Punggung Sebelah Kiri Sakit? Hati-hati, Kenali Penyebab dan Cara Mengatasinya

| 13 Nov 2022 09:05
Punggung Sebelah Kiri Sakit? Hati-hati, Kenali Penyebab dan Cara Mengatasinya
Ilustrasi nyeri punggung bawah setelah berhubungan suami istri (Freepik/Gpointstudio)

ERA.id - Punggung sebelah kiri sakit bisa diakibatkan oleh beragam hal, mulai dari persoalan otot dan tulang belakang, sampai gangguan pada organ dalam. Jika keluhan ini terasa cukup berat dan sering kambuh, Anda dapat melakukan beberapa cara untuk menangani permasalahan sakit punggung ini.

Sakit punggung yang ditandai dengan gejala nyeri atau pegal pada punggung terkadang dapat diikuti oleh gejala lainnya, antara lain mati rasa atau kesemutan. Nyeri yang muncul ini pun bisa menyebar ke bagian bokong, paha, dan menjalar ke kaki.

Ciri-ciri nyeri yang dirasakan pun lebih bervariasi. Bisa menetap selama beberapa waktu, atau ada juga yang terasa begitu kuat tetapi hilang muncul. Dalam kasus tertentu, nyeri punggung dapat dirasakan hingga berminggu-minggu atau bahkan beberapa bulan lamanya sampai mengakibatkan penderitanya sulit menjalankan aktivitas.

Berbagai Penyebab Punggung Sebelah Kiri Sakit

Sakit punggung sebelah kiri dapat diakibatkan oleh berbagai hal, antara lain:

Cedera otot atau otot tegang

Cedera otot atau keseleo dapat menimbulkan nyeri punggung pada bagian mana pun, baik sebelah kiri, kanan, atas, atau bawah. Jenis cedera ini dapat mengakibatkan rasa nyeri yang semakin memburuk ketika digerakkan, sehingga penderitanya akan kesusahan dalam beraktivitas.

Cedera otot dapat diakibatkan oleh kecelakaan, terlalu banyak beraktivitas, atau mengangkat beban yang terlalu berat.

Saraf terjepit

Saraf terjepit (HNP) berdampak pada terganggunya saraf di tulang belakang dan menyebabkan rasa nyeri, termasuk punggung sebelah kiri. Nyeri yang terasa dapat saja menjalar hingga ke paha, bokong, dan kaki kiri atau pun kanan (skiatika). Pada kasus tertentu, HNP dapat mengakibatkan kelumpuhan serta mati rasa.

Skoliosis

Skoliosis umumnya mengakibatkan nyeri punggung kiri atau kanan saat kondisi ini sudah cukup parah. Kondisi ini biasanya mulai dirasakan pada masa remaja saat pertumbuhan tulang berlangsung pesat, tetapi juga bisa dialami oleh anak-anak maupun orang dewasa.

Osteoarthritis

Osteoarthritis merupakan peradangan sendi yang terjadi karena proses penuaan atau cedera berkepanjangan pada tulang rawan sendi. Selain sakit punggung sebelah kiri, penderita osteoarthritis juga mungkin merasakan kaku pada punggung dan terbatasnya ruang gerak tubuh.

Stenosis tulang belakang

Stenosis tulang belakang merupakan penyempitan yang terjadi karena pertumbuhan tulang berlebih atau perkapuran di celah antara ruas tulang belakang. Kelebihan tulang tersebut berefek dengan munculnya tekanan pada saraf dan sumsum tulang belakang, sehingga mengakibatkan nyeri pada punggung sebelah kiri atau kanan.

TB tulang belakang

Saat terkena TB tulang belakang, seseorang bisa merasakan gejala berupa nyeri punggung kiri atau kanan, pembengkakan di punggung, demam, penurunan berat badan, serta keringat dingin pada malam hari.

Gangguan pada ordan tubuh bagian dalam

Sakit punggung pada bagian kiri bawah dapat menjadi pertanda munculnya penyakit atau gangguan pada organ tubuh bagian dalam, diantaranya infeksi ginjal, batu ginjal, pankreatitis, atau gangguan pada organ reproduksi, seperti endometriosis dan miom.

Ketika organ di dalam tubuh terganggu, maka organ tersebut akan menjalarkan rangsangan nyeri ke saraf di sekitarnya. Hal ini dapat terasa sebagai nyeri punggung sebelah kiri.

Selain beberapa kondisi di atas, kifosis, tumor tulang belakang, postur tubuh yang buruk, obesitas, dan penuaan juga bisa menyebabkan sakit punggung sebelah kiri.

Bagaimana Cara Mengatasi Sakit Punggung Sebelah Kiri?

Ilustrasi Terapi (Freepik/Gpointstudio)

Penanganan sakit punggung sebelah kiri perlu disesuaikan dengan penyebabnya. Jadi, penting untuk memeriksakan diri ke dokter agar penyebab nyeri punggung yang Anda alami, dapat diantisipasi dengan tepat.

Untuk mengatasi sakit punggung kiri yang diakibatkan keseleo atau cedera ringan, ada beberapa langkah sederhana yang bisa Anda lakukan, antara lain:

Memberi kompres dingin untuk mengurangi pembengkakan dan meredakan nyeri, lalu selingi dengan kompres hangat untuk memberikan relaksasi otot di punggung.

  • Memperbanyak istirahat.
  • Hindari stres yang melebihi batas.
  • Rutin berolahraga, seperti berjalan santai, stretching, berenang, dan yoga.
  • Hindari mengangkat beban yang terlalu berat.
  • Menjalani terapi piijat atau reposisi sendi.
  • Mengoleskan balsem, koyo, krim capsaicin, atau obat oles yang memiliki kandungan sodium diclofenac pada punggung yang nyeri.
  • Mengonsumsi obat pereda nyeri, seperti paracetamol, jika nyeri tidak juga membaik.

Demikianlah berbagai penyebab dan cara untuk mengatasi sakit punggung sebelah kiri. Selain cara di atas, sakit punggung juga dapat Anda atasi dengan menjalani fisioterapi.

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi