5 Cara Menumbuhkan Rambut Botak secara Alami dari Dalam dan Luar

| 26 Feb 2023 20:15
5 Cara Menumbuhkan Rambut Botak secara Alami dari Dalam dan Luar
Ilustrasi rambut botak (freepik)

ERA.id - Cara menumbuhkan rambut botak membutuhkan proses yang tidak sebentar. Anda juga perlu memahami beberapa hal terkait rambut dan pertumbuhannya agar bisa melakukan tindakan yang tepat.

Di dalam kulit kepala terdapat kantong yang menjadi tempat tumbuhnya rambut. Kantong ini disebut dengan folikel. Di dasar folikel, sel-sel rambut memproduksi helai-helai rambut dari keratin—sejenis protein.

Pembuluh darah yang ada di sekitar folikel mengantarkan nutrisi dan hormon terkait pertumbuhan dan pembentukan struktur rambut. Folikel rambut punya siklus aktivitas.

Folikel menghasilkan dan merontokkan sekitar 50—100 helai rambut dalam hari. Selain itu, folikel terus memproduksi rambut selama 2—6 tahun, setelah itu beristirahat beberapa bulan.

Sekitar 100 folikel di kulit kepala manusia beristirahat secara bergantian. Hal ini membuat kerontokan rambut kepala tidak terlalu terlihat. Namun, ketika terjadi gangguan terhadap siklus pertumbuhan dan kerontokan rambut, Anda akan menyadari bahwa rambut di kepala semakin tipis.

Cara Menumbuhkan Rambut Rontok di Kepala

1. Vitamin dan nutrisi tubuh

Memenuhi kebutuhan vitamin dan nutrisi tubuh adalah hal penting untuk mengatasi kepala botak. Konsumsi vitamin, mineral, dan nutrisi memang tidak langsung menumbuhkan rambut, tetapi tubuh butuh energi untuk memproduksi sel rambut dan menumbuhkan rambut.

Tubuh yang kekurangan nutrisi membuat pertumbuhan rambut menjadi lebih lambat. Konsumsi berbagai makanan dengan kandungan-kandungan yang baik untuk kesehatan rambut dan kulit kepala, seperti asam lemak omega-6 dan omega-3.

Makanan yang mengandung nutrisi tersebut antara lain kacang-kacangan, alpukat, salmon, tuna, dan bayam. Dikutip Era.id dari jurnal yang dimuat dalam Journal of Cosmetology, kelompok orang yang mengonsumsi makanan serta suplemen omega-3 dan omega-6 cenderung lebih sedikit mengalami kerontokan rambut.

Nutrisi lain yang diperlukan adalah vitamin B5 dan biotin. Sumber nutrisi ini antara lain kacang-kacangan dan telur. Kemudian, cukupi vitamin C dari buah-buahan dan sayuran. Efek antioksidannya bisa menguatkan kekuatan dan warna rambut.

2. Protein

Ilustrasi makanan berprotein untuk mengatasi rambut botak (freepik)

Fungsi dari protein adalah membantu pertumbuhan rambut dan melindungi rambut dari kerusakan. Berbagai makanan sehari-hari bisa memenuhi kebutuhan protein Anda, seperti ikan, daging, telur, susu, dan yogurt.

Meski demikian, Anda perlu memperhatikan jumlahnya agar tidak berlebihan. Konsumsi secara berlebihan bisa berpengaruh terhadap kesehatan secara keseluruhan. Selain konsumsi secara oral, Anda bisa menggunakan produk perawatan rambut dengan kandungan protein atau mengoleskan minyak kelapa ke kulit kepala.

3. Minyak esensial

Minyak biji labu mampu meningkatkan pertumbuhan rambut pria yang menipis. Berdasarkan penelitian, pemberian minyak biji labu dengan dosis 400 miligram dalam bentuk kapsul bisa membantu pertumbuhan rambut pria.

Para peserta (yang mengonsumsi minyak biji labu) mengalami peningkatan volume labu hingga 40 persen setelah 24 minggu. Minyak esensial lain bisa digunakan, misalnya rosemary oil dan peppermint oil.

Cara penggunannya adalah menuangkan beberapa tetep minyak esensial pada sampo. Selain itu, Anda bisa mencampurkannya dengan carrier oil atau minyak pelarut, seperti minyak kelapa dan minyak bunga matahari.

4. Suplemen keratin

Rambut berasal dari keratin. Jadi, pemberian suplemen keratin bisa berdampak terhadap rambut. Berdasarkan penelitian yang dimuat dalam The Scientific World Journal, orang yang mengonsumsi 500 gram suplemen dengan kandungan keratin, vitamin, dan mineral lainnya mengalami peningkatan kualitas rambut (menjadi lebih sehat).

Beberapa peningkatan kualitas tersebut berupa peningkatan kilau rambut, rambut rontok berkurang hingga 12,5 persen, dan kekuatan rambut meningkat hingga 5,9 persen.

5. Pemijatan

Memijat kepala tidak hanya membuat kepala terasa lebih relaks dan ringan. Pijatan pada kulit kepala juga bisa membantu penumbuhan rambut botak.

Teknik ini diyakini bisa membantu merangsang sirkulasi darah di bawah kulit yang memicu pertumbuhan rambut. Berdasarkan studi dalam Journal of Plastic Surgery, pemijatan kulit kepala bisa meningkatkan kesehatan rambut.

Dijelaskan bahwa memijat kulit kepala dengan durasi 4 menit selama 24 minggu berturut-turut bisa melebatkan rambut pria. Ini bisa menjadi cara menumbuhkan rambut botak yang paling mudah. 

Rekomendasi