7 Ciri Hamil Muda yang Sehat, Ayah dan Bunda Wajib Tahu Ini

| 17 Sep 2022 08:09
7 Ciri Hamil Muda yang Sehat, Ayah dan Bunda Wajib Tahu Ini
Ilustrasi wanita hamil (Pexels/negative space)

ERA.id - Para ibu tentunya sangat mengharapkan kehamilan yang sehat dan nyaman. Saat kehamilan ditunjukkan dengan tanda positif pada tespek, pastinya kebahagiaan akan memenuhi hati dan juga terselip harapan agar si kecil di dalam kandungan selalu sehat dan selamat hingga dilahirkan.

Ilustrasi Senam Ibu Hamil (VOI.id)

Oleh sebab itu, penting bagi seorang ibu hamil memahami ciri-ciri hamil muda yang sehat. Lantas, apa saja ciri-cirinya? Berikut penjelasannya:

Ciri-ciri Hamil Muda yang Sehat

Morning sickness

Mual dan muntah saat hamil muda merupakan salah satu ciri yang menandakan kandungan dalam keadaan sehat. Biasanya mual dan muntah terasa saat pagi hari, tetapi kadang juga dirasakan saat siang dan malam hari.

Pada umumnya, mual dan muntah tidak akan terasa lagi saat kehamilan memasuki usia 12 minggu. Namun ada juga yang terus mengalaminya hingga akhir kehamilan. Keadaan Morning sickness ini terjadi karena hormon dalam tubuh Anda mengalami perubahan.

Morning sickness kadang juga sama sekali tidak dialami oleh ibu hamil, namun hal ini bukanlah sebuah masalah bagi kehamilannya. Hal yang perlu diwaspadai yaitu ketika gejala mual dan muntah yang dialami terlalu ekstrem hingga kesulitan makan dan minum dan tubuh mengalami dehidrasi.

Sensitif terhadap makanan dan aroma atau bau

Pada kehamilan awal, rata-rata ibu hamil akan merasakan hidungnya jadi lebih sensitif terhadap bau. Kondisi ini dapat memicu mual, muntah, hingga nafsu makan yang menurun.

Walaupun kondisi ini cukup menyulitkan, tetapi hal inilah yang justru harus disyukuri ibu hamil, karena hal ini menjadi salah satu tanda kehamilan muda yang sehat.

Sering pipis saat hamil

Pada masa kehamilan, volume darah lebih meningkat dan membuat sistem kerja ginjal bekerja lebih ekstra dan menghasilkan urine yang lebih banyak. Hal inilah yang memaksa ibu hamil lebih sering ke kamar mandi untuk buang air kecil.

Selain itu, intensitas buang air kecil bagi ibu hamil juga dipengaruhi oleh ukuran rahim yang bertambah besar karena menyesuaikan pertumbuhan bayi. Memang terasa repot, tapi harus tetap dijalani dan disyukuri, sebab ini merupakan tanda kehamilan Anda sehat.

Perubahan di payudara

Selanjutnya, ciri hamil muda yang sehat adalah perubahan yang terjadi di bagian payudara, seperti aerola dan putting yang berubah menjadi gelap. Selain itu, pembuluh darah di sekitar payudara juga menjadi lebih menonjol dan ukuran payudara juga akan lebih membesar.

Tentunya hal ini bukanlah hal yang harus dikhawatirkan, sebab justru menjadi pertanda bahwa payudara Anda sedang dipersiapkan untuk menyusui bayi ketika lahir nanti.

Mudah kelelahan

Ciri selanjutnya yang kerap dialami oleh ibu hamil yang sehat adalah tubuh begitu mudah lelah.

Pada awal kehamilan, kadar progesteron akan meningkat dan menyebabkan ibu hamil sering mengantuk. Tak perlu khawatir, Anda cukup beristirahat dan tidur yang cukup untuk mengatasi hal ini. Tetaplah melakukan olahraga seperti senam ringan agar Anda tetap terbiasa gerak dan memiliki tenaga selama hamil.

Mood swing

Pada umumnya, ibu hamil akan mengalami perubahan emosional yang drastis sejak awal kehamilan. Perubahan hormon, stres, dan kelelahan dapat menjadi pemicunya. Jika masih bisa diatasi dengan baik, tentunya Anda tidak perlu mengkhawatirkan hal ini.

Namun, bila aktivitas sehari-hari sampai terganggu karena mood swing, bahkan merusak hubungan dengan suami, maka sebaiknya Anda segera berkonsultasi dengan dokter atau psikolog.

Gerakan janin yang sehat

Tanda kehamilan yang sehat lainnya adalah janin yang aktif bergerak sejak trimester pertama.

Sejak awal kehamilan, janin sudah mampu bergerak, tetapi biasanya ibu hamil baru bisa merasakannya pada kehamilan trimester ketiga. Gerakan janin yang sehat bisa Anda lihat dari pemeriksaan USG saat melakukan cek kandungan.

Setiap perubahan yang dialami saat hamil, baik secara fisik maupun mental merupakan bagian dari proses kehamilan yang harus dijalani. Pada dasarnya, semua hal itu adalah bagian dari cara tubuh Anda beradaptasi dengan kehadiran bayi, dan mendukung tumbuh kembang janin serta persiapan proses persalinan selanjutnya.

Ciri hamil muda yang sehat pada setiap ibu tentunya berbeda-beda, sebab semua orang memiliki karakter tubuh yang bermacam-macam. Pastikan kondisi janin dan ibu selalu sehat hingga proses persalinan dengan tetap menjalani pemeriksaan rutin ke dokter selama masa kehamilan.

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman

Rekomendasi