Alasan Tidak Boleh Menyimpan Roti Tawar di Kulkas, Begini Efeknya

| 18 Jul 2023 19:05
Alasan Tidak Boleh Menyimpan Roti Tawar di Kulkas, Begini Efeknya
Ilustrasi roti tawar (Pixabay)

ERA.id - Ada banyak hal yang masih dianggap sepele dan kurang diperhatikan oleh kita terkait tata cara memperlakukan makanan atau bahan makanan. Salah satunya adalah cara menyimpan roti. Sebab, cara kita menyimpan makanan khususnya jenis makanan yang mudah rusak seperti roti tentunya akan mempengaruhi tekstur dan rasa roti. Kebanyakan orang pada saat ini menyimpan roti di dalam kulkas, padahal cara ini tidak direkomendasikan. Lantas, apa alasan tidak boleh menyimpan roti tawar di kulkas? Simak penjelasan selengkapnya dalam artikel ini.

Alasan tidak boleh menyimpan roti tawar di kulkas

Bagi orang-orang di negara barat, ada cara tradisional yang dapat dilakukan untuk menyimpan roti. Mereka biasanya menyimpan roti di dalam kotak roti khusus di dapur. Namun, karena zaman semakin berkembang, konsep penyimpanan dengan kotak roti sudah ditinggalkan dan digantikan dengan kulkas.

Ilustrasi roti tawar (Pixabay)

Dalam sebuah laporan yang diterbitkan dalam jurnal digital, Kimberly Baker, direktur Extensions Food Programs and Safety di Clemson University, dia menyebutkan bahwa proses penyimpanan roti dalam kulkas mungkin tidak mengubah kandungan roti, tetapi membuat roti terasa kurang enak.

Suhu dingin dalam lemari es mengubah pati dalam roti menjadi kristal kembali dan kehilangan mengering hilang kelembapan.

"Hilangnya kelembapan akan menyebabkan roti menjadi kering, keras, dan membuat roti menjadi basi," jelas Baker, seperti dilansir dari laman Times of India.

Cara menyimpan roti

Cara tradisional menyimpan roti sebenarnya merupakan ide bagus, sebab roti buatan sendiri bisa tetap dalam kondisi baik bahkan dalam suhu ruangan normal. Lebih lanjut ia menambahkan bahwa, "Roti buatan sendiri yang disimpan pada suhu ruangan akan mempunyai kualitas terbaik jika dikonsumsi dalam tiga hingga lima hari.”

Namun, dalam kasus roti yang tersedia secara komersial dapat menjadi sedikit rumit. Karena roti yang disiapkan secara komersial biasanya memiliki tanggal kedaluwarsa selama 5-7 hari. Oleh sebab itu, jika Anda hendak mengonsumsi roti setelah jangka waktu yang ditentukan, Anda dapat menyiasatinya dengan mendinginkan roti. Hal ini akan membantu mempertahankan kesegaran roti untuk waktu yang lama.

Cara mudah untuk menyimpan roti adalah dengan menyimpan roti tawar dalam wadah kedap udara. Anda bisa membekukan roti dengan membungkusnya dengan cling film plastik dan memastikan tidak ada celah untuk masuknya udara atau uap air.

Cara lain agar roti tetap segar yaitu membungkus roti dengan plastik dan selanjutnya menutupinya dengan aluminium foil. Cara ini juga akan menjaga kesegaran roti dan mempanjang umur roti hingga enam bulan. Namun,  Anda tetap disarankan untuk mengonsumsi roti dalam jangka waktu yang ditentukan. Anda juga bisa menyimpan roti dalam suhu kamar normal dan mengonsumsinya dalam 2-3 hari.

Demikianlah penjelasan tentang cara menyimpan roti dan alasan tidak boleh menyimpan roti di kulkas. Semoga penjelasan ini bermanfaat!

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi