Risiko Mandi saat Badan Berkeringat dan Beberapa Efek yang Ditimbulkannya

| 20 Oct 2023 08:25
Risiko Mandi saat Badan Berkeringat dan Beberapa Efek yang Ditimbulkannya
Risiko mandi saat badan berkeringat (unsplash)

ERA.id - Mandi setelah tubuh berkeringat adalah kebiasaan yang sering dilakukan oleh banyak orang untuk merasa segar dan bersih. Namun, tahukah Anda bahwa ada risiko mandi saat badan berkeringat?

Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi berbagai aspek dan risiko yang terkait dengan kebiasaan ini, serta memberikan panduan yang dapat membantu Anda mandi dengan lebih aman dan efektif setelah aktivitas fisik.

Ketika Anda berkeringat, otot-otot Anda terasa sakit, dan detak jantung Anda meningkat. Selain itu, ada beberapa hal yang tampak lebih membahayakan yang ditimbulkan saat usai olahraga langsung mandi dengan cepat.

Mandi setelah berolahraga memang baik untuk Anda dengan beberapa alasan. Di antaranya dapat menghilangkan keringat dari tubuh Anda (yang berperan penting untuk kebersihan) dan memijat otot Anda dengan air dapat menenangkan dan membantu mencegah asam laktat dari terjebak dalam otot-otot yang sakit.

Tetapi mandi pasca-olahraga saja bukan solusi cepat untuk pemulihan setelah berolahraga. Rutinitas pemulihan pasca-olahraga Anda sebaiknya mencakup periode pendinginan sebelum Anda mandi atau berendam.

Untuk itu, mari kita bahas tentang apa yang sebaiknya dan tidak sebaiknya dilakukan saat mandi setelah berolahraga.

Apa Risiko Mandi saat Badan Berkeringat?

Jika Anda berpikir bahwa Anda harus segera mandi begitu selesai berolahraga, maka pikirkan lagi. Anna Bartter, pakar kesehatan dan fitness menjelaskan jika Anda adalah tipe orang yang sangat menikmati perasaan basah oleh keringat maka sebaiknya tidak langsung mandi setelah berolahraga.

Perlu diketahui jika ada alasan baik untuk menunda mandi pasca berolahraga dan hal tersebut bahkan bisa meningkatkan kebugaran Anda.

“Selama berolahraga, suhu tubuh dan denyut jantung Anda meningkat, terutama setelah sesi intensitas tinggi. Langsung mandi setelah ini berpotensi risiko menyusutnya pembuluh darah Anda terlalu cepat,” ungkap Dal Dhaliwal, pakar kesehatan.

Tidak mandi setelah berolahraga tidak bermaksud untuk sepenuhnya menghindari sabun, tetapi para ahli setuju bahwa memberi tubuh Anda waktu untuk mendinginkan dan menyesuaikan diri pasca-olahraga benar-benar bisa bermanfaat.

Alex Randall, pendiri dan CEO Revel Sports, memberikan saran dan merekomendasikan menunggu 20 menit setelah berolahraga sebelum mandi agar tubuh Anda bisa mendingin secara bertahap.

Berkeringat membantu mendinginkan tubuh kita - jadi jika kita mandi segera setelah berolahraga, maka kita menghilangkan keringat dari kulit kita sebelum ia memiliki kesempatan untuk menguap dan membantu kita mendingin secara alami.

“Hal Ini juga membantu mencegah potensi shock bagi sistem Anda dan memungkinkan tubuh Anda untuk terus merasakan manfaat latihan selama beberapa saat lebih lama." jelas Alex.

Mandi air panas atau dingin yang lebih baik setelah berolahraga (unsplash)

Mandi air panas atau dingin yang lebih baik setelah berolahraga?

Mandi air panas yang mengalir mungkin terasa nyaman bagi otot-otot Anda setelah berolahraga, tetapi mandi air dingin mungkin merupakan metode yang efektif dan terbukti secara ilmiah untuk membersihkan keringat Anda.

Sebuah survei literatur medis pada tahun 2013 mengindikasikan bahwa efek perendaman air panas setelah olahraga tidak jelas.

Sebaliknya, manfaat merendam diri dalam air dingin setelah sesi latihan tampaknya memberikan manfaat pemulihan yang jelas, meskipun hal ini dapat mengakibatkan pertumbuhan massa otot yang lebih rendah.

Berdasarkan penelitian lain yang disebutkan dalam survei tahun 2013, mandi air dingin dapat memberikan sebuah kesejukan dan tampaknya memiliki banyak manfaat kesehatan lainnya.

Tetapi langsung mandi air dingin setelah berolahraga yang intens mungkin dapat membuat otot menjadi kaku atau meningkatkan detak jantung Anda. Untuk hasil terbaik, mulailah mandi dengan suhu hangat atau setelah menenangkan tubuh Anda dengan peregangan.

Selain risiko mandi saat badan berkeringat, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi