Maksud Kedutan Telapak Kaki Kanan Menurut Medis dan Primbon

| 01 Dec 2022 18:05
Maksud Kedutan Telapak Kaki Kanan Menurut Medis dan Primbon
Ilustrasi kedutan telapak kaki kanan (unsplash)

ERA.id - Kedutan pada anggota tubuh bisa menjadi tanda tertentu. Hal tersebut bisa ditinjau dengan dua kacamata, yaitu medis dan primbon. Lalu, apa arti kedutan telapak kaki kanan?

Perlu Anda ketahui bahwa kedutan merupakan kondisi ketika otot-otot pada bagian tertentu menegang sehingga terasa seperti sedang ditarik. Kedutan atau twitching merupakan fenomena yang kerap terjadi di tubuh, termasuk bagian kaki.

Dikutip Era dari Orami, kedutan pada kaki bisa dilihat dengan kacamata medis dan primbon. Berikut adalah penjelasannya.

Arti Medis Kedutan Telapak Kaki Kanan

1. Alas kaki bermasalah

Dalam pandangan medis, ketika alas kaki tidak tepat, misal kekecilan atau kebesaran, otot kaki dipaksa bekerja dengan lebih keras untuk menahan beban tubuh. Selain itu, alas kaki yang tidak tepat membuat peredaran darah dan oksigen terhambat. Hal tersebut bisa membuat otot kaki berkedut.

2. Beban berlebihan

 Ilustrasi kaki kelebihan beban (unsplash)

Beban berlebihan pada kaki juga bisa berdampak pada kedutan. Beban yang berlebihan membuat telapak kaki sangat rentan mengalami kedutan.

Saat Anda terus melakukan gerakan, otot akan terus mengalami kontraksi. Seiring berjalannya waktu, otot-otot tersebut akan kelelahan dan muncullah rasa nyeri yang berakhir dengan kedutan.

3. Nutrisi tidak seimbang

Nutrisi yang tidak seimbang pada tubuh juga bisa menjadi penyebab dari terjadinya kedutan. Ketika Anda kekurangan nutrisi berupa vitamin B, B-12, tiamin, asam folat, magnesium, dan potasium, maka otot bagian kaki bisa mengalami kedutan.

Kedutan pada kaki juga bisa menjadi tanda bahwa tubuh Anda sedang dehidari atau kekurangan cairan. Dehidrasi bisa memicu sejumlah kandungan penting berkurang, seperti kalium, magnesium, dan kalsium. Ketika Anda kekurangan cairan tersebut, otot rentan mengalami keram dan kedutan.

Kedutan Kaki Kanan Menurut Primbon

Berdasarkan primbon, kedutan bisa menjadi tanda mengenai suatu hal yang akan terjadi. Kedutan di tempat berbeda bisa memiliki arti yang berbeda.

1. Kedutan telapak kaki kanan

Ketika Anda mengalami kedutan ini, bisa jadi hal tersebut adalah tanda bahwa Anda akan pergi jauh dari rumah. Mengenai durasi, Anda bisa pergi dalam waktu sebentar, bisa juga dalam jangka waktu yang lama. Anda tak perlu khawatir sebab pergi di sini dalam hal baik yang membawa kesenangan bagi Anda dan keluarga.

2. Kedutan telapak kaki kanan bagian tengah

Hal ini bisa menjadi tanda bahwa selama ini ada orang yang iri kepada Anda. Orang tersebut mungkin iri dengan kehidupan Anda yang tampak nyaman dan bahagia.

Hal lain yang bisa membuat orang tersebut iri adalah pencapaian atau kesuksesan yang baru saja Anda raih. Contoh dari hal tersebut adalah Anda baru saja naik jabatan atau mendapatkan proyek besar.

3. Kedutan telapak kaki kanan bagian pinggir

Hal ini bisa menjadi tanda bahwa Anda akan mengapatkan kabar gembira. Kabar gembira bisa datang dari kerabat dekat, teman, atau kenalan.

4. Kedutan jari kaki kanan

Hal ini bisa menjadi tanda bahwa Anda akan mendapatkan pertolongan terkait kesulitan yang sedang Anda alami. Pertolongan tersebut akan datang dari orang yang tidak Anda kira sebelumnya.

Itulah beberapa arti dari kedutan telapak kaki kanan, baik secara medis maupun primbon. Sudut pandang mana yang akan Anda gunakan itu adalah hak Anda.

Rekomendasi