Cara Mencegah Penyakit Menular Melalui Kulit, Salah Satunya Sering Disepelekan

| 18 Feb 2023 12:02
Cara Mencegah Penyakit Menular Melalui Kulit, Salah Satunya Sering Disepelekan
Ilustrasi penyakit menular melalui kulit (Pixabay)

ERA.id - Salah satu cara bakteri dan virus bisa masuk ke dalam tubuh manusia dan mengganggu kesehatan tubuh manusia adalah melalui kulit yang berkontak langsung dengan sumber bakteri atau virus. Ada sejumlah penyakit yang disebabkan oleh penularan virus dan bakteri melalui kulit. Banyaknya bakteri dan virus yang bisa masuk ke dalam tubuh manusia tentu dapat berdampak buruk bagi manusia. Adapun cara mencegah penyakit menular melalui kulit akan dijelaskan di bawah ini.

Cara Mencegah Penyakit Menular Melalui Kulit

Kulit adalah organ manusia yang paling berat dengan kisaran sekitar 15% dari berat badan tubuh manusia. Kulit terdiri berbagai lapisan-lapisan tertentu, yakni lapisan epidermis yang berasal dari ektoderm permukaan dan lapisan dermis yang berasal dari mesoderm. Secara umum, fungsi kulit bagi tubuh manusia adalah untuk melindungi seluruh organ dan otot yang ada di dalamnya.

Kulit adalah organ yang sering melakukan kontak dengan materi-materi di luar tubuh. Kulit adalah organ sangat rentan terhadap virus dan bakteri yang ada di luar tubuh. Oleh karena itulah, manusia dianjurkan untuk menjaga kesehatan kulit agar terhindar dari penyakit-penyakit menular.

Dikutip dari Keputusan Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan RI Nomor HK. 02.03/D1/I.1/527/2018, ada sejumlah penyakit yang penularannya melalui kontak langsung atau tidak langsung dengan hewan atau manusia yang terinfeksi. Macam-macam penyakit yang menular melalui kulit, antara lain adalah herpes, cacar, kudis, kurap, dan sebagainya.

Salah satu cara paling efektif untuk mencegah penyakit menular melalui kulit adalah menghindari kontak dengan penderita penyakit menular, baik secara langsung maupun tidak langsung. Adapun beberapa cara lainnya untuk mencegah penularan penyakit melalui kulit dan untuk menjaga kesehatan kulit, yaitu:

Rajin Mencuci Tangan

Ilustrasi cuci tangan sebagai pencegahan penyakit menular (Pixabay)

Mencuci tangan adalah langkah pencegahan paling sederhana yang tidak boleh diabaikan. Mencuci tangan efektif mencegah penularan penyakit kulit terutama bagi yang sering melakukan kontak dengan orang atau benda di tempat umum. Pastikan menggosok semua permukaan tangan dengan kuat selama 20 detik. Sebisa mungkin, gunakan sabun yang mengandung anti bakteri dan anti kuman.

Membatasi Kontak dengan Permukaan di Tempat Umum

Saat berada di luar rumah, pastikan untuk membatasi kontak dengan permukaan di tempat umum, seperti pegangan pintu atau pegangan keran air. Namun jika kondisi tersebut tidak dapat dihindari, usahakan untuk sering mencuci tangan.

Hindari Kontak dengan Barang atau Orang Lain yang Berpotensi Terkontaminasi

Hindari berbagi barang dengan orang lain juga menjadi cara mencegah penyakit menular melalui kulit. Sebab, barang juga bisa menjadi media penularan kuman dan bakteri penyebab penyakit kulit. Barang yang sebaiknya dihindari untuk digunakan bersama antara lain handuk, pisau cukur, deodoran, sikat gigi, krim, atau sabun batangan.

Desinfeksi Peralatan yang Digunakan secara Bersama dengan Orang Lain

Cara mencegah penyakit menular kulit berikutnya adalah dengan melakukan desinfektan barang yang digunakan secara bersamaan. Misalnya, peralatan olahraga di tempat melakukan olahraga atau sendok di warung makan. Bersihkan peralatan yang akan digunakan dengan tisu atau semprotan desinfektan. Langkah tersebut akan membunuh kuman dan bakteri yang menempel pada permukaan.

Menutupi Luka yang Terbuka

Kuman dan bakteri penyebab penyakit kulit juga dapat menginfeksi melalui luka yang terbuka. Luka terbuka yang diabaikan dan tidak tertutup memungkinkan kuman dan bakteri memasuki kulit. Oleh karena itu, cara terbaik untuk menghindari dengan menutup luka yang terbuka dengan plester atau perban khusus luka.

Menjaga Kulit agar Tetap Bersih dan Kering

Menjaga kulit agar tetap bersih dengan cara mandi juga membantu tubuh terhindar dari kuman dan bakteri yang menempel. Gunakan sabun dengan bahan-bahan yang mengandung anti bakteri agar dapat membunuh kuman dan bakteri di permukaan kulit. Langkah tersebut akan mencegah kuman dan bakteri berkembang biak.

Makan-Makanan Bergizi dan Seimbang

Untuk mencegah penyakit kulit, juga perlu memperhatikan makanan yang dikonsumsi. Asupan gizi yang terpenuhi dapat meningkatkan kekebalan tubuh dalam melawan infeksi kuman atau bakteri penyebab infeksi. Salah satu gizi yang baik untuk kulit adalah Zinc. Zinc merupakan komponen penting dalam produksi kolagen dan penyembuhan serta anti-inflamasi yang kuat, sehingga sangat baik untuk mengatasi infeksi atau mengurangi peradangan. Meminum banyak air putih juga membantu mencegah penyakit kulit menular atau mengurangi gejalanya.

Vaksinasi Penyakit Kulit Menular

Mendapatkan vaksinasi untuk penyakit kulit menular juga menjadi upaya pencegahan. Manfaat vaksin paling utama adalah untuk mencegah penyakit menular. Mendapatkan vaksinasi akan meningkatkan daya tahan tubuh agar dapat terhindar dari infeksi. Vaksin akan merangsang tubuh menghasilkan antibodi yang dapat melawan kuman dan bakteri penyebab infeksi. Vaksinasi dapat memberikan perlindungan hingga 7-10 tahun. Salah satu vaksin adalah Vaksin Varicella yang merupakan vaksin yang digunakan untuk mencegah risiko tertular penyakit cacar air.

Langkah utama mencegah penyakit menular melalui kulit dimulai dengan menjaga kebersihan diri agar terhindar dari infeksi kuman dan bakteri. Langkah-langkah tersebut dapat membantu pencegahan penyakit menular melalui kulit secara efektif.

Demikianlah cara mencegah penyakit menular melalui kulit, semoga ulasan ini bermanfaat.

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi