Berbagai Manfaat Daun Sirih Cina untuk Wajah, Tampil Cantik dengan Bahan Alami

| 29 Jan 2023 07:05
Berbagai Manfaat Daun Sirih Cina untuk Wajah, Tampil Cantik dengan Bahan Alami
Ilustrasi wajah cantik bebas jerawat (freepik)

ERA.id - Tak sedikit jenis tumbuhan di sekitar rumah yang mengandung banyak kegunaan, tetapi sayangnya kerap diabaikan. Salah satu yang jarang diketahui masyarakat adalah manfaat daun sirih cina untuk wajah. 

Daun sirih cina kadang juga disebut dengan rimpang air. Ini termasuk tumbuhan liar yang mudah ditemukan di pekarangan, tetapi ada pula yang sengaja menanamnya.

Daun sirih cina atau Peperomia pellucida (freepik)

Perlu diketahui bahwa tumbuhan ini berbeda dengan sirih pada umumnya. Bentuk daun sirih cina menyerupai bentuk seperti hati dengan ujung yang lebih tumpul dibandingkan daun sirih biasa.

Hal lain yang mengaskan perbedaan keduanya adalah penamaan dalam bahasa Latin. Daun sirih cina bernama Latin Peperomia pellucida, sedangkan daun sirih biasa adalah Piper betle. Masyarakat biasanya menggunakan daun sirih cina untuk kebutuhan kesehatan. Namun, tumbuhan ini ternyata juga memiliki manfaat untuk kecantikan.

Daun sirih cina mengandung flavonoid, tanin, dan alkaloid yang bisa menghambat pertumbuhan bakteri penyebab jerawat. Manfaat lain dari daun sirih cina adalah mencerahkan kulit, melembabkan kulit, dan mengatasi beberapa masalah kulit. Dikutip Era dari berbagai sumber, berikut adalah berbagai manfaat daun sirih cina untuk wajah.

Ragam Manfaat Daun Sirih Cina untuk Wajah

1. Mengatasi jerawat

Seperti telah disebutkan, salah satu manfaat daun sirih cina untuk wajah adalah mengatasi jerawat. Daun ini memiliki efek farmakologis sebagai antibakteri untuk menghambat pertumbuhan bakteri penyebab jerawat.

Cara memanfaatkan daun sirih cina untuk menghilangkan jewarat terbilang mudah. Anda bisa menjadikan daun ini sebagai masker wajah. Untuk membuatnya, Anda cukup menyiapkan tiga sampai lima helai daun sirih cina. Setelah itu, tumbuh daun-daun tersebut hingga halus dan tempelkan pada wajah yang berjerawat. Biarkan selama kurang lebih 30 menit kemudian bilas menggunakan air bersih.

2. Kurangi sembab

Jika wajah Anda tampak sembab setiap bangun tidur atau mengalami penyembaban tanpa alasan yang jelas, daun ini bisa menjadi jawaban untuk mengatasinya. Jadikan daun sirih cina sebagai masker untuk bagian wajah Anda yang sembab. Daun ini memiliki sifat anti-inflamasi yang mampu mengurangi peradangan.

3. Hilangkan komedo

Komedo kadang membuat seseorang tidak percaya diri. Anda bisa menggunakan beberapa skincare untuk hilangkan komedo. Namun, ada pula cara alami yang bisa dipilih, yaitu memanfaatkan daun sirih cina.

Cara untuk mendapatkan manfaat ini adalah dengan merebus beberapa helai daun sirih cina. Setelah itu, dinginkan air tersebut dan jadikan sebagai air untuk mencuci muka. Komedo pun akan menjadi lebih lunak sehingga mudah diangkat dari wajah.

4. Pudarkan flek hitam

Daun ini juga bisa mengurangi flek hitam pada kulit. Anda bisa menggunakan daun sirih cina secara topikal untuk mengatasi wajah yang tampak kusam dan gelap. Zat antibakteri dan pencerah kulit yang ada pada daun ini mampu membantuk mencerahkan dan memudarkan bintik hitam pada wajah.

5. Hilangkan mata panda

Mata panda merupakan salah satu kondisi yang membuat para perempuan tidak percaya diri. Ada berbagai hal yang bisa memicu munculnya mata panda, seperti stres dan kurang jam tidur. Untuk meredakan kondisi tersebut, Anda bisa menggunakan daun sirih cina.

Hal yang perlu Anda lakukan adalah mencuci dua helai daun sirih dan merendamnya di air hangat selama kurang lebih lima menit. Setelah itu, Anda cukup menempelkan daun itu ke mata dan diamkan selama sepuluh menit. Lakukan hal tersebut setiap malam untuk mendapatkan manfaat daun sirih cina untuk wajah yang maksimal. 

Rekomendasi