Rekomendasi Makanan untuk Ibu Hamil Muda agar Anak Cerdas dan Sehat

| 13 Jan 2023 18:35
Rekomendasi Makanan untuk Ibu Hamil Muda agar Anak Cerdas dan Sehat
Ilustrasi ibu hamil (Freepik-senivpetro)

ERA.id - Ada beberapa makanan untuk ibu hamil muda agar anak yang ada dalam kandungan menjadi sehat dan cerdas. Bagi Anda yang saat ini sedang hamil, bisa mulai mengusahakannya.

Adapun makanan yang dimaksud yaitu makanan yang mengandung berbagai vitamin, omega-3, mineral, serta beberapa nutrisi lain yang dapat membantu perkembangan kognitif si buah hati.

Makanan untuk Ibu Hamil Muda

Ada banyak hal yang dapat membantu perkembangan kognitif dan kecerdasan anak. Salah satunya yaitu nutrisi sang Ibu selama hamil tercukupi. Nah, bagi ibu hamil muda, di bawah ini adalah beberapa makanan terbaik agar anak menjadi cerdas:

Sayuran Hijau

Mengonsumsi sayuran berdaun hijau dan kacang-kacangan tertentu juga penting bagi ibu hamil muda. Sebab, makanan-makanan tersebut membantu melindungi otak bayi dari kerusakan jaringan.

Asam folat yang terkandung dalam sayuran juga berguna untuk mengurangi risiko  cacat tabung saraf, mencegah bibir sumbing dan semua jenis cacat jantung pada bayi. Selain itu, ibu hamil juga akan terhindar dari risiko preeklampsia selama kehamilan dengan memastikan asupan makanan atau suplemen yang kaya dengan asam folat.

Blueberry

Pilihan makanan lainnya yang direkomendasikan untuk ibu hamil muda agar anak cerdas yaitu blueberry. Buah ini memiliki antioksidan yang tinggi, yang berguna untuk perkembangan kognitif bayi. Alternatif lain yang juga disarankan antara lain stroberi, blackberry, raspberry, dan tomat.

Ikan Berlemak

Asam lemak omega-3 adalah bagian integral dari pertumbuhan otak bayi. Dengan mengonsumsi ikan berlemak ketika hamil muda, perkembangan otak anak yang ada dalam kandungan dapat meningkat. Salah satu contoh ikan berlemak yang mengandung omega-3 yaitu ikan salmon.

Almond

nutrisi kacang almond (Pixabay)

Almond juga memiliki kandungan lemak sehat, magnesium, vitamin E, dan protein yang tinggi. Oleh sebab itu, kacang-kacangan ini menjadi salah satu makanan yang disarankan untuk ibu hamil muda, agar anak menjadi cerdas. Asam lemak omega-3 dalam almond dipercaya dapat meningkatkan perkembangan otak bayi.

Telur

Telur memiliki kandungan protein yang tinggi dan rendah kalori, terutama telur rebus. Jenis makanan ini mengandung asam amino bernama kolin, yang mampu membantu perkembangan otak dan juga meningkatkan daya ingat.

Namun, bagi ibu hamil muda, hendaknya pastikan untuk mengonsumsi telur yang sudah dimasak hingga matang. Hal ini dilakukan untuk menghindari risiko infeksi bakteri yang dapat mengakibatkan komplikasi kehamilan.

Greek Yoghurt

Makanan yang sarat dengan protein seperti greek yoghurt juga sangat penting untuk pembentukan sel saraf yang sehat di dalam rahim, dan juga bagus untuk perkembangan kognitif bayi. Selain itu, greek yoghurt juga mengandung probiotik dan kalsium yang juga bermanfaat tinggi untuk ibu hamil dan bayinya.

Keju

Vitamin D adalah vitamin yang sangat penting untuk perkembangan kognitif bayi. Jadi, ibu hamil muda harus memastikan kebutuhan vitamin D hariannya tercukupi, agar anak menjadi cerdas. Salah satu makanan yang mengandung nutrisi ini yaitu keju.

Susu

Kandungan zat besi yang kurang dalam tubuh ibu hamil mengakibatkan keterlambatan pertumbuhan mental dan sangat memengaruhi perkembangan kognitif bayi secara menyeluruh. Susu membantu perkembangan fungsi kognitif yang sehat dan mendukung pertumbuhan otak pada bayi sebelum lahir.

Biji Labu

Biji labu memiliki kandungan zinc yang tinggi. Jenis makanan ini termasuk mineral yang dapat membantu pembentukan struktur otak yang tepat, serta mendukung pemrosesan informasi kognitif. Selain itu, biji labu juga mengandung nutrisi tinggi serta merupakan sumber antioksidan.

Demikianlah beberapa jenis makanan untuk ibu hamil muda agar anak menjadi sehat dan cerdas. Semoga informasi ini bermanfaat ya, Bund.

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi