Manfaat Air Rebusan Nanas, Salah Satunya untuk Program Kehamilan

| 24 Jan 2024 07:05
Manfaat Air Rebusan Nanas, Salah Satunya untuk Program Kehamilan
Ilustrasi nanas aman untuk diabetes (Pexels/Shvets Production)

ERA.id - Manfaat air rebusan nanas bisa didapatkan dari enzim bromelain yang berguna untuk kesehatan. Mengonsumsi air rebusan nanas secara rutin diyakini dapat memberikan berbagai khasiat untuk kesehatan, mulai dari menambah kesuburan hingga mencegah risiko penyakit kanker.

Mempunyai nama latin Ananas comous, nanas mengandung banyak air serta memiliki cita rasa manis dan asam yang bisa dikonsumsi. Buah yang dapat Anda temukan di wilayah beriklim tropis ini lebih sering dikonsumsi secara langsung dan diolah sebagai rujak ataupun jus.

Namun, tahukah Anda, manfaat buah nanas juga bisa kita ambil dari air rebusannya. Manfaat air rebusan nanas berasal dari enzim bromelain dan sifat antioksidan, antibakteri, serta antiradang yang ada di dalam buah nanas.

Selain itu, buah ini juga diyakini mengandung beragam mineral dan nutrisi, antara lain magnesium, kalium, dan vitamin B1.

Ilustrasi (Unsplash)

Manfaat Air Rebusan Nanas

Karena nutrisi yang terkandung di dalamnya, air rebusan nanas diyakini mengandung beragam manfaat untuk mencegah dan mengobati berbagai keluhan ataupun penyakit. Di bawah ini adalah beberapa manfaat air rebusan nanas yang bisa Anda dapatkan:

Menurunkan berat badan

Karena memiliki kalori yang rendah, nanas sering dijadikan pilihan camilan yang sehat untuk menurunkan berat badan. Manfaat ini juga bisa didapatkan dengan mengonsumsi air rebusan nanas. Agar berat badan turun lebih cepat, Anda juga disarankan mengonsumsi makanan bergizi dan berolahraga secara rutin.

Mengontrol tekanan darah

Air rebusan nanas juga diyakini dapat mengontrol tekanan darah tinggi. Manfaat air rebusan nanas ini berasal dari kandungan kalium di dalamnya. Kalium diyakini dapat membuat dinding pembuluh darah melemas sehingga mampu menurunkan tekanan darah.

Melancarkan pencernaan

Manfaat air rebusan nanas yang pertama yaitu melancarkan pencernaan. Kandungan bromelain dalam air rebusan nanas dapat mempercepat proses pemecahan makanan pada usus sehingga dapat memperlancar pencernaan dan mengurangi risiko terkena gangguan pencernaan, misalnya sembelit.

Meningkatkan produksi sperma

Mineral yang terkandung di dalam nanas memberikan peran penting dalam meningkatkan kesuburan bagi pria. Selain itu, bromelain dalam nanas juga dapat menambah kadar testosteron. Kedua kandungan ini akan memperbaiki kualitas sperma sehingga baik jika dikonsumsi oleh pasangan yang sedang berusaha mendapatkan kehamilan.

Mengurangi nyeri sendi

Kandungan bromelain di dalam nanas juga memberikan efek antiperadangan yang dapat meredakan peradangan serta mengurangi nyeri sendi. Namun, untuk menerima manfaat air rebusan nanas ini, Anda harus mengonsumsinya secara rutin.

Menurunkan kadar kolesterol

Rutin mengonsumsi air rebusan nanas juga diyakini mampu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan trigliserida di dalam tubuh. Dengan terkontrolnya kadar kolesterol, risiko terjadinya komplikasi seperti stroke pun dapat dihindari.

Mencegah serangan jantung

Mengonsumsi air rebusan nanas diyakini pula dapat membantu mencegah terjadinya serangan jantung. Manfaat air rebusan nanas ini didapatkan karena kandungan antioksidan yang bisa menurunkan kadar kolesterol dan tekanan darah sehingga risiko terjadinya serangan jantung dapat dihindari.

Mengatasi jerawat

Selain dikonsumsi, manfaat air rebusan nanas juga bisa Anda dapat dengan menggunakannya sebagai masker untuk mengatasi jerawat. Sifat antibakteri yang terkandung di dalam air rebusan nanas dapat memperlambat pertumbuhan bakteri penyebab jerawat.

Untuk menerima manfaat air rebusan nanas ini, Anda dapat memanfaatkan air rebusan nanas untuk membasuh muka. Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan kapas yang sudah dicelupkan dalam air rebusan nanas yang sudah dingin, kemudian tempelkan pada wajah dan tunggu selama 10 menit.

Mencegah kanker

Manfaat air rebusan nanas selanjutnya yaitu untuk mencegah pertumbuhan dan penyebaran sel kanker. Kandungan antioksidan dalam air rebusan nanas diyakini dapat menangkal radikal bebas.

Paparan radikal bebas yang terjadi secara terus-menerus bisa merusak sel-sel tubuh. Sel-sel tubuh yang rusak menjadi awal dari terjadinya berbagai penyakit kronis, salah satunya kanker.

Demikianlah ulasan tentang manfaat air rebusan nanas yang bisa didapatkan. Semoga informasi ini bermanfaat.

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi