Manfaat Biji Durian yang Belum Banyak Diketahui, Salah Satunya Bikin Awet Muda

| 21 Nov 2023 06:35
Manfaat Biji Durian yang Belum Banyak Diketahui, Salah Satunya Bikin Awet Muda
Illustrasi (Freepic)

ERA.id - Buah durian dikenal juga dengan sebutan "raja buah". Jenis buah yang sangat populer di Asia Tenggara dan populer dengan rasa dan aromanya yang khas. Selain mempunyai daging buah yang lezat, biji durian, yang tidak banyak orang tahu, ternyata juga mengandung manfaat kesehatan tidak terduga. Apa saja manfaat biji durian? Simak penjelasannya di bawah ini.

Manfaat Biji Durian

Ilustrasi Buah Durian (Hong Son/Pexels)

Kaya akan nutrisi

Biji durian memiliki kandungan sejumlah nutrisi penting, antara lain serat, protein, lemak sehat, dan beberapa jenis vitamin dan mineral. Di dalamnya terkandung vitamin B kompleks, seperti B1, B2, B3, dan B9, yang menunjang fungsi sistem saraf dan metabolisme tubuh.

Selain itu, biji durian juga memiliki kandungan zat besi, magnesium, fosfor, dan kalium.

Mendukung Kesehatan Jantung

Kandungan lemak sehat yang ada di dalam biji durian, terutama asam lemak tak jenuh tunggal dan ganda, ternyata bisa membantu menjaga kesehatan jantung.

Lemak sehat ini berfungsi untuk mengurangi kadar kolesterol LDL (kolesterol jahat) dalam darah, yang mengurangi risiko penyakit jantung.

Sumber Antioksidan

Biji durian juga terdapat kandungan antioksidan seperti tannin, flavonoid, dan polifenol. Apa manfaat dari antioksidan ini? Antioksidan berfungsi melawan radikal bebas dalam tubuh, yang berpotensi merusak sel-sel dan menimbulkan penyakit kronis seperti kanker, diabetes, dan penyakit jantung.

Meningkatkan Kesehatan Tulang

Kandungan mineral di dalam biji durian seperti fosfor, magnesium, dan kalsium sangat penting bagi kesehatan tulang.

Fosfor dan kalsium dibutuhkan dalam proses pembentukan dan pemeliharaan tulang, sedangkan magnesium membantu dalam penyerapan kalsium.

Potensi Antiinflamasi

Biji durian juga mengandung senyawa antiinflamasi seperti tannin. Senyawa ini dapat membantu mengurangi peradangan dalam tubuh, yang memiliki peran dalam mengurangi risiko penyakit kronis dan kondisi peradangan.

Menyokong Sistem Pencernaan

Karena mengandung serat, biji durian berguna dalam proses diet yang penting untuk kesehatan pencernaan. Serat sendiri membantu mengatasi sembelit dan menjaga pergerakan usus yang lancar.

Selain itu, serat juga dapat membantu mengendalikan berat badan dengan memberikan perasaan kenyang yang lebih lama.

Kandungan lemak sehat dalam biji durian, khususnya asam lemak tak jenuh tunggal dan ganda, dapat menunjang kesehatan jantung.

Lemak sehat ini dapat membantu mengurangi kadar kolesterol LDL (kolesterol jahat) dalam darah, yang mengurangi risiko penyakit jantung.

Manfaat Anti-Penuaan

Antioksidan dalam biji durian juga dapat membantu melawan tanda-tanda penuaan dini dengan melindungi sel-sel kulit dari kerusakan yang disebabkan radikal bebas. Sehingga, hal ini bisa membantu menjaga kulit Anda tetap sehat dan muda.

Hal Penting yang Harus Diperhatikan

Walaupun biji durian memberikan manfaat kesehatan yang menarik, perlu diingat bahwa di dalamnya juga terdapat kandungan lemak dan kalori. Oleh sebab itu, sebaiknya Anda mengonsumsi biji durian dengan bijak dan tidak berlebihan.

Dengan demikian, saat Anda menikmati daging lezat buah durian, olah juga bijinya yang ternyata penuh dengan nutrisi bermanfaat untuk tubuh Anda.

Namun, dalam mengonsumsinya, pastikan masih dalam jumlah yang seimbang dan dalam konteks diet yang sehat secara menyeluruh. Semoga penjelasan ini bermanfaat!

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi