Manfaat Minum Air Rebusan Lengkuas, Salah Satunya Menurunkan Risiko Parkinson

| 04 Jan 2024 22:07
Manfaat Minum Air Rebusan Lengkuas, Salah Satunya Menurunkan Risiko Parkinson
Ilustrasi manfaat lengkuas untuk kesehatan (Freepik/jcomp)

ERA.id - Lengkuas atau laos bumbu merupakan sejenis tumbuhan umbi-umbian yang dapat tumbuh di manapun, entah di daerah dataran tinggi ataupun rendah. Rempah ini bisa ditemukan pada berbagai negara Asia, misalnya Cina, India, Arab, Sri Lanka, dan Indonesia. Artikel ini akan membahas manfaat minum air rebusan lengkuas.

Lengkuas kerap kali digunakan sebagai bahan campuran dalam masakan dan menjadi obat tradisional. Dalam sebuah masakan, lengkuas diparut dan langsung dijadikan campuran hidangan.

Sementara itu, untuk kebutuhan pengobatan tradisional herbal, lengkuas merah adalah jenis yang paling umum. Tanaman herbal ini mempunyai aroma yang menyengat dan mempunyai cita rasa yang pedas, tapi tidak terlalu pedas seperti jahe.

Itulah mengapa rempah ini sering dijadikan sebagai pelengkap masakan, misalnya rendang atau kari.

Ilustrasi rebusan lengkuas. (Pixabay)

Manfaat Minum Air Rebusan Lengkuas

Di bawah ini adalah manfaat minum air rebusan lengkuas yang bisa didapatkan oleh seseorang.

Meningkatkan sistem pencernaan

Untuk masalah pencernaan, lengkuas sudah lama dimanfaatkan sebagai obat tradisional. Air rebusan lengkuas bisa membantu meredakan gangguan pencernaan antara lain mual, muntah, dan perut kembung.

Selain itu, minuman ini juga bisa merangsang produksi enzim pencernaan, membantu proses pencernaan makanan yang lebih maksimal.

Antiinflamasi alami

Dalam air rebusan lengkuas terkandung senyawa-senyawa aktif seperti gingerol dan galangal, yang memberikan sifat antiinflamasi alami.

Dengan kata lain, minuman ini dapat membantu meredakan peradangan dalam tubuh, yang bisa mengurangi risiko berbagai penyakit kronis, antara lain penyakit jantung, diabetes, dan kanker.

Mengurangi risiko penyakit degeneratif

Sejumlah senyawa aktif dalam lengkuas sudah dihubungkan dengan penurunan risiko penyakit degeneratif, misalnya Alzheimer dan Parkinson.

Walaupun penelitian lebih lanjut tetap dibutuhkan, minuman ini bisa dijadikan tambahan yang berguna dalam menjaga kesehatan otak.

Meningkatkan sistem imunitas tubuh

Kandungan senyawa aktif dalam lengkuas juga berpotensi meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Minuman ini memiliki kandungan antioksidan yang melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan karena radikal bebas, yang berpotensi membantu mencegah bermacam-macam penyakit dan infeksi.

Meredakan peradangan

Air rebusan lengkuas diketahui mempunyai kandungan senyawa aktif seperti gingerol dan galangal alami yang bersifat antiinflamasi. Karena senyawa tersebut, air rebusan lengkuas dapat mengurangi masalah peradangan di tubuh. Senyawa yang bersifat antiinflamasi itu juga bisa mencegah atau mengurangi risiko penyakit kronis seperti penyakit jantung, diabetes, dan kanker.

Lalu bagaimana cara meracik air rebusan lengkuas? Simak cara pembuatannya di bawah ini.

Cara membuat air rebusan lengkuas:

1. Sediakan 2-3 potongan lengkuas segar (ukuran sekitar 2 inci).

2. Cuci bersih lengkuas dan potong tipis-tipis.

3. Selama sekitar 15-20 menit, rebus potongan lengkuas dalam 2-3 gelas air.

4. Saring air rebusan dan konsumsi selama masih hangat.

Untuk rasa yang lebih bervariasi, Anda dapat menambahkan madu atau lemon. Demikianlah ulasan tentang manfaat minum air rebusan lengkuas yang bisa didapatkan. Semoga bermanfaat!

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi