Mengapa di Tempat Baru Susah BAB? Ternyata Ini Penyebabnya

| 30 Apr 2023 21:00
Mengapa di Tempat Baru Susah BAB? Ternyata Ini Penyebabnya
Ilustrasi (Sora Shimazaki/Pexels)

ERA.id - Jika Anda kerap mengalami susah BAB ketika sedang tidak berada di rumah, sebaiknya tidak perlu khawatir, sebab hal ini merupakan hal yang lumrah terjadi. Terutama ketika sedang pergi liburan. Niat hati hendak refreshing dan membuat pikiran lebih rileks, tapi malah harus berurusan dengan sistem pencernaan yang terganggu. Lantas, mengapa di tempat baru susah BAB? Simak penjelasannya di bawah ini.

Ilustrasi susah BAB (Pixabay)

Penyebab Susah BAB di Tempat Baru

Susah BAB saat sedang berada di luar rumah atau di tempat baru ternyata dari sisi medis ada alasannya, antara lain:

Tidak Mendengarkan Sinyal Tubuh

Ketika sedang di rumah, Anda cenderung lebih santai atau rileks dan menaruh atensi terhadap sinyal yang diberikan tubuh dengan baik, karena lebih fokus pada hal lain. Dalam konteks ini sinyal tersebut merupakan sinyal untuk buang air besar atau BAB.

Namun, saat Anda sedang berada di luar rumah, contohnya ketika berlibur di pantai, di atas kapal, atau di hutan, Anda mungkin cenderung tidak mengindahkan sinyal kembung, kram, maupun rasa ingin BAB tersebut.

Tidak Dapat Rileks di Kamar Mandi yang Asing

Merasa rileks merupakan kunci untuk proses BAB yang lancar. Dengan demikian, menggunakan toilet yang asing atau kesulitan mendapatkan toilet yang bersih dan memiliki privasi yang cukup, tanpa disadari dapat mengakibatkan Anda menahan rasa ingin BAB. Alhasil, hal ini dapat memicu terjadinya sembelit.

Mengubah Kebiasaan Makan dan Minum

Saat pergi berlibur ke suatu tempat, biasanya kita akan mengubah kebiasaan makan dan minum. Karena tempatnya berbeda, kebiasaan makan dan minum tentu sedikit-banyak mengalami perubahan.

Anda mungkin minum lebih sedikit (terutama selama perjalanan) dengan sengaja, yang mengakibatkan dehidrasi dan susah BAB. Mungkin juga, Anda kurang mengonsumsi serat dan cenderung menentukan makanan instan atau olahan karena terasa praktis. Hal ini juga yang memicu sembelit.

Merasa Stres dan Cemas

Jika Anda mengalami susah BAB ketika berlibur maupun bepergian jauh, salah satu kemungkinan penyebabnya yaitu rasa cemas dan stres.

Bagaimana Cara Mencegahnya?

Susah BAB saat berada di luar rumah tentu saja menjadi hal yang merepotkan. Hal ini dapat menimbulkan perut terasa kembung dan kram, dan juga sensasi tidak nyaman lainnya. Adapun untuk kasus sembelit, dapat dikatakan lebih mudah mencegah, daripada mengobatinya.

Salah satu upaya pencegahan terbaik yang dapat dilakukan yaitu menyediakan perbekalan seperti makanan kaya serat sebelum berangkat. Baik itu sebelum pergi berlibur, pergi ke kantor, atau ke tempat lain.

Anda dapat mengemas buah-buahan, salad, dan sayuran yang mengandung banyak serat, untuk dimakan di perjalanan. Jika tidak memungkinkan menyediakan bekal, Anda dapat menyiasatinya dengan mengonsumsi makanan kaya serat selama berada di luar rumah.

Misalnya, daripada mengonsumsi fast food, cobalah pesan salad dan buah-buahan saat makan di restoran. Selain mengonsumsi makanan tinggi serat, penting juga untuk tetap terhidrasi dengan baik. Jadi, pastikan selalu untuk menyediakan air putih selama bepergian.

Solusi lainnya yaitu mengupayakan untuk tetap santai dan rileks, di mana pun berada. Anda dapat mencobanya dengan teknik pernapasan, dan praktikkan ketika mulai merasa stres dan cemas. Hal ini dapat membantu mengatasi susah BAB yang Anda alami.

Demikianlah ulasan mengenai mengapa di tempat baru susah BAB, semoga penjelasan ini bermanfaat!

Ikuti Artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi