Kedutan Mata Kiri Atas? Begini Artinya Menurut Primbon Jawa

| 11 Jan 2023 21:04
Kedutan Mata Kiri Atas? Begini Artinya Menurut Primbon Jawa
Ilustrasi mata kedutan (Pexels/Kush Kaushik)

ERA.id - Setiap orang tentunya pernah mengalami fenomena fisik yang unik. Salah satunya adalah kedutan di mata kiri, baik itu kedutan di mata kanan atas, kedutan di mata kiri atas, ataupun di sekitarnya. Ada dua pandangan yang bisa kita gunakan dalam melihat fenomena tersebut, yaitu melalui sudut pandang kesehatan dan juga sudut pandang primbon. Kedutan merupakan sebuah kondisi dimana area sekitar mata merasakan denyutan dengan frekuensi cepat tanpa kita ketahui penyebabnya.

Dalam kepercayaan masyarakat Jawa, kedutan di mata kerap kali diyakini sebagai sebuah pertanda. Entah kedutan itu dirasakan di mata sebelah kanan ataupun kiri, kedutan diyakini sebagai pertanda seseorang akan menerima kabar atau kejadian baik maupun buruk.

Ilustrasi kedutan di mata kiri atas (Foto: fromsomeguy.com)

Adapun dari sudut pandang medis, fenomena kedutan adalah sebuah pertanda dari kondisi tubuh yang sedang mengalami gangguan kesehatan dan hal ini perlu diwaspadai.

Salah satu penyebab mata mengalami kedutan adalah stres. Jika Anda mengalami kedutan mata yang disebabkan stres, maka Anda perlu mengatasinya dengan menjalani relaksasi.

Anda dapat menjalani beberapa latihan seperti tekni pernapasan, yoga, menjalani hobi, mengisi waktu dengan orang yang Anda sayangi, dan sebagainya.

Untuk penjelasan lebih lanjut, berikut adalah arti kedutan mata kiri atas yang dikutip dari kitab primbon.

Arti Kedutan Mata Kiri Atas pada Beberapa Bagian

Arti Kedutan Alis Kiri

Ada beberapa mitos yang bisa kita dengar tentang arti kedutan alis kiri. Menurut Primbon Jawa, arti kedutan alis kiri merupakan simbol dari keberuntungan. Dengan demikian, kedutan alis kiri merupakan sebuah pertanda baik.

Keberuntungan tentunya dapat Anda peroleh dari mana saja, mulai hubungan cinta, ekonomi, maupun karier dan lain-lain. Namun, terlepas dari tafsir tersebut, sebenarnya kembali pada keyakinan masing-masing.

Arti Kedutan Sudut Mata Kiri

Beberapa orang tentunya pernah mengalami kedutan pada bagian sudut mata kiri. Kedutan ini sering kali  terjadi secara tiba-tiba atau tidak terduga.

Kedutan sudut mata kiri atas tentunya memiliki mitos yang cukup populer. Primbon Jawa menyebutkan, arti kedutan sudut mata kiri atas dapat menandakan akan adanya suatu hal yang baik.

Pertanda baik ini yaitu Anda akan bertemu dengan orang yang paling Anda sayangi dan telah berpisah cukup lama. Orang ini bisa jadi keluarga, saudara jauh, atau seseorang yang pernah menempati ruang spesial dalam dirimu.

Arti Kedutan Bola Mata Kiri

Menurut primbon Jawa, jika Anda mengalami kedutan pada bagian bola mata kiri, berarti hal ini juga menjadi pertanda baik. Konon, kedutan bola mata kiri mempunyai arti yang baik; Anda akan menerima kabar bahagia yang bisa Anda dengar dari mana saja.

Arti Kedutan Kelopak Kiri

Menurut Primbon Jawa, arti kedutan kelopak kiri bisa menjadi sebuah pertanda buruk dan Anda harus mewaspadai hal ini. Hal ini berhubungan dengan kabar yang menyedihkan hingga menjadikan Anda terluka atau merasakan kesedihan yang cukup berat.

Bisa jadi Anda akan mengalami sebuah perpisahan atau kehilangan suatu hal yang dapat melahirkan rasa sedih mendalam dan hati yang terluka.

Demikianlah penjelasan tentang arti dari kedutan mata kiri atas. Bagian mata mana yang pernah Anda rasakan?

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi