Penting Untuk Kebutuhan Ibu Hamil dan Menyusui, Kandungan dan Manfaat Omega 3 dan DHA yang Baik bagi Si Kecil

| 26 Sep 2023 17:17
Penting Untuk Kebutuhan Ibu Hamil dan Menyusui, Kandungan dan Manfaat Omega 3 dan DHA yang Baik bagi Si Kecil
Ilustrasi ibu hamil (Unsplash)

ERA.id - Selain kebutuhan makronutrien seperti protein, lemak serta karbohidrat, ibu hamil dan menyusui juga wajib memenuhi asupan mikronutrien seperti asam folat, zat besi, yodium, kalsium, dan juga minyak ikan yang merupakan sumber DHA.

Itulah yang disampaikan dr. Adeline Devita, Healthcare Communicator Kalbe Blackmores Nutrition dalam rangka mendukung pentingnya asupan nutrisi sejak 1000 hari pertama kehidupan (HPK). Menurutnya, demi mendukung kesehatan ibu dan perkembangan buah hati, serta menghasilkan Air Susu Ibu (ASI) yang berkualitas penting dilakukan sejak masih di dalam janin.

“Omega 3 dan DHA merupakan mikronutrien yang penting di masa kehamilan dan menyusui. Jika tidak terpenuhi dengan baik, kekurangan asupan Omega 3 dan DHA dapat menyebabkan tumbuh kembang bayi yang kurang optimal. Sayangnya di Indonesia, masih banyak ibu menyusui yang belum teredukasi dalam pentingnya memenuhi asupan nutrisi mikronutrien termasuk Omega 3 dan DHA. Padahal salah satu cara mudah untuk mendapatkan asupan Omega 3 dan DHA bisa melalui minyak ikan sebagai sumber utamanya,” ujar dr. Adeline dalam acara Parenting Talk bertajuk Dukung ASI Berkualitas untuk Sehatnya Bunda & Si Kecil yang didukung Blacakmores dan Blackmores, Selasa (26/9/2023) di kawasan Jakarta Barat.

Manfaat penting dari DHA yaitu mendukung perkembangan mata, saraf dan otak janin untuk merangsang kecerdasan sampai lahir. DHA dinilai mampu memberikan hasil yang positif selama masa kehamilan seperti mencegah kelahiran prematur, menurunkanresiko Berat Badan Lahir Rendah (BBLR), hingga perkembangan jangka panjang anak.

"Salah satu sumber DHA yang baik adalah melalui konsumsi ikan. Untuk itu, Food and Drug Administration (FDA) memberikan rekomendasi kepada wanita hamil untuk mengkonsumsi ikan sebanyak 225– 350gram ikan per minggu atau 300 mg DHA setiap harinya. Kenyataannya, berdasarkan survei tebaru, 21% wanita hamil tidak mengkonsumsi ikan selama kehamilan dan 75% wanita hamil hanya mengkonsumsi kurang dari 115gram selama seminggu," tutupnya.

Rekomendasi