masing-masing pasangan. Angka-angka tersebut bukanlah standar ideal pasti yang berlalu kepada semua pasangan. Tetap komunikasikan persoalan hubungan intim bersama pasangan dengan pikiran dan hati yang terbuka. 

Rekomendasi