Manfaat dan Cara Konsumsi Buah Parijoto untuk Program Hamil

| 13 Mar 2023 09:05
Manfaat dan Cara Konsumsi Buah Parijoto untuk Program Hamil
Ilustrasi buah parijoto (antaranews)

ERA.id - Pasangan suami istri yang ingin segera mendapatkan momongan bisa mencoba buah parijoto yang berkhasiat untuk kesuburan. Cara konsumsi buah parijoto untuk program hamil juga beragam. Anda bisa memilih cara yang paling Anda sukai.

Buah parijoto mungkin belum terlalu familiar bagi Anda. Namun, buah ini cukup banyak ditemukan di Indonesia. Untuk mengenal lebih jauh parijoto, simak uraian berikut yang dikutip Era.id dari berbagai sumber.

Manfaat Buah Parijoto untuk Program Hamil

Buah parijoto bernama ilmiah Medinilla speciosa. Buah ini memiliki bentuk yang agak mirip dengan anggur, yaitu bulat kecil berwarna ungu. Persebaran buah ini banyak di Indonesia dan Filipina.

Buah parijoto mengandung banyak nutrisi yang baik untuk wanita yang ingin segera punya anak. Manfaat kesuburan dari parijoto berasal dari tingginya antioksidan yang dikandung, seperti flavonoid, beta karoten, tanin, dan saponin. Kandungan tersebut bisa memicu peningkatan kualitas sel telur supaya kehamilan bisa terjadi.  

Sirup Parijoto (situs resmi Nogotirto, Sleman)

Selain itu, parijoto mengandung beta karoten yang baik untuk kesehatan sel telur wanita. Untuk diketahui, beta karoten merupakan vitamin A yang bisa memberikan perlindungan kepada sel telur dari kerusakan akibat radikal bebas.

Beta karoten juga mampu melindungi DNA dan membantu memperbaiki kualitas sperma pria. Jadi buah ini tidak hanya baik dikonsumsi oleh kaum wanita.

Antioksidan yang dimiliki oleh parijoto juga bisa memperbaiki kerusakan sel, jaringan, dan membuat tubuh tetap sehat. Ini juga berkaitan dengan kelancaran program kehamilan sebab pasangan suami istri harus sehat dan prima agar program tersebut berhasil.

Terkait kesehatan, Anda juga perlu melakukan gaya hidup yang sehat sehingga program kehamilan berjalan lancar. Beberapa hal terkait gaya hidup sehat adalah asupan nutrisi makanan bergizi yang seimbang, istirahat cukup, dan menghindari atau mengelola stres.

Jika istri telah berhasil hamil, peran parijoto rupanya belum berhenti di situ. Buah ini juga dinilai mampu mencegah keguguran. Pada masa kehamilan, kondisi dan kesehatan janin bergantung pada nutrisi yang diserap (dikonsumsi) oleh ibu hamil. Konsumsi parijoto pasa masa kehamilan akan menurunkan risiko keguguran karena ibu mendaptkan nutrisi yang baik, seperti antioksidan dan beta karoten.

Cara Konsumsi Buah Parijoto untuk Program Hamil

Buah parijoto dipercaya bisa memberikan efek baik bagi program kehamilan. Namun, konsumsi buah ini sebaiknya tidak dilakukan secara berlebihan. Konsumsilah parijoto dalam porsi yang sedang.

Selain itu, ibu hamil juga harus tetap mengonsumsi buah dan sayuran yang lain agar seluruh kebutuhan nutrisi terpenuhi. Jika muncul tanda alergi setelah mengonsumsi buah parijoto, seperti mual, muntah, atau lainnya, sebaiknya konsumsi dihentikan dan lakukan pemeriksaan di dokter.

Terkait cara konsumsi, Anda bisa menyantap buah parijoto dengan berbagai cara. Berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan.

·         Dijadikan rujak. Buah parijoto punya rasa yang asam, segar, dan agak sepat sehingga cocok dijadikan rujak. Anda bisa memadukannya dengan buah lain.

·         Dijadikan camilan semacam lumpia dengan isian buah. Kulit lumpia bisa menggunakan rice paper roll, sedangkan isiannya bisa berupa berbagai jenis buah, termasuk parijoto.

·         Sup buah. Menyantap sup buah bisa memberikan manfaat kesehatan, termasuk jika menambahkan buah parijoto.

·         Campuran es krim. Parijoto juga bisa ditambahkan sebagai bahan tamabhan es krim agar ada sensasi asam dan segar.

·         Sari buah parijoto, yaitu seperti sirup.

Itulah berbagai informasi mengenai manfaat buah parijoto. Selain itu, Anda bisa bisa memilih cara konsumsi buah parijoto untuk program hamil sesuai selera.

Rekomendasi