Arti Kedutan Telapak Kaki Kiri Berdasarkan Primbon dan Medis

| 11 Feb 2023 20:05
Arti Kedutan Telapak Kaki Kiri Berdasarkan Primbon dan Medis
Ilustrasi kedutan telapak kaki kiri (freepik)

ERA.id - Kedutan adalah hal normal pada tubuh manusia, termasuk kedutan telapak kaki kiri. Kedutan terjadi secara tiba-tiba dan tidak bisa dipastikan durasinya, kadang 1 sampai 2 detik, kadang lebih dari itu.

Meski ini adalah hal yang wajar, tetapi sebagian orang percaya bahwa kedutan telapak kaki kiri memiliki arti tertentu atau pertanda tertentu. Sementara, medis memiliki penjelasan tersendiri terkait terjadinya kedutan. Untuk mengetahui lebih jelas mengenai kedutan pada salah satu kaki tersebut, simak uraian yang disarikan Era dari Orami berikut ini.

Arti Kedutan Telapak Kaki Kiri Menurut Primbon

Ketika ingin mengetahui arti kedutan telapak kaki kiri berdasarkan primbon, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, yaitu terkait letak persis kedutan tersebut. Meski sama-sama terjadi pada telapak kaki kiri, arti bisa berbeda jika posisi tepatnya berbeda.

1. Kedutan pada telapak kaki kiri atas

Kedutan kaki kiri pada telapak atas atau bagian bawah jari kaki bisa menjadi tanda sebuah undangan. Dengan kata lain, Anda akan diundang untuk hadir dalam sebuah acara.

Acara bisa dilangsungkan oleh keluarga, tempat kerja, rekan kerja, ataupun teman. Arti ini memiliki sifat yang netral, maksudnya belum tentu buruk dan belum tentu baik.

Namun, ada orang yang percaya bahwa kedutan ini bisa menandakan kebaikan. Contoh dari hal tersebut adalah undangan yang membuat Anda mendapatkan tawaran proyek atau pekerjaan tertentu yang menguntungkan.

2. Kedutan pada kaki kiri bagian pinggir

Terdapat arti yang bisa disebut sebagai hal kurang bagus. Kedutan pada bagian ini bisa menandakan bahwa terdapat orang yang memiliki niat jahat kepada Anda.

Hal tersebut disebabkan oleh rasa iri dan kedengkian dari orang tersebut terhadap apa yang Anda miliki. Orang dengan niat jahat ini adalah orang yang Anda kenal, baik kenal secara dekat maupun sekadar kenal.

3. Kedutan pada jari kaki kiri

Ini menjadi tanda bahwa dalam waktu dekat Anda akan mendapatkan bantuan atau pertolongan dari orang terdekat, bisa keluarga, kerabat, teman, ataupun rekan kerja. Kemungkinan untuk mendapatkan bantuan dari orang yang tidak Anda kenal ada, tetapi sangat kecil.

Bantuan atau pertolongan tersebut merupakan bantuan atau pertolongan yang tidak Anda duga. Saat Anda dalam keadaan susah dan bingung, orang ini akan hadir untuk memberikan bantuan tanpa pamrih.

4. Kedutan kaki kiri bagian tengah

Kedutan pada bagian ini mungkin adalah sesuatu yang baik, yaitu bepergian untuk waktu yang cukup lama. Pergi dalam waktu yang lama ini bisa diartikan Anda atau pasangan Anda akan ditugaskan ke luar kota atau mendapatkan pekerjaan di tempat yang jauh sehingga Anda sekeluarga perlu pindah dan menetap di tempat tersebut.

Selain hal yang berkaitan dengan pekerjaan, pergi jauh di sini juga bisa berupa liburan. Jadi, bisa jadi Anda akan liburan di tempat yang jauh dalam waktu yang cukup lama.

5. Kedutan kaki kiri bagian tumit

Kedutan pada ini bisa berarti kabar baik untuk Anda, yaitu datangnya rezeki. Rezeki ini adalah hal yang tak Anda duga sebelumnya. Contohnya apa? Karena tidak Anda duga jadi tidak perlu diberi contoh.

Arti Kedutan Telapak Kaki Kiri Menurut Medis

Ilustrasi kaki lelah (freepik)

Kedutan pada kaki kiri juga bisa dijelaskan secara medis. Kedutan bisa menjadi tanda dari kondisi tubuh Anda. Ketika kaki kiri berkedut, hal tersebut bisa menjadi tanda bahwa terdapat titik saraf pada bagian tersebut yang sedang menegang.

Ketegangan saraf ini bisa disebabkan oleh beberapa sebab, seperti kelelahan, pola tidur yang buruk, pola makan tidak teratur, terlalu banyak konsumsi kafein, terlalu banyak merokok, dehidrasi, dan terlalu banyak beraktivitas dengan kaki.

Kedutan kaki kiri bukanlah hal yang berbahaya, tetapi bisa menjadi sesuatu yang mengganggu jika terlalu sering terjadi. Jika Anda ingin mengatasinya, ada beberapa hal yang bisa dilakukan, yaitu minum air putih yang cukup setiap hari, olahraga ringan dengan benar, makan makanan sehat, dan menghindari kafein, rokok, serta alkohol.

Hal lain yang bisa dilakukan untuk mengatasi kedutan telapak kaki kiri yang berlebihan adalah relaksasi dengan merendam kaki di dalam air hangat. Air hangat tersebut sebaiknya diberi sedikit garam himalaya. Selain itu, Anda bisa memijat kaki setelah beraktivitas seharian. 

Rekomendasi