Ciri-Ciri Gaming Disorder dan Penyakit yang Ditimbulkan karena Kecanduan Game Online

| 28 Dec 2022 20:03
Ciri-Ciri Gaming Disorder dan Penyakit yang Ditimbulkan karena Kecanduan Game Online
Ciri ciri gaming disorder (Freepik)

ERA.idKecanduan game atau gaming disorder adalah ketika seseorang menjadi terlalu terobsesi dengan bermain game dan mengalami kesulitan untuk berhenti. Lantas apakah hal tersebut berbahaya, dan apa ciri-ciri gaming disorder?

Kecanduan game bisa menyebabkan masalah kebugaran, masalah sosial, dan masalah akademik. Jika Anda atau seseorang yang Anda kenal mengalami kecanduan game, ada beberapa langkah yang dapat Anda ambil untuk membantu mengatasinya yang akan dibahas di artikel ini.

Gaming disorder apa?

Dilansir dari laman resmi WHO, gaming disorder didefinisikan dalam Revisi ke-11 mengenai Klasifikasi Penyakit Internasional (ICD-11) sebagai pola perilaku bermain game ("digital-gaming" atau "video-gaming") yang ditandai dengan gangguan kontrol atas game.

WHO menjelaskan bagi orang yang mengalami gaming disorder akan meningkatnya prioritas yang diberikan untuk bermain game di atas aktivitas lain. Selain itu, pengidap akan mengutamakan game daripada minat dan aktivitas sehari-hari lainnya, sehingga terjadi konsekuensi negatif.

Ciri Ciri Gaming Disorder

Ada beberapa tanda dan gejala yang mungkin terlihat pada seseorang yang mungkin mengalami gaming disorder, yaitu:

  1. Bersikap terobsesi dengan game dan terus memikirkannya meskipun tidak sedang bermain.
  2. Menyalahkan orang lain atau situasi lain saat tidak bisa bermain game.
  3. Mencari cara untuk terus bermain game meskipun ada masalah yang terjadi.
  4. Mengalami masalah sosial dan akademik karena terlalu banyak waktu yang dihabiskan untuk bermain game.
  5. Merasa cemas, marah, atau depresi saat tidak bisa bermain game.
  6. Menggunakan game sebagai cara untuk menghindari masalah atau mengelola emosi.
  7. Mengalami masalah fisik seperti sakit kepala, lelah, atau gangguan tidur karena terlalu banyak bermain game.

Jika Anda atau seseorang yang Anda kenal mengalami beberapa tanda dan gejala ini, sebaiknya carilah bantuan profesional. Seorang psikolog atau terapis dapat membantu Anda mengelola kecanduan game dan mengembangkan strategi untuk mengelola waktu dan mencapai tujuan yang lebih sehat.

Penyakit Apa yang Disebabkan karena Sering Bermain Game Online?

Sering bermain game online dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan fisik dan mental, termasuk:

  1. Gangguan tidur

Bermain game selama waktu yang lama dapat mengganggu pola tidur normal, yang dapat menyebabkan kelelahan, sakit kepala, dan masalah konsentrasi.

  1. Masalah postur

Menghabiskan waktu yang lama duduk di depan layar komputer dapat menyebabkan masalah postur, seperti sakit leher, sakit punggung, dan nyeri tangan.

  1. Penurunan kondisi fisik

    Kecanduan game dapat menyebabkan penurunan kondisi fisik (Freepik)

Bermain game selama waktu yang lama dapat mengurangi waktu yang dihabiskan untuk berolahraga dan aktivitas fisik lainnya, yang dapat menyebabkan penurunan kondisi fisik.

  1. Tekanan

    Mudah cemas dapat menjadi tanda gaming disorder (Freepik)

Bermain game yang terlalu sering dapat menyebabkan tekanan, stres, dan kecemasan, terutama jika Anda merasa tertekan untuk menang atau terpaksa bermain game terlalu lama.

  1. Masalah sosial

Bermain game terlalu sering dapat mengurangi waktu yang dihabiskan dengan orang lain dan menyebabkan masalah sosial, seperti kesulitan berkomunikasi atau menjalin hubungan dengan orang lain.

Untuk menghindari masalah kesehatan yang disebabkan oleh bermain game terlalu sering, penting untuk membatasi waktu bermain game dan menjaga pola tidur yang sehat, serta memperhatikan postur dan kondisi fisik saat bermain game. Juga penting untuk mengelola stres dan tekanan dan tetap terhubung dengan orang lain di luar dunia game.

Selain ciri ciri gaming disorder, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu ingin tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman

Rekomendasi