Beberapa Manfaat Biji Pepaya bagi Kesehatan Tubuh dan Cara Mengonsumsinya

| 28 Dec 2022 22:04
Beberapa Manfaat Biji Pepaya bagi Kesehatan Tubuh dan Cara Mengonsumsinya
Ilustrasi Pepaya (Foto: Unsplash.com)

ERA.id - Buah pepaya adalah salah satu makanan sehat yang direkomendasikan untuk dikonsumsi secara rutin. Buah ini sudah sejak lama dipercaya dapat menyehatkan dan mengatasi masalah pencernaan, khususnya untuk keluhan kesulitan buang air besar. Dalam buah pepaya, terkandung banyak nutrisi penting yang memberikan banyak manfaat untuk tubuh.

Hingga saat ini, bagian buah pepaya yang paling banyak dimanfaatkan dan dikonsumsi adalah daging dan daunnya. Namun, tahukah Anda, ternyata biji pepaya juga memiliki kandungan nutrisi yang tak kalah pentingnya untuk kesehatan tubuh? Kira-kira apa saja manfaat biji pepaya yang bisa kita peroleh? Simak penjelasannya di bawah ini.

Manfaat Biji Pepaya untuk Kesehatan Tubuh

Ilustrasi manfaat pepaya mengurangi risiko HPV (Unsplash/Pranjall Kumar)

Ada beberapa cara yang bisa Anda pilih saat mengonsumsi biji pepaya. Mulai dari mengonsumsi biji dan daging buahnya secara langsung atau bisa juga dihaluskan. Adapun beberapa manfaat biji pepaya untuk tubuh antara lain:

Menjaga Fungsi Ginjal

Ginjal adalah salah satu organ yang memiliki peran integral dalam kesehatan. Sebab, ginjal  bertugas sebagai filter untuk membuang limbah serta cairan yang berlebih dari dalam tubuh. Dengan mengonsumsi biji pepaya, ginjal Anda dapat terlindungi dan terjaga karena fungsinya akan bekerja secara optimal.

Hal ini dibuktikan dalam sebuah studi yang diterbitkan U.S. National Library of Medicine yang diterapkan pada tikus dengan cara diberi obat untuk menginduksi toksisitas. Dari hasil penelitian tersebut, ekstrak biji buah pepaya dapat membantu mencegah kerusakan ginjal.

Memiliki Senyawa Antikanker

Kandungan nutrisi dan antioksidan dalam biji pepaya cukup mengesankan, beberapa penelitian menyimpulkan bahwa biji pepaya memiliki sifat antikanker. Salah satunya adalah penelitian tabung yang dilaksanakan pada tahun 2014 silam. Penelitian tersebut menyimpulkan bahwa ekstrak biji pepaya dapat membantu mengurangi peradangan dan melindungi bahan uji dari kanker yang berkembang.

Melawan Infeksi

Biji pepaya diyakini dapat meredakan infeksi. Sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2011 lalu menunjukkan jika ekstrak biji pepaya cukup efektif membasmi tiga jenis jamur. Salah satunya adalah patogen spesifik penyebab infeksi jamur pada tubuh.

Meskipun demikian, penelitian lebih lanjut dalam skala besar tentu dibutuhkan, untuk memastikan efektivitas biji pepaya dalam membasmi infeksi dalam tubuh manusia.

Mengatasi Keracunan Makanan

Manfaat lain yang dapat Anda dapatkan dari mengonsumsi biji pepaya yaitu membantu mengobati keracunan makanan. Hal ini diperkuat oleh sebuah ulasan yang diterbitkan dalam Journal of Pharmacognosy and Phytochemistry. Ulasan tersebut menuliskan jika ekstrak yang terbuat dari biji buah tersebut terbukti secara efektif dalam membasmi bakteri E.coli, Salmonella, Staphylococcus dan infeksi bakteri lain dalam tubuh.

Dapat Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Selain daging buahnya, biji pepaya juga menjadi sumber serat yang baik. Oleh sebab itu, dengan mengonsumsi biji buah tersebut, Anda akan mendapatkan manfaat berupa peningkatan kesehatan pencernaan dan meminimalisir risiko berbagai risiko gangguan pencernaan. Salah satunya yaitu sembelit atau sulit buang air besar.

Nah, dengan pencernaan yang sehat, Anda juga dapat terhindar dari berbagai penyakit pencernaan yang berisiko seperti radang usus, luka usus, hingga wasir.

Cara Mengonsumsi Biji Pepaya yang Dapat Dilakukan

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan saat mengonsumsi biji pepaya, antara lain:

Dikonsumsi Secara Langsung

Cara mengonsumsi biji pepaya yang paling sederhana adalah dengan mengambil langsung biji pepaya dari potongan buahnya dan dimakan langsung dengan buahnya.

Keringkan Biji Pepaya dan Digiling Hingga Jadi Bubuk

Cara selanjutnya yaitu dengan mengeringkan biji pepaya di bawah sinar matahari, atau dengan memanfaatkan alat pengering makanan. Setelah kering, giling biji pepaya menjadi bubuk dengan food processor. Biji pepaya bubuk dapat Anda jadikan campuran ke menu salad, jus, dan sup. Selain itu, Anda juga bisa menggunakannya sebagai bumbu daging sapi atau ayam sebelum dimasak.

Dengan Cara Ditumbuk

Anda tinggal mengumpulkan biji pepaya dan menumbuknya dengan menggunakan mortar dan alu. Biji pepaya yang sudah ditumbuk dapat Anda simpan dalam toples kecil di kulkas hingga kurang-lebih 1 minggu. Penyimpanan juga dapat dilakukan dalam freezer agar tahan lebih lama, tetapi sebelum digunakan untuk campuran salad, jus, atau sup, sebaiknya dicairkan dulu.

Demikianlah ulasan tentang manfaat biji pepaya dan cara mengonsumsinya yang bisa Anda pilih. Semoga informasi ini bermanfaat dan selamat mencoba!

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Tags : Pepaya kesehatan
Rekomendasi