Manfaat Air Rebusan Ketumbar yang Dapat Menggantikan Obat-Obatan Kimia

| 05 Mar 2023 20:00
Manfaat Air Rebusan Ketumbar yang Dapat Menggantikan Obat-Obatan Kimia
Manfaat air rebusan ketumbar (unsplash)

ERA.id - Ketumbar adalah rempah yang biasa digunakan untuk membumbui hidangan nusantara. Namun tahukah Anda ada banyak manfaat air rebusan ketumbar yang bagus bagi kesehatan?

Ketumbar berasal dari tanaman Coriandrum sativum dan berkerabat dengan peterseli, wortel, dan seledri. Banyak orang menggunakan ketumbar dalam hidangan seperti sup dan salsa, serta makanan India, Timur Tengah, dan Asia seperti kari dan masala.

Daun ketumbar sering digunakan secara utuh, sedangkan bijinya digunakan dengan cara dikeringkan atau ditumbuk, atau direbus dengan air. Dilansir dari Healthline, berikut ini beberapa manfaat kesehatan yang mengesankan dari ketumbar.

Manfaat Air Rebusan Ketumbar

  1. Dapat membantu menurunkan gula darah

Biji ketumbar, ekstrak, dan minyaknya dapat membantu menurunkan gula darah. Faktanya, orang yang memiliki gula darah rendah atau mengonsumsi obat diabetes harus berhati-hati dengan ketumbar karena sangat efektif dalam menurunkan gula darah.

Sebuah penelitian pada tikus dengan obesitas dan gula darah tinggi menemukan bahwa dosis tunggal (9,1 mg per pon berat badan atau 20 mg per kg) ekstrak biji ketumbar menurunkan gula darah sebesar 4 mmol / L dalam 6 jam, mirip dengan efek obat gula darah glibenklamid.

Sebuah studi serupa menemukan bahwa dosis yang sama dari ekstrak biji ketumbar menurunkan gula darah dan meningkatkan pelepasan insulin pada tikus dengan diabetes.

  1. Kaya Antioksidan dan Meningkatkan Kekebalan Tubuh

    air rebusan ketumbar bagus untuk menjaga kekebalan tubuh (unsplash)

Ketumbar menawarkan beberapa antioksidan, yang mencegah kerusakan sel yang disebabkan oleh radikal bebas atau sering terpapar polusi. Ketumbar telah terbukti dapat melawan peradangan dalam tubuh Anda.

Senyawa dalam ketumbar termasuk terpinene, quercetin, dan tokoferol, yang mungkin memiliki efek antikanker, meningkatkan kekebalan tubuh, dan pelindung saraf.

Satu studi tabung reaksi menemukan bahwa antioksidan dalam ekstrak biji ketumbar menurunkan peradangan dan memperlambat pertumbuhan sel kanker paru-paru, prostat, payudara, dan usus besar.

  1. Bermanfaat bagi kesehatan jantung

    Manfaat ketumbar bagi kesehatan jantung (unsplash)

Beberapa penelitian pada hewan dan tabung reaksi menunjukkan bahwa ketumbar dapat menurunkan faktor risiko penyakit jantung, seperti tekanan darah tinggi dan kadar kolesterol LDL (jahat).

Ekstrak ketumbar tampaknya bertindak sebagai diuretik, membantu tubuh Anda membuang kelebihan natrium dan air. Hal ini dapat menurunkan tekanan darah Anda.

Orang-orang yang mengkonsumsi ketumbar dalam jumlah besar memiliki tingkat penyakit jantung cenderung lebih rendah (terutama dibandingkan dengan orang-orang yang menjalani diet Barat, yang mengandung lebih banyak garam dan gula).

  1. Dapat melindungi kesehatan otak

Banyak penyakit otak, termasuk Parkinson, Alzheimer, dan multiple sclerosis, yang berhubungan dengan peradangan. Kabar baiknya, sifat anti-inflamasi ketumbar dapat melindungi dari penyakit-penyakit ini.

Satu penelitian pada tikus menemukan bahwa ekstrak ketumbar melindungi dari kerusakan sel saraf setelah kejang yang diinduksi obat, kemungkinan karena sifat antioksidannya.

Kemudian sebuah penelitian pada tikus mencatat bahwa daun ketumbar meningkatkan daya ingat, menunjukkan bahwa tanaman tersebut mungkin memiliki aplikasi untuk penyakit Alzheimer.

  1. Dapat meningkatkan pencernaan dan kesehatan usus

Minyak yang diekstrak dari biji ketumbar dapat mempercepat dan meningkatkan pencernaan yang sehat.

Satu penelitian selama 8 minggu pada 32 orang dengan sindrom iritasi usus besar (IBS) menemukan bahwa 30 tetes obat herbal yang mengandung ketumbar yang diminum tiga kali sehari secara signifikan mengurangi sakit perut, kembung, dan ketidaknyamanan, dibandingkan dengan kelompok plasebo.

Selain itu, ekstrak ketumbar digunakan sebagai perangsang nafsu makan dalam pengobatan tradisional Iran. Satu penelitian pada tikus mencatat bahwa hal itu meningkatkan nafsu makan, dibandingkan dengan tikus yang diberi air atau tidak sama sekali.

Selain manfaat air rebusan ketumbar, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman

Rekomendasi