Konsumsi Kopi Harus Dibarengi Minum 2 Kali Lipat Air Mineral, Kenapa?

| 25 Aug 2023 19:45
Konsumsi Kopi Harus Dibarengi Minum 2 Kali Lipat Air Mineral, Kenapa?
Aturan minum kopi (Pexel)

ERA.id - Mengonsumsi kopi memang sudah menjadi kebiasaan untuk sebagian besar orang. Namun, minum kopi secara rutin ternyata harus dibarengi dengan minum air mineral yang cukup demi menjaga kesehatan tubuh.

Medical Expert, dr. Diana Felicia Suganda, M.Kes, Sp.G. mengatakan bahwa jika minum kopi harus mengganti cairan tubuh dengan dua kali lipat dari kopi yang dikonsumsi.

"Teman-teman yang suka minum kopi, please digantikan cairannya. Minum kopi satu cangkir atau satu gelas, Anda harus minum air mineral dua gelas," kata Dokter Diana saat ditemui di kawasan Gunawarman, Jakarta Selatan, pada Kamis (24/8/2023).

Air mineral yang dikonsumsi untuk menggantikan kopi berbeda dengan jumlah kebutuhan air yang harus diminum setiap harinya. Ini harus dilakukan agar tubuh tetap terhidrasi dan tidak kekurangan cairan.

"Itu di luar dari yang 8 gelas atau 2 liter sehari ya. Supaya apa begitu? Supaya kebutuhan hidrasi kita cukup,"

Hal tersebut harus dilakukan karena kopi merupakan zat diuretik, yang membutuhkan cairan untuk memprosesnya di dalam tubuh.

"Ini karena kopi itu sebenarnya diuretik (zat yang membuat ginjal mengeluarkan cairan lebih banyak). Jadi kalau hanya minum itu terus, kita akan dehidrasi kekurangan cairan," jelasnya.

Lebih lanjut, Dokter Diana mengingatkan bahwa tubuh manusia sebagian besar terdiri dari cairan, sehingga kebutuhannya harus dicukupi setiap hari. Jika tidak akan timbul masalah kesehatan, salah satunya susah fokus saat melakukan suatu hal.

"Perlu diingat komposisi tubuh kita itu 60 persennya cairan. Jadi kebayang kalau kurang asupan air bisa timbul gangguan kesehatan banyak. Seperti kurang fokus, dehidrasi, itu karena kurang minum," pungkasnya.

Rekomendasi