Fungsi Tes Mantoux pada Anak: Penting Dilakukan Sesegera Mungkin!

| 14 May 2023 12:10
Fungsi Tes Mantoux pada Anak: Penting Dilakukan Sesegera Mungkin!
Fungsi tes mantoux pada anak (unsplash)

ERA.id - Tes Mantoux adalah tes tuberkulin yang biasanya digunakan untuk mengetahui apakah seseorang terinfeksi oleh bakteri penyebab tuberkulosis (TB) atau tidak. Sebagai usia yang rawan terkena TB, artikel ini akan membahas fungsi tes mantoux pada anak.

Tes mantoux dilakukan dengan menyuntikkan tuberkulin ke dalam lapisan kulit di bawah permukaan kulit, dan kemudian menilai reaksi tubuh terhadap antigen yang terkandung dalam tuberkulin.

Dilansir dari laman SCHN, tes mantoux (dibaca: Man-too) digunakan untuk melihat apakah anak Anda telah terinfeksi kuman (basil) yang menyebabkan TB, karena Penting untuk mendeteksi TB sejak dini sehingga pengobatan dapat dimulai sesegera mungkin.

Tes Mantoux mengukur respons kekebalan tubuh terhadap infeksi TB (unsplash)

Perlu diketahui, infeksi TB pada anak-anak seringkali sulit dideteksi dengan tes yang biasa dilakukan pada orang dewasa. Berikut ini adalah beberapa fungsi dari tes Mantoux pada anak:

Fungsi Tes Mantoux pada Anak

  1. Mendeteksi infeksi TB pada anak

Tes Mantoux dapat membantu mendeteksi infeksi TB pada anak, terutama pada anak-anak yang memiliki risiko tinggi terkena TB, seperti anak-anak yang tinggal di lingkungan yang padat dan kurang sanitasi, anak-anak yang memiliki kontak dengan orang yang terinfeksi TB, dan anak-anak yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah.

  1. Menilai respons kekebalan tubuh terhadap infeksi TB

Tes Mantoux mengukur respons kekebalan tubuh terhadap infeksi TB. Jika tubuh telah terinfeksi TB, maka tuberkulin akan merangsang sistem kekebalan tubuh untuk menghasilkan reaksi inflamasi pada kulit di sekitar area tes. Hasil tes akan menunjukkan ukuran area inflamasi yang menunjukkan apakah anak tersebut positif atau negatif terhadap infeksi TB.

  1. Mendukung diagnosis dan pengobatan

Tes Mantoux dapat membantu mendukung diagnosis dan pengobatan TB pada anak. Hasil tes ini dapat membantu dokter dalam menentukan jenis dan durasi pengobatan yang tepat untuk anak-anak yang terinfeksi TB.

Meskipun tes Mantoux dapat membantu mendeteksi infeksi TB pada anak, namun hasil tes ini tidak selalu akurat dan dapat memberikan hasil positif palsu pada anak-anak yang telah divaksinasi dengan BCG.

Oleh karena itu, hasil tes Mantoux harus selalu dinilai oleh dokter yang berpengalaman dalam mengevaluasi anak-anak yang terinfeksi TB atau yang memiliki risiko terkena TB. Selain itu, tes Mantoux harus selalu dilakukan dengan hati-hati dan diawasi oleh tenaga medis yang terlatih untuk menghindari komplikasi yang mungkin terjadi.

Selain fungsi tes mantoux pada anak, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman

Rekomendasi