Apa Itu Proctalgia Fugax dan Mengapa Menjadi Penyebab Anus Sakit?

| 22 Jul 2023 12:10
Apa Itu Proctalgia Fugax dan Mengapa Menjadi Penyebab Anus Sakit?
Apa itu proctalgia fugax (unsplash)

ERA.id - Terdapat kondisi medis yang menyebabkan nyeri di anus yang muncul secara tiba-tiba yang dikenal sebagai Proctalgia Fugax. Lantas, apa itu proctalgia fugax? Berikut ini penjelasannya.

Proctalgia fugax adalah gangguan kesehatan yang menyebabkan nyeri hebat di sekitar anus, seringkali secara mendadak dan tanpa peringatan. Meskipun kondisi ini bersifat sementara dan jarang berbahaya, keparahan nyeri yang dialami oleh penderita dapat sangat mengganggu dan mengejutkan.

Apa Itu Proctalgia Fugax?

Proctalgia fugax menyebabkan nyeri pada anus yang berlangsung selama beberapa detik atau beberapa menit, tidak lebih dari 30 menit. Meskipun umumnya tidak berbahaya, kondisi ini dapat menyebabkan ketidaknyamanan bagi penderitanya.

Kondisi ini dialami oleh sekitar 8-18% orang di seluruh dunia. Namun, proctalgia fugax jarang kambuh dan biasanya terjadi kurang dari lima kali dalam setahun. Meskipun dapat terjadi pada siapa saja, wanita berusia 30-60 tahun lebih sering mengalami proctalgia fugax.

Penyebab Proctalgia Fugax

Sejauh ini, penyebab pasti proctalgia fugax masih belum dapat dipastikan. Namun, beberapa studi telah mengindikasikan bahwa penyakit ini terkait dengan gangguan pada nervus pudendal. Nervus pudendal dapat mengalami masalah setelah tindakan tertentu, seperti operasi hemoroid atau histerektomi vaginal.

Selain gangguan pada nervus pudendal, proctalgia fugax juga dapat dipicu oleh beberapa faktor lain, seperti aktivitas seksual, periode haid, konstipasi, dan stres.

Gejala yang biasanya muncul pada proctalgia fugax meliputi nyeri di sekitar anus, otot anus yang tegang atau mengalami spasme. Gejala ini muncul tiba-tiba dan berlangsung dalam hitungan detik hingga menit. Meskipun nyeri dapat terasa cukup intens, biasanya akan hilang dengan sendirinya setelah beberapa saat.

Pencegahan Proctalgia Fugax

mengingat penyebab pasti proctalgia fugax masih belum diketahui, tidak ada langkah pencegahan spesifik yang dapat diambil untuk mencegah penyakit ini. Namun, jika terdapat pencetus yang menjadi latar belakang munculnya gejala proctalgia fugax, menghindari faktor-faktor pencetus tersebut dapat menjadi upaya untuk mengurangi risiko terjadinya kambuhnya penyakit ini.

Pencegahan Proctalgia Fugax (unsplash)

Beberapa langkah penghindaran yang dapat dipertimbangkan untuk mengurangi risiko kambuhnya proctalgia fugax adalah:

  1. Mengurangi stres

Menjaga keseimbangan emosional dan mengelola stres dapat membantu mengurangi kemungkinan terjadinya serangan proctalgia fugax.

  1. Menghindari konstipasi

Menerapkan gaya hidup sehat dengan asupan serat yang cukup, minum air yang cukup, dan berolahraga secara teratur dapat membantu mencegah konstipasi, yang dapat menjadi pemicu serangan proctalgia fugax.

  1. Menghindari aktivitas seksual yang berlebihan

Bila aktivitas seksual menjadi pencetus proctalgia fugax, menghindari aktivitas seksual yang berlebihan atau terlalu intens dapat membantu mencegah serangan.

  1. Mengetahui riwayat medis

Jika ada riwayat operasi hemoroid atau histerektomi vaginal, penting untuk berkonsultasi dengan dokter dan menyampaikan riwayat medis ini agar langkah-langkah pencegahan yang tepat dapat diambil.

Meskipun langkah-langkah di atas dapat membantu meminimalkan risiko kambuhnya proctalgia fugax, tetaplah penting untuk berkonsultasi dengan tenaga medis profesional jika mengalami gejala yang mengkhawatirkan atau serangan berulang. Dokter dapat memberikan penanganan dan nasihat medis yang sesuai dengan kondisi masing-masing individu.

Selain apa itu proctalgia fugax, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman

Rekomendasi