Berbagai Penyebab Tumbuh Komedo di Hidung yang Mengganggu Penampilan

| 14 May 2023 07:05
Berbagai Penyebab Tumbuh Komedo di Hidung yang Mengganggu Penampilan
Ilustrasi komedo di hidung (freepik)

ERA.id - Hidung merupakan salah satu daerah yang kerap ditumbuhi komedo, baik putih maupun hitam. Komedo tampak kecil-kecil, tetapi termasuk jenis jerawat. Penyebab tumbuh komedo di hidung perlu diketahui sehingga langkah penanganan bisa dilakukan dengan baik.

Penyebab Tumbuh Komedo di Hidung

·         Komedo putih

Komedo putih (whitehead) di hidung tampak seperti bintik keputihan dengan bagian ujung yang tertutup. Diktuip Era.id dari Healthline, penyebab komedo putih di hidung adalah tersumbatnya pori-pori kulit.

Secara umum, komedo ini cukup susah untuk dihilangkan. Saat pori-pori tersumbat oleh minyak dan sel kulit mati, zat itu bisa mengalami pengerasan dan terbentuknya benjolan kecil yang ada di bawah kulit.

 Ilustrasi membersihkan komedo di hidung (freepik)

Hidung rentan ditumbuhi komedo putih sebab area ini cenderung berminyak. Tak hanya pada kulit berminyak, kulit normal pun akan menghasilkan sel kulit mati dan minyak.

Sel kulit mati terjadi sebab kulit terus melakukan regenerasi. Sementara, minyak secara alami diproduksi oleh kulit agar kulit tetap terhidrasi. Akan tetapi, produksi minyak yang berlebih dan jumlah sel kulit mati yang terlalu banyak bisa membuat pori-pori di area hidung menjadi tempat yang baik untuk terbentuknya komedo putih.

Beberapa hal bisa menjadi faktor pemicu munculnya komedo putih di hidung. Hal-hal tersebut antara lain stres, cemas, genetik, perubahan hormon (pada masa pubertas, haid, dan menopause), kulit terlalu kering karena terlalu banyak menggunakan obat jerawat, salah memilih produk perawatan kulit yang mengandung minyak, serta kombinasi beberapa faktor tersebut.

·         Komedo hitam

Komedo hitam (blackhead) di hidung umumnya tampak seperti bintik-bintik hitam yang agak menonjol di pori-pori kulit. Dilansir Good Housekeeping, komedo hitam merupakan jenis komedo terbuka yang terbentuk akibat tersumbatnya pori-pori kulit oleh minyak, kotoran, dan sel kulit mati. Tumpukan minyak dan kotoran itu akan berubah warna menjadi hitam saat teroksidasi oleh udara.

Beberapa hal bisa menjadi faktor pemicu munculnya komedo hitam pada hidung. Faktor-faktor tersebut antara lain perubahan hormon (pada masa pubertas, haid, hamil, atau akibat penyakit sindrom ovarium polikistik yang meningkatkan produksi minyak pada kulit), efek samping obat jenis steroid, penggunaan produk perawatan kulit dengan kandungan minyak dan bisa menyumbat pori-pori, genetik, serta kombinasi beberapa faktor penyebab tumbuh komedo di hidung tersebut.

Rekomendasi