Penyebab Tumbuh Jerawat di Punggung, Simak Penjelasannya di Sini!

| 28 May 2023 07:25
Penyebab Tumbuh Jerawat di Punggung, Simak Penjelasannya di Sini!
Ilustrasi Jerawat punggung (Pixabay)

ERA.id - Salah satu hal yang dapat mengganggu penampilan dan kenyamanan bagi setiap orang adalah tumbuhnya jerawat di punggung. Kondisi ini dipengaruhi oleh bagian tubuh kita yang mempunyai kelenjar penghasil minyak. Selain di wajah, permasalahan jerawat yang kerap kali dikeluhkan kaum Hawa juga sering pula muncul di bagian lainnya, misalnya punggung. Lantas apa penyebab tumbuh jerawat di punggung?

Penyebab Jerawat Punggung

Jerawat di punggung berkembang seperti halnya jenis jerawat yang lain. Seperti halnya dada dan wajah, punggung mempunyai kepadatan kelenjar sebaceous yang tinggi. Kelenjar ini menghasilkan sebum, atau zat lilin yang berperan menjaga kulit agar tetap sehat.

Kelenjar sebaceous sendiri melekat pada folikel rambut, atau pori-pori. Jika sebum atau sel kulit mati mengalami penyumbatan di pori-pori,

maka dapat mengakibatkan peradangan atau menjebak bakteri di pori-pori, sehingga membuat lesi jerawat berkembang.

Ilustrasi (Anton Checkotin/Istockphoto)

Pori-pori kulit sendiri mudah tersumbat oleh kotoran, sel kulit mati, keringat serta minyak yang disebut sebagai sebum. Padahal, tubuh menghasilkan sebum untuk menjaga kelembapan kulit dan rambut agar tidak terlalu kering.

Jika tubuh menghasilkan sebum terlalu banyak atau Anda tidak membersihkan kulit dengan tepat, maka pori-pori ini berpotensi tersumbat.

Adapun penyebab jerawat punggung secara umum antara lain;

Gesekan

Jerawat punggung dapat disebabkan oleh gesekan. Gesekan yang menjadi penyebab jerawat punggung misalnya antara kulit dengan ransel, kemeja, peralatan olahraga, serta pakaian lainnya.

Kulit dalam kondisi berkeringat yang bergesekan dengan benda dapat menyebabkan hingga memperburuk jerawat punggung. Tentunya Anda harus mewaspadai hal ini.

Riwayat Keluarga

Jerawat punggung juga dapat disebabkan oleh riwayat keluarga yang memiliki masalah serupa. Seseorang akan lebih mungkin memiliki jerawat jika mereka mempunyai riwayat keluarga yang juga memiliki jerawat di punggung.

Obat-obatan

Penyebab jerawat punggung yang lain yaitu konsumsi obat-obatan tertentu. Lantas, jenis obat apa saja yang menyebabkan jerawat di punggung? Dilansir dari British Medical Journal, beberapa obat tersebut yaitu kortikosteroid.

Hormon

Penyebab jerawat punggung berikutnya yaitu hormon yang tidak seimbang.

Orang yang tengah hamil dan remaja yang sedang mengalami masa pertumbuhan menjadi dewasa atau pubertas lebih memungkinkan mengalami jerawat karena perubahan kadar hormon tubuh.

Demikianlah ulasan mengenai penyebab tumbuh jerawat di punggung. Setelah mengetahui beberapa penyebabnya, tentunya Anda sudah bisa lebih waspada dan menjaga kesehatan kulit, ya. Semoga bermanfaat.

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi