Beberapa Manfaat Daun Sirsak yang Harus Anda Ketahui

| 31 Dec 2022 10:20
Beberapa Manfaat Daun Sirsak yang Harus Anda Ketahui
Ilustrasi daun sirsak. (Pixabay).

ERA.id - Sirsak, bahasa latin Annona muricata, memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, baik bagian buah dan daunnya. Daun sirsak memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh dan kecantikan kulit.

Daun sirsak memiliki lebar sekitar 3-7 cm dan Panjang sekitar 6-18 cm. Daun sirsak muda memiliki warna hijau kekuningan dan daun sirsak tua memiliki warna hijau tua. Berbagai macam zat yang terkandung di dalam daun sirsak, yaitu Tanin, Alkaloid, Kalsium, Fruktosa, Protein, Vitamin A, Vitamin B, dan Vitamin C.

Ilustrasi manfaat daun sirsak (Pixabay)

Daun sirsak juga memiliki sejumlah kandungan senyawa seperti acetogenins, annocatacin, annocatalin, annohexocin, dan annonacin. Kandungan senyawa tersebut dapat memberikan manfaat baik untuk tubuh, seperti meningkatkan imunitas dan menyembuhkan berbagai penyakit.

Manfaat lainnya daun sirsak bagi kesehatan tubuh dan kecantikan kulit dapat dilihat pada artikel ini.

Mencegah Radikal Bebas

Daun sirsak memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Adapun antioksidan dapat melawan senyawa berbahaya atau yang juga biasa disebut dengan radikal bebas di dalam tubuh. Radikal bebas yang tersebar dapat merusak jaringan sel tubuh.

Menurunkan Kadar Kolesterol

Daun sirsak bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol tinggi. Air rebusan daun sirsak memiliki kandungan senyawa flavonoid yang dapat menghambat pembentukan kolesterol dalam darah.

Melawan Sel Kanker

Daun sirsak dapat melawan sel kanker terutama sel kanker payudara. Ini merupakan hasil sebuah studi yang dilakukan oleh Faculty of Biotechnology and Biomolecular Sciences, University Putra Malaysia. Ekstrak daun sirsak juga dipercaya mampu mengecilkan tumor bahkan membunuh sel kanker di dalam tubuh, namun sejumlah peneliti masih meneliti lebih lanjut dalam hal ini.

Mengobati Asam Urat

Daun sirsak diklaim mampu mengobati penyakit asam urat. Hal ini karena adanya kandungan senyawa di dalam daun sirsak yang mampu mengeluarkan racun di dalam tubuh. Ini dapat dilakukan dengan merebus daun sirsak dan meminumnya selagi hangat.

Mengobati Rematik

Air rebusan daun sirsak juga dapat mengobat rematik agar cepat sembuh.

Mengatasi Peradangan

Rebusan air daun sirsak juga dapat mengatasi peradangan karena memiliki kandungan anti rematik dan neuralgik yang berkhasiat mampu mengatasi berbagai peradangan seperti cystitis, disentri, demam, ruam kulit, dan diare.

Mencegah Insomnia

Rebusan daun sirsak dapat menjadi solusi bagi kesulitan tidur di malam hari. Kandungan triptofan yang mampu membuat otot menjadi lebih rileks sehingga tidur menjadi lebih nyenyak.

Menyembuhkan Sakit Gigi

Senyawa antibakteri dalam daun sirsak bisa mencegah tumbuhnya bakteri seperti streptococcus mutans, streptococcus mitis, porphyromonas gingivalis, dan candida albicans. Jenis bakteri tersebut dapat menimbulkan sejumlah penyakit gigi seperti periodontitis dan gingivitis.

Menstabilkan Tekanan Darah

Sejumlah penelitian mengungkapkan bahwa daun sirsak mampu menstabilkan tekanan darah di dalam tubuh kandungan potassium dan zat besi yang bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Rebusan air daun sirsak disarankan agar dikonsumsi secara rutin untuk menstabilkan tekanan darah lebih cepat.

Mengurangi Risiko Diabetes

Senyawa antioksidan di dalam daun sirsak juga dapat mengurangi risiko terkena diabetes dengan cara mengonsumsi rebusan air daun sirsak setiap pagi dan malam hari sebelum tidur.

Mengatasi Sakit Maag

Zat anti peradangan yang mampu menghilangkan rasa sakit di dalam tubuh dapat mengatasi sakit maag sebagai obat alternatif.

Menyembuhkan Sariawan

Sariawan dapat diobati dengan menumbuk daun sirsak yang sudah dicuci bersih dan direbus kemudian air rebusan diminum selagi hangat.

Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Kandungan antioksidan di dalam daun sirsak bermanfaat pula untuk melawan berbagai virus di dalam tubuh sehingga mampu meningkatkan imunitas.

Menghilangkan Jerawat

Kulit yang berjerawat dapat diatasi dengan daun sirsak. Daun sirsak dicuci sampai bersih kemudian ditumbuk sampai halus, campurkan dengan sedikit air bersih dan basuh ke seluruh wajah. Gunakan secara teratur pada malam hari sebelum tidur.

Daun sirsak yang dikonsumsi berlebihan juga dapat menimbulkan berbagai efek samping. Memorial Sloan Kettering Cancer Center (MSKCC) mengungkapkan sebaiknya jangan konsumsi daun sirsak jika sedang minum obat tekanan darah atau diabetes, memiliki penyakit hati atau ginjal, memiliki jumlah trombosit yang rendah, dan menjalani rontgen radioaktif dalam waktu dekat. Konsumsi daun sirsak secara terus menerus juga dapat menimbulkan masalah pada saraf.

Konsumsi dengan kadar dan porsi sesuai akan menjadi bijaksana dan dapat memaksimalkan manfaat daun sirsak.

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Tags : buah vitamin
Rekomendasi