Susah BAB? Ini 5 Pose Yoga yang Bisa Atasi Sembelit

| 18 Apr 2024 15:05
Susah BAB? Ini 5 Pose Yoga yang Bisa Atasi Sembelit
Ilustrasi pose yoga untuk atasi susah buang air besar (Era.id)

ERA.id - Selain dengan konsumsi makanan sehat dan obat, sembelit juga biasa diatasi dengan melakukan yoga. Yoga merupakan jenis olahraga yang dilakukan dengan mengutamakan fleksibilitas dan ketahanan. 

Sejumlah manfaatnya dapat membantu menstimulasi otot perut, melepas stres hingga stimulasi organ bagian dalam untuk melancarkan buang air besar.

Namun, perlu diketahui tak semua gerakan yoga bisa mengatasi sembelit dan memperlancar buang air besar (BAB). 

Pose yoga atasi sembelit

Inilah beberapa jenis gerakan yoga yang direkomendasi untuk dilakukan demi mengatasi gangguan tersebut.

1. Gerakan lutut ke dada

Gerakan pertama yang bisa dilakukan adalah mengarahkan lutut ke dada. Cara melakukannya dengan berbaring telentang, peluk lutut ke dada, dan goyang perlahan dari sisi ke sisi. Gerakan ini membantu memijat organ perut dan melancarkan buang air besar.

2. Duduk membungkuk ke depan

Untuk melakukan gerakan yoga ini duduklah di lantai dengan kaki terentang, lipat ke depan dari pinggul, dan raih kaki Anda. Gerakan ini meregangkan otot punggung dan memijat organ perut, sehingga membantu pencernaan.

Gerakan yoga ampuh atasi sembelit
Pose cobra ampuh atasi sembelit (Yoga Journal)

3. Pose cobra

Gerakan yoga ini dilakukan dengan posisi badan berbaring tengkurap, yang berfungsi untuk memperkuat otot perut dan merangsang pencernaan. Untuk melakukannya letakkan telapak tangan di bawah bahu, dan angkat dada dari lantai sambil menjaga panggul tetap membumi.

4. Pose busur

Pose selanjutnya adalah busur, yang untuk melakukannya berbaring tengkurap, tekuk lutut, raih ke belakang dengan tangan untuk memegang pergelangan kaki, dan angkat dada dan paha dari lantai. Gerakan ini meregangkan otot perut dan memijat sistem pencernaan.

5. Berdiri membungkuk ke depan

Pose ini membuat darah mengalir ke perut dan membantu proses pencernaan. Untuk melakukannya berdirilah dengan kaki dibuka selebar pinggul, lipat ke depan dari pinggul, dan raih tulang kering atau lantai.

Rekomendasi