Sakit Leher Sebelah Kanan? Kenali Penyebabnya

| 05 Feb 2023 22:10
Sakit Leher Sebelah Kanan? Kenali Penyebabnya
Ilustrasi sakit leher sebelah kanan (Foto: Pixabay)

ERA.id - Sebagian besar orang tentunya pernah mengalami sakit leher. Entah itu sakit leher sebelah kiri, ataupun sakit leher sebelah kanan. Dikutip dari laman Healthline, kondisi sakit leher sebelah kanan sering kali terjadi karena suatu hal yang sepele.

Hal ini dapat terjadi karena beberapa sebab, misalnya salah posisi tidur hingga kondisi postur tubuh yang tidak baik. Masalah ini dapat dialami seseorang selama beberapa hari.

Ilustrasi penyebab sakit leher sebelah kanan (Foto: Pixabay)

Apa Penyebab Sakit Leher Sebelah Kanan?

Masalah sakit leher sebelah kanan dapat dialami karena beberapa hal di bawah ini:

Salah Posisi Tidur

Penyebab sakit leher sebelah kanan lainnya yaitu posisi tidur yang salah.

Biasanya hal ini terjadi karena penggunaan bantal kepala berlapis-lapis, sehingga posisi leher seseorang lebih tinggi daripada bagian tubuh lainnya.

Hal yang sama dapat terjadi jika Anda mempunyai kebiasaan tidur miring ke kanan, tetapi menggunakan bantal yang tipis.

Dengan kondisi ini, tentunya kepala akan cenderung menekuk ke salah satu sisi dalam waktu lama. Hal inilah yang menimbulkan sakit pada leher sebelah kanan.

Selain itu, Anda juga perlu memerhatikan penggunaan kasur. Kasur yang empuk memang terasa sangat nyaman. Namun, kasur yang terlalu empuk juga berpotensi menyebabkan leher menjadi bermasalah dibandingkan dengan anggota tubuh yang lain.

Otot Tegang

Kebanyakan, nyeri otot menjadi salah satu penyebab utama dari permasalahan sakit leher. Seorang Neurosurgeon dari Baptist Health Neoroscience Center, dr. Jobyna Whiting, M.D, menjelaskan, nyeri otot ini dapat terjadi karena kebiasaan buruk yang dilakukan oleh seseorang. Misalnya, terlalu sering atau terlalu lama berada pada posisi yang sama ketika mengoperasikan laptop dan ponsel, dan sebagainya.

Stres dan Rasa Cemas yang Tinggi

Penyebab sakit leher sebelah kanan juga dapat terjadi karena tingkat stres dan rasa cemas yang terlalu tinggi.

Cemas atau stress dapat menyebabkan otot area bahu dan leher sebelah kanan ikut tegang secara tidak langsung. Oleh karena itu, cobalah untuk lebih tenang dalam menghadapi suatu permasalahan. Endapkan suasana hati dengan bermeditasi dan menghirup aromaterapi.

Masalah Degeneratif

Ada beberapa masalah degeneratif yang dikarenakan penuaan maupun masalah kesehatan lain yang berhubungan dengan sendi, otot, tulang belakang, dan bagian lain dari leher yang dapat memicu rasa nyeri. Terkadang, rasa sakitnya dapat menjalar ke wilayah tangan.

Beberapa masalah yang terjadi tersebut biasanya adalah radang sendi, saraf kejepit, radang saraf atau sendi, dan fraktur servikal.

Fraktur servikal merupakan kondisi ortopedis saat serviks tulang belakang patah atau bergeser karena trauma seperti kecelakaan motor atau cedera olahraga yang berdampak tinggi.

Hentakan yang Tiba-Tiba pada Area Leher

Kondisi ini juga disebut dengan whiplash. Gerakan secara tiba-tiba ini juga dapat menjadi penyebab sakit leher sebelah kanan. Whiplash atau gerakan tiba-tiba ini adalah bentuk cedera leher saat kepala tersentak maju, kemudian kembali lagi dengan gerakan yang sangat cepat.

Kebanyakan orang akan berpikir bahwa whiplash disebabkan oleh rem mendadak ketika menyetir atau kecelakaan mendadak.

Padahal, whiplash juga dapat terjadi karena kegiatan olahraga atau reaksi sederhana seperti bersin.

Cedera Plexus Brachial

Dilansir dari Mayo Clinic, plexus brachial merupakan barisan kerja saraf yang bertugas untuk mengirimkan sinyal mulai dari sumsum tulang belakang ke arah pundak, lengan, hingga tangan.

Cedera plexus brachial ini dapat terjadi saat saraf ini tidak sengaja tertarik atau pada kasus yang serius pecah maupun sobek dari saraf sum-sum tulang belakang.

Pada umumnya, hal ini dikarenakan kecelakaan atau cedera olahraga yang mengakibatkan trauma hebat pada tubuh. Cedera pada area ini dapat berakibat pada sakit leher sebelah kanan.

Demikianlah penjelasan tentang sakit leher sebelah kanan beserta penyebabnya. Semoga informasi ini bermanfaat.

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi