Catat, Berikut Makanan Pantangan Penderita Ambeien Sesuai Rekomendasi

| 03 Mar 2024 08:05
Catat, Berikut Makanan Pantangan Penderita Ambeien Sesuai Rekomendasi
Ilustrasi makanan pantangan (unsplash)

ERA.id - Bagi para penderita ambeien atau wasir, memilih makanan yang tepat menjadi kunci penting untuk mempercepat proses penyembuhan. Lantas apa saja makanan pantangan penderita ambeien?

Tahukah Anda, beberapa jenis makanan dapat memperparah gejala ambeien? Artikel ini akan membahas makanan-makanan yang sebaiknya dihindari oleh penderita ambeien.

Apa yang harus dikonsumsi penderita ambeien?

Dokter Anda mungkin akan merekomendasikan agar Anda lebih banyak mengonsumsi makanan yang tinggi serat ketika menderita ambeien. Hal tersebut lantaran makanan berserat tinggi dapat membuat feses Anda lebih lunak dan mudah dikeluarkan, serta dapat membantu mengobati dan mencegah wasir.

Selain itu, minum air dan cairan lain seperti jus buah dan sup bening juga dapat membantu kerja serat dalam makanan Anda menjadi lebih baik.

Apa yang harus dikonsumsi penderita ambeien (unsplash)

Untuk itu, tanyakan kepada dokter tentang berapa banyak air yang harus Anda minum setiap hari berdasarkan kesehatan Anda, tingkat aktivitas, dan tempat tinggal Anda.

Berdasarkan panduan diet untuk Orang Amerika, 2020-2025 merekomendasikan asupan serat makanan sebanyak 14 gram per 1.000 kalori yang dikonsumsi. Misalnya, untuk diet 2.000 kalori, rekomendasi serat adalah 28 gram per hari.

Berikut ini beberapa rekomendasi makanan yang bisa dikonsumsi para penderita ambeien:

  • Buah-buahan: Pilih buah yang kaya serat seperti kiwi, pir, apel, dan stroberi.
  • Sayuran: Konsumsi sayuran tinggi serat seperti brokoli, bayam, ubi jalar, dan kacang polong.
  • Kacang-kacangan dan biji-bijian: Kacang almond, kacang tanah, dan biji chia merupakan sumber serat yang baik.
  • Biji-bijian utuh: Pilih beras merah, oatmeal, dan quinoa sebagai sumber serat yang mengenyangkan.
  • Gandum: Sertakan gandum ke dalam menu Anda dalam bentuk roti gandum utuh atau sereal gandum.

Makanan Pantangan Penderita Ambeien

Wasir, atau ambeien, bisa sangat mengganggu aktivitas sehari-hari. Kondisi ini sering kali dipicu oleh konstipasi kronis, yakni kesulitan buang air besar secara teratur.

Salah satu langkah penting dalam mengatasi wasir dan mencegahnya kambuh adalah dengan mengendalikan pola makan, terutama dengan membatasi asupan makanan yang minim atau bahkan tidak mengandung serat.

Untuk itu sebaiknya hindari konsumsi berlebihan terhadap beberapa makanan berikut:

  • Produk olahan susu: Keju mengandung sedikit serat dan tinggi lemak jenuh, yang dapat memperlambat pencernaan dan memperberat konstipasi.
  • Makanan cepat saji: Umumnya makanan ini akan digoreng dengan minyak dan mengandung sedikit serat, yang dapat memperparah konstipasi dan wasir.
  • Daging olahan: Hot dog, sosis, dan daging olahan lainnya biasanya mengandung sedikit serat dan tinggi natrium, yang dapat memicu retensi cairan dan memperparah wasir.
  • Makanan ringan kemasan: Makanan jenis ini seringkali mengandung sedikit serat dan tinggi natrium serta lemak, kombinasi buruk yang dapat memperparah konstipasi dan wasir.
  • Makanan beku olahan: Seringkali dibuat dengan bahan-bahan minim serat dan tinggi natrium, yang dapat memperlambat pencernaan dan memperburuk konstipasi.

Dengan mengurangi makanan pemicu konstipasi dan meningkatkan asupan makanan kaya serat, Anda tidak hanya dapat meredakan gejala wasir yang mengganggu, tetapi juga membantu mencegah kekambuhannya di masa depan.

Meskipun demikian, tetap konsultasikan dengan dokter Anda untuk mendapatkan rencana diet yang tepat sesuai kondisi dan kebutuhan Anda.

Selain makanan pantangan penderita ambeien, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi