Makanan Penyebab Bau Badan yang Harus Diketahui

| 18 Feb 2023 07:07
Makanan Penyebab Bau Badan yang Harus Diketahui
Ilustrasi makanan penyebab bau badan (Pixabay)

ERA.id - Aroma menciptakan kesan pada pengindera manusia. Aroma sedap menciptakan kenyamanan pada penginderanya, begitu juga sebaliknya dengan aroma tidak sedap yang menciptakan ketidaknyamanan pada penginderanya. Aroma yang seringkali mendapatkan nilai secara langsung adalah aroma tubuh. Aroma tubuh dapat bergantung pada banyak hal, seperti gaya hidup, cuaca, dan makanan yang dikonsumsi. Untuk tetap menjaga aroma tubuh tetap pada kondisi baik bahkan wangi, salah satu hal yang perlu diperhatikan adalah makanan. Adapun makanan penyebab bau badan akan dijelaskan dalam artikel kali ini.

Makanan Penyebab Bau Badan

Aroma tubuh seseorang, termasuk aroma mulut, secara tidak sengaja pun dapat diindera oleh orang-orang di sekitarnya. Untuk itulah, aroma tubuh senantiasa dijaga agar selalu menciptakan kesan yang nyaman.

Terdapat beberapa makanan yang harus dihindari karena dapat menyebabkan bau badan, yaitu:

Kacang Polong

Kacang polong sangat memengaruhi dan menyebabkan perut kembung karena kandungan protein yang terkandung sulit dicerna dan sebagian berpindah ke usu sehingga meningkatkan jumlah produksi gas, Untuk menetralkan efek negatif ini, cukup rendam kacang polong di dalam air selama 8 jam.

Tomat

Bau badan dapat dikaitkan dengan konsumsi tomat. Hal ini telah dibuktikan oleh Charles Stewart, seorang Ilmuwan Inggris. Tomat bisa mempengaruhi bau keringat karena kandungan terpene dan karotenoid pada tomat.

Kubis

Kubis, kembang kol, dan brokoli mengandung banyak penghambat oksidasi dan belerang yang menyebabkan bau tidak sedap. Bau ini bertahan selama berjam-jam dan membuat perut kembung.

Lobak

Lobak memiliki bau yang kuat sehingga sangat mempengaruhi bau badan, terutama bau du mulut yang dapat bertahan selama berjam-jam.

Bawang

Bawang sebagai salah satu makanan penyebab bau badan (Pixabay)

Bawang putih dan bawang merah menumpuk zat yang kemudian dibuang oleh paru-paru dan keringat sehingga membuat tubuh dan mulut menghasilkan bau yang kuat.

Rempah

Rempah yaitu kari dan jinten dapat memengaruhi limbah pori selama beberapa hari, jinten juga dapat membuat bau urine menjadi lebih kuat.

Durian

Durian merupakan buah yang banyak dicari dan disukai. Aroma pada durian sangat kuat dan khas sampai sebagian orang bisa merasa pusing dan mabuk hanya dengan mencium aromanya saja. durian memiliki kandungan vitamin, mineral, sulfur, dan asam amino. Karena baunya yang menusuk inilah banyak kebijakan untuk melarang memakan durian di tempat umum.

Produk Susu

Beberapa orang memiliki sedikit enzim pencernaan laktase sehingga tidak toleran terhadap laktosa. Orang-orang yang mengalami penurunan tingkat enzim ini menyebabkan produksi gas yang tidak normal dan perut kembung. Beberapa orang juga tidak dapat mencerna leusin, isoleusin, dan valin dalam produk susu. Gangguan metabolisme ini menyebabkan bau keringat yang khas

Ikan

Ikan mengandung Vitamin A yang sangat tinggi. Beberapa jenis ikan seperti Tuna dan Trout juga memiliki kandung Kolin (Vitamin B4) yang banyak. Ini menambah bau ikan yang mempengaruhi bau pada badan pengonsumsinya.

Alkohol

Alkohol dapat menimbulkan bau tidak sedap bagi tubuh karena alkohol memproses seluruh jumlah minuman keras yang menyebabkan transmisi alkohol melalui sistem peredaran darah ke paru-paru yang keluar dalam bentuk nafas. Karena tubuh menganggap alkohol sebagai racun maka tubuh akan melakukan daur ulang zat tersebut menjadi asam asetat yang tidak berbahaya yang dikeluarkan melalui pori-pori kulit dengan bau yang kuat.

Pencegahan bau badan secara alami dapat dilakukan dengan memilih dan memilah makanan yang akan dikonsumsi. Cara lainnya untuk membuat aroma badan tidak berbau bahkan wangi dapat dengan selalu menjaga semua benda dan barang yang dipakai dan memakai wewangian.

Demikianlah penjelasan mengenai makanan penyebab bau badan yang dapat Anda hindari. Semoga informasi ini bermanfaat.

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi