Makan Pisang Sebelum Sarapan, Bolehkah Dilakukan? Ini Penjelasannya

| 14 Feb 2023 07:27
Makan Pisang Sebelum Sarapan, Bolehkah Dilakukan? Ini Penjelasannya
Ilustrasi pisang (Unsplash/Giorgio Trovato)

ERA.id - Saat Anda tidak sempat menyantap menu sarapan di pagi hari, mungkin Anda pernah memilih untuk makan pisang agar tidak menghabiskan waktu lama. Bisa jadi Anda makan pisang sebelum sarapan dengan keyakinan bahwa pisang mengandung banyak manfaat dan juga agar tidak melewatkan waktu sarapan. Namun, apakah hal tersebut baik untuk kesehatan?

Apakah Makan Pisang Sebelum Sarapan Termasuk Hal yang Baik?

Sebenarnya, makan pisang sebelum sarapan atau kondisi belum makan itu boleh dan juga tidak boleh. Anda tidak direkomendasikan makan pisang saat perut kosong, sebab ada kandungannya yang tidak cocok dengan kondisi perut Anda waktu itu. Dalam satu buah pisang yang matang, terdapat kandungan gula yang sangat tinggi. Sehingga, hal ini berpengaruh terhadap kadar gula darah dalam tubuh.

Ilustrasi pisang yang dicampur oatmeal (Foto: Pixabay)

Jika pisang yang Anda konsumsi memiliki ukuran besar dan matang atau dikonsumsi dalam jumlah besar dalam sekali makan, kadar gula darah dalam tubuh Anda akan melonjak naik dengan cepat. Adapun nilai yang menentukan seberapa cepat makanan diubah menjadi gula disebut dengan istilah indeks glikemik (IG).

Angka dari indeks glikemik yaitu 0 hingga 100. Jenis makanan apa pun yang memiliki indeks glikemik di bawah 55, dianggap mempunyai efek yang rendah bagi gula darah.

Jika indeks glikemiknya berada di atas 55, hal itu mengartikan jika efeknya cepat pada gula darah. Sedangkan buah pisang matang yang berukuran besar, angka indeks glikemiknya yaitu 60, dan cepat membuat kadar gula darah naik.

Menyebabkan Tubuh Lemas dan Cepat Lapar

Meningkatnya kadar gula darah yang cepat karena makan pisang ketika perut kosong atau sebelum sarapan dapat mengakibatkan tubuh lemas dan cepat lapar.

Namun, Anda juga harus memahami bahwa efek tersebut pada setiap orang sebenarnya berbeda-beda. Sebab, tubuh setiap orang memiliki respons masing-masing terhadap makanan.

Oleh sebab itu, setelah mengonsumsi buah pisang, Anda dapat melakukan cek gula secara mandiri di rumah untuk mengetahui bagaimana efek yang terjadi pada tubuh.

Bagaimana Jika Hanya Makan Pisang Satu Buah Saja?

Karena Anda memerlukan banyak energi untuk mengawali kegiatan di pagi hari, maka mengonsumsi satu buah pisang saja kadang tidak memberikan energi yang cukup bagi tubuh.

Namun akan berbeda jika Anda makan pisang tapi dilengkapi dengan roti, oatmeal, maupun menu sarapan sehat yang lain.

Selain memberikan jumlah energi yang lebih besar, kombinasi makanan ini juga memberikan kebutuhan zat gizi yang beragam bagi tubuh.

Waktu yang Tepat untuk Makan Pisang

Terlepas dari kondisi perut Anda, pisang merupakan makanan menyehatkan dengan kandungan kalium, serat, vitamin B6, magnesium, vitamin C, dan mangan.

Kalium yang terkandung pada pisang dapat menurunkan tekanan darah sebab natrium di dalam tubuh akan seimbang dan mengurangi tekanan pembuluh darah yang terdapat di sekitar jantung.

Selain itu, buah pisang juga memiliki kandungan serat yang dapat mencegah masalah pencernaan seperti diare.

Tentunya Anda dapat makan pisang kapan pun Anda mau, mungkin di waktu pagi sebagai sarapan yang dipadukan dengan makanan lainnya, di siang hari sebagai makanan pencuci mulut, maupun di sore atau malam hari sebagai camilan dan dicampur dengan yoghurt.

Selain waktu konsumsi, jumlah pisang yang dikonsumsi juga wajib Anda perhatikan.

Memang tidak ada ketentuan yang mengatur seberapa banyak pisang boleh dikonsumsi. Namun, Anda bisa makan buah pisang lebih dari satu dalam sehari, asal tidak melebihi asupan kalori per harinya.

Waktu makannya pun tidak direkomendasikan sekaligus, tapi dibagi dalam beberapa waktu.

Cara sehat mengonsumsi buah pisang yang dapat Anda ikuti yaitu dengan menyajikannya bersama makanan lain yang juga menyehatkan. Anda dapat menyajikan pisang yoghurt dengan potongan pisang dan kacang almon atau oatmeal yang dipadukan dengan potongan pisang dan stroberi.

Nah, demikianlah ulasan mengenai bolehkah makan pisang sebelum sarapan beserta alasan yang melatarbelakanginya. Semoga informasi ini bermanfaat.

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi