Letak Racun Ikan Buntal dan Lama Waktu yang Dibutuhkan untuk Membunuh Manusia

| 29 Jul 2023 16:15
Letak Racun Ikan Buntal dan Lama Waktu yang Dibutuhkan untuk Membunuh Manusia
Letak racun ikan buntal (unsplash)

ERA.id - Di balik pesona eksotisnya, ikan buntal menyimpan rahasia mematikan yang perlu diwaspadai. Salah satu ciri khas yang menjadi perhatian utama adalah letak racun ikan buntal. Lalu dimana letak racun ikan buntal?

Artikel ini akan membahas secara mendalam tentang lokasi dan sifat racun pada ikan buntal yang masuk dalam jenis ikan berbahaya di dunia, serta bagaimana menghindari risiko potensial yang ditimbulkannya.

Dengan pemahaman yang lebih mendalam tentang letak racun ini, diharapkan para penggemar dan pengamat kehidupan laut dapat menikmati keindahan ikan buntal dengan lebih bijaksana dan aman.

Letak Racun Ikan Buntal

Racun tetrodotoksin ditemukan terkonsentrasi di dalam hati, kelenjar kelamin, dan kulit ikan buntal. Untuk memastikan keamanan konsumsi ikan buntal, organ-organ yang mengandung racun tersebut harus dihilangkan dengan teknik khusus agar daging ikan tidak terkontaminasi.

Oleh karena itu, umumnya ikan buntal tidak disarankan untuk dikonsumsi di rumah. Ikan ini sebaiknya disajikan di restoran khusus oleh koki yang memiliki keahlian dalam mengolah ikan buntal. Dengan demikian, risiko racun tetrodotoksin dapat dihindari dan nikmati ikan buntal dengan aman.

Ikan buntal mengandung Racun tetrodotoksin (Unsplash)

Paparan tetrodotoksin dari ikan buntal dapat menimbulkan efek pada penderitanya dalam rentang waktu 10 hingga 45 menit, atau bahkan dapat berkisar antara tiga hingga enam jam setelah terpapar. Efeknya bisa sangat cepat dan bahkan menyebabkan kematian dalam jangka waktu 20 menit hingga 24 jam setelah terpapar.

Efek tetrodotoksin pada tubuh manusia terjadi dalam dua tahap. Tahap pertama biasanya terjadi dalam waktu kurang dari delapan jam setelah paparan. Pada tahap ini, gejala awal dapat berupa mati rasa dan sensasi kesemutan atau tertusuk di bibir dan lidah. Sensasi ini dapat menjalar ke bagian wajah dan berkembang menjadi sakit kepala, sensasi ringan atau mengambang.

Penderita juga dapat mengalami keluarnya keringat berlebihan, salivasi yang meningkat, mual, dan muntah. Bahkan, paparan tetrodotoksin dapat menyebabkan diare, sakit perut, kesulitan bergerak atau disfungsi motorik, rasa lemas dan pegal-pegal, serta kesulitan bicara.

Tahap kedua efek tetrodotoksin biasanya terjadi dalam hitungan hari setelah paparan. Jika tidak ditangani dengan segera, penderita dapat mengalami kelumpuhan yang menyebar ke seluruh tubuh, termasuk otot-otot pernapasan. Hal ini dapat menyebabkan kesulitan bernafas atau dispnea.

Tetrodotoksin juga dapat menyebabkan disritmia atau aritmia, tekanan darah yang tidak normal, dan melebarnya pupil atau midriasi. Bahkan, paparan tetrodotoksin bisa menyebabkan penderita mengalami koma, kejang, henti pernapasan, dan bahkan berujung pada kematian.

Penting untuk menyadari efek yang ditimbulkan oleh tetrodotoksin dari ikan buntal dan segera mencari pertolongan medis jika mengalami gejala setelah terpapar. Menghindari konsumsi ikan buntal yang belum diproses secara tepat dan memperhatikan tanda-tanda peringatan dapat membantu mencegah risiko paparan tetrodotoksin dan menjaga kesehatan dengan lebih baik.

Selain letak racun ikan buntal, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman

Rekomendasi