Tips Menyimpan Jamur di Rumah agar Siap Masak Kapan pun

| 28 May 2023 09:05
Tips Menyimpan Jamur di Rumah agar Siap Masak Kapan pun
Tips menyimpan jamur (unsplash)

ERA.id - Jamur merupakan bahan baku kuliner yang lezat dan serbaguna dalam berbagai hidangan. Penyimpanan yang salah akan membuat jamur layu atau cepat busuk, lantas bagaimana tips menyimpan jamur yang benar?

Dikarenakan kealamian jamur yang rentan terhadap perubahan suhu dan kelembaban, penting bagi kita untuk menyimpannya dengan benar agar tetap segar dan tahan lebih lama. Berikut ini adalah beberapa tips penting untuk menyimpan jamur dengan benar:

Tips Menyimpan Jamur

  1. Pilih Jamur yang Segar

Pastikan Anda memilih jamur yang segar dan bebas dari tanda-tanda kerusakan seperti bintik-bintik coklat atau kebusukan. Jamur yang segar akan memiliki tekstur kenyal dan warna yang cerah.

  1. Gunakan Kemasan yang Tepat

Setelah membeli jamur, segera pindahkan ke dalam wadah yang sesuai. Kemas jamur dalam kantong plastik atau wadah kedap udara untuk melindungi mereka dari kelembaban dan kontaminasi bakteri.

  1. Jangan Mencuci Jamur Terlebih Dahulu

Sebaiknya jangan mencuci jamur sebelum disimpan. Jamur memiliki kandungan air yang tinggi, sehingga mencucinya akan membuatnya lebih cepat basah dan berpotensi mempercepat kerusakan.

  1. Simpan di Lemari Es

    Simpan jamur di Lemari Es (unsplash)

Tempatkan jamur di dalam kulkas pada suhu yang rendah, sekitar 1-4 derajat Celsius. Pastikan untuk meletakkan jamur dalam bagian kulkas yang tepat, seperti bagian bawah atau di laci sayuran, untuk menjaga kestabilan suhu dan kelembaban.

  1. Jangan Simpan di Wadah Tertutup Rapat

Hindari menyimpan jamur dalam wadah tertutup rapat, karena dapat menyebabkan penumpukan kelembapan dan mempercepat pertumbuhan jamur lainnya. Biarkan jamur "bernafas" dengan sedikit sirkulasi udara.

  1. Simpan dengan Kertas Absorbent

Letakkan beberapa kertas absorbent, seperti kertas dapur atau tisu, di dalam wadah penyimpanan jamur. Kertas ini akan menyerap kelembapan berlebih dan membantu menjaga keawetan jamur.

  1. Periksa Secara Rutin

Selama masa penyimpanan, periksa secara rutin kondisi jamur Anda. Buang jamur yang telah rusak atau berjamur lebih dulu untuk mencegah penyebaran kerusakan pada jamur lainnya.

  1. Gunakan Jamur Secepat Mungkin

Meskipun jamur bisa disimpan dalam kulkas selama beberapa hari, sebaiknya gunakan mereka secepat mungkin untuk menikmati kualitas terbaiknya. Jamur segar lebih baik dikonsumsi dalam waktu singkat setelah dibeli.

Selain tips menyimpan jamur, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman

Rekomendasi