Waktu Terbaik Minum Kopi saat Bulan Puasa, Boleh Dinikmati saat Berbuka?

| 14 Mar 2024 11:00
Waktu Terbaik Minum Kopi saat Bulan Puasa, Boleh Dinikmati saat Berbuka?
Waktu terbaik minum kopi saat bulan puasa (unsplash)

ERA.id - Bagi para pecinta kopi, bulan Ramadan bukan berarti harus menghentikan menikmati secangkir kopi. Kita cuma perlu memahami dan mencari waktu terbaik minum kopi.

Perlu diketahui, kafein dalam kopi dapat membantu meningkatkan fokus dan energi, yang mungkin dibutuhkan saat menjalani ibadah puasa.

Artikel ini akan membahas waktu terbaik untuk minum secangkir semangat kopi.

Kapan waktu terbaik minum kopi saat puasa

Bagi pecinta kopi, secangkir kopi hangat dapat menjadi penambah semangat di bulan Ramadan. Namun, perlu diingat bahwa konsumsi kopi saat perut kosong dapat menyebabkan iritasi lambung dan dehidrasi.

Dilansir dari AI Care, minum kopi setelah makan sahur adalah pilihan terbaik. Dengan demikian, diharapkan tubuh akan terjaga hingga waktu berbuka tiba.

Apakah boleh minum kopi saat buka puasa?

Namun, tahukah Anda bahwa kopi bukanlah pilihan terbaik untuk berbuka puasa? Ada terdapat beberapa alasan mengapa kopi bukan pilihan terbaik untuk berbuka puasa.

Minum kopi saat berbuka puasa dapat membawa beberapa risiko, seperti:

  • Gangguan pencernaan: Kopi dapat meningkatkan asam lambung dan memperburuk gejala gangguan usus.
  • Meningkatkan hormon stres: Kafein dalam kopi dapat meningkatkan kadar kortisol, yang dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan.
  • Meningkatkan kadar gula darah: Kafein dapat memicu pelepasan glukosa ke dalam aliran darah, yang dapat berbahaya bagi penderita diabetes.
Apakah boleh minum kopi saat buka puasa? (unsplash)

Rekomendasi minuman sehat untuk puka puasa

Bagi Anda yang dalam kondisi kesehatan tertentu, minum kopi saat buka puasa bukanlah pilihan baik. Sebagai gantinya, berikut ini beberapa pilihan minuman sehat dan menyegarkan untuk berbuka puasa:

1. Air Putih

Air putih adalah pilihan utama untuk rehidrasi setelah tubuh Anda seharian tidak minum. Air putih membantu mengisi kembali cairan tubuh yang hilang dan melancarkan metabolisme.

Untuk itu, minumlah air putih minimal 2 gelas saat berbuka puasa untuk membantu tubuh kembali terhidrasi.

2. Jus Buah Segar Tanpa Gula

Jus buah segar tanpa gula yang kaya akan vitamin dan mineral sangatlah penting untuk tubuh. Namun penting untuk memilih buah-buahan dengan kandungan air tinggi seperti semangka, melon, atau jeruk untuk membantu rehidrasi.

Selain itu, penting untuk menghindari menambahkan gula berlebihan agar manfaat jus buah tidak terpengaruh.

3. Susu

Susu merupakan sumber protein, kalsium, dan vitamin D yang baik untuk kesehatan tulang dan gigi. Selain itu, susu juga membantu melancarkan pencernaan dan memberikan rasa kenyang. Untuk berbuka puasa, pilihlah susu rendah lemak atau skim.

4. Teh Herbal

Teh herbal seperti teh chamomile, teh jahe, atau teh peppermint dapat membantu menenangkan tubuh dan pikiran setelah seharian berpuasa. Selain itu, teh herbal juga kaya akan antioksidan yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Selain beberapa rekomendasi minuman di atas, perhatikan tata cara minum ketika buka puasa. Pertama minumlah secara perlahan dan tidak terburu-buru dan hindari minuman dingin yang dapat mengganggu pencernaan.

Selain itu, hindari juga minuman manis berlebihan yang dapat meningkatkan kadar gula darah. Jangan lupa untuk variasikan pilihan minuman untuk mendapatkan manfaat yang optimal.

Selain waktu terbaik minum kopi saat bulan puasa, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi