Jenis Teh untuk membakar lemak perut, Ini Daftarnya

| 26 May 2024 15:07
Jenis Teh untuk membakar lemak perut, Ini Daftarnya
Ilustrasi jenis teh untuk membakar lemak perut. (Unsplash/Egor Lyfar)

ERA.id - Salah satu hal yang menyebabkan perut buncit yaitu penumpukan lemak di perut karena mengonsumsi makanan berlemak atau memiliki kandungan gula secara berlebihan. Kondisi tersebut tentunya harus diwaspadai sebab berpotensi menimbulkan penyakit jantung, diabetes melitus, dan hipertensi atau penyakit tekanan darah tinggi. Namun, Anda tak perlu khawatir, sebab ada jenis teh untuk membakar lemak perut yang bisa dikonsumsi.

Jenis Teh untuk Membakar lemak perut

Teh hitam

Teh hitam memiliki kandungan polifenol yang bersifat antiobesitas. Selain itu, polifenol dalam teh hitam juga bisa membantu mengurangi berat badan dan lemak visceral. Dua manfaat tersebut diungkapkan peneliti dalam laporan yang terbit dalam jurnal Molecules pada tahun 2016.

Sedangkan penelitian lain yang dipublikasikan dalam Food and Function pada 2014 menyimpulkan, mengonsumsi tiga cangkir teh hitam setiap hari selama tiga bulan dapat mengurangi berat badan dan membakar lemak perut sehingga lingkar pinggang mengecil.

Teh hijau

Melansir Eat This, salah satu teh yang berpotensi menghilangkan lemak perut yaitu teh hijau. Manfaat tersebut pernah diperkuat dalam penelitian International Journal of Environmental Research and Public Health pada tahun 2022. Partisipan yang mengonsumsi teh hijau mempunyai risiko 44 persen lebih rendah terkena obesitas perut daripada partisipan yang tidak mengonsumsi teh hijau.

Ilustrasi teh hijau. (Mirko Stödter- Pixabay)

Teh putih

Jenis teh lain yang memberikan manfaat menghilangkan lemak perut yaitu teh putih. Manfaat tersebut dapat dirasakan karena teh putih dapat melancarkan metabolisme dan meningkatkan oksidasi lemak. Dengan demikian, teh putih dapat membantu menurunkan atau mengelola berat badan secara menyeluruh. Berdasarkan laporan yang diterbitkan dalam Food Safety and Health pada 2023, teh putih bisa menurunkan berat badan dan mengurangi lemak visceral.

Teh pu-erh

Teh Pu-erh adalah salah satu jenis teh hitam fermentasi asal China yang berguna untuk membakar lemak perut. Penelitian yang dipublikasikan dalam Phytotherapy Research pada 2014 menyimpulkan, partisipan pria dengan sindrom metabolik mengalami penurunan lemak saat mengonsumsi teh pu-erh.

Adapun penelitian lain dari Nutrition Research menyimpulkan bahwa ekstrak dari teh pu-erh dapat membantu dalam penurunan berat badan, BMI, dan lemak visceral pada orang dewasa di Jepang. Sebagai informasi, lemak visceral adalah jenis lemak yang ada di dalam perut, tepatnya di sekitar hati, pankreas, dan usus.

Teh oolong

Teh oolong diracik dari daun teh yang sejenis dengan teh hijau dan teh hitam. Namun, teh oolong hanya teroksidasi sebagian, sementara teh hijau tidak teroksidasi, dan teh hitam mengalami oksidasi penuh. Teh oolong diproduksi dengan cara mengeringkan daunnya di bawah sinar matahari hingga layu dan menggulung.

Penelitian menyimpulkan bahwa teh oolong memiliki kandungan polifenol yang berhubungan dengan metabolisme yang lebih cepat dan mengurangi lemak perut. Sementara itu, penelitian University of Tsukuba pada 2020 menuliskan bahwa teh oolong dapat meningkatkan pemecahan lemak sekitar 20 persen dan terus bekerja saat partisipan tidur.

Itulah pembahasan tentang jenis teh untuk membakar lemar perut yang bisa Anda konsumsi. Namun, bagi Anda yang ingin mencoba, sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter atau ahli gizi agar aman bagi kesehatan Anda.

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi