Bisa Bikin Awet Muda, Fakta Menarik Konsumsi Udang yang Bermanfaat Bagi Tubuh

| 22 Feb 2023 19:01
Bisa Bikin Awet Muda, Fakta Menarik Konsumsi Udang yang Bermanfaat Bagi Tubuh
Manfaat udang (unsplsah/Chantal Lim)

ERA.id - Para pecinta seafood atau makanan yang berasal dari laut memiliki nutrisi dan kaya manfaat bagi tubuh. Selain bisa menjaga kesehatan, seafood terutama udang bisa bisa membuat awet muda.

Berikut ini fakta menarik dari sajian udang yang bisa membuat awet muda seperti siaran pers dari Aruna.

Udang segar kaya akan astaxanthin

Kandungan nutrisi yang baik dan masih terjaga hanya bisa kita dapatkan dari udang yang masih segar. Udang yang masih segar kaya akan kandungan antioksidan, terutama Astazhanthin.

Mengonsumsi udang membuat kulit kamu terhindar dari efek negatif paparan sinar matahari dan debu. Hal ini karena antioksidan sangat berperan dalam melawan radikal bebas, sehingga elastisitas kulit kamu pun akan terjaga dengan lebih baik.

Baik untuk tulang dan akar rambut

Selain berperan penting dalam menangkal radikal bebas, udang juga mengandung banyak mineral yang bermanfaat bagi tubuh. Kandungan kalsium, fosfor dan magnesium dalam udang sangat baik untuk mempertahankan kepadatan tulang dan menjauhkan kamu dari risiko terkena osteoporosis (pengeroposan tulang).

Bukan hanya itu saja, kandungan mineral zinc yang terdapat dalam udang akan membantu akar rambut kamu lebih kuat dan membantu meregenerasi sel-sel dalam rambut dan kulit. Jadi, ketika kamu mengira kamu tidak cocok menggunakan sampo karena rambutmu terus rontok, coba konsumsi udang, ya! Bisa jadi, zat zinc dalam tubuh kamu belum cukup terpenuhi.

Terasi udang baik untuk pembuluh darah

Produk olahan udang seperti terasi juga tak kalah manfaat dan kandungan baik untuk tubuh. Proses fermentasi yang terjadi dalam pembuatan terasi udang menghasilkan enzim fibrinolitik.

Terasi udang yang kaya akan kandungan enzim fibrinolitik ini bisa membantu memecah darah beku di dalam pembuluh darah, sehingga menurunkan risiko terkena penyakit kardiovaskular.

Selain berperan sebagai nutrisi untuk otak, kandungan asam lemak omega-3 dalam udang sangat berperan dalam menghancurkan kolesterol yang berada di dalam aliran darah. Jadi, kalau kebutuhan omega-3 kamu terpenuhi dengan baik, maka risiko terkena penyakit stroke dan jantung dapat dihindari.

Rekomendasi