Catat, Waktu yang Baik untuk Mandikan Bayi Baru Lahir

| 27 Jul 2024 10:04
Catat, Waktu yang Baik untuk Mandikan Bayi Baru Lahir
Kapan bayi baru lahir boleh dimandikan (freepik)

ERA.id - Pertanyaan soal kapan bayi baru lahir boleh dimandikan sering menjadi hal yang membingungkan para orang tua yang baru memiliki momongan.

Ada anggapan bahwa bayi harus segera dimandikan setelah lahir. Namun, menurut rekomendasi para ahli kesehatan, terdapat waktu yang ideal untuk memandikan bayi agar tidak mengganggu kesehatan dan kenyamanan si kecil.

Kapan bayi baru lahir boleh dimandikan?

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sendiri merekomendasikan untuk menunda mandi pertama bayi hingga 24 jam setelah kelahiran, atau menunggu setidaknya 6 jam setelah bayi dilahirkan.

Dilansir dari Healthy Children, berikut ini adalah beberapa alasan mengapa sekarang Anda disarankan untuk menunda memandikan bayi setelah lahir:

  1. Suhu tubuh & gula darah

Bayi yang dimandikan segera setelah lahir lebih mungkin menjadi dingin dan mengalami hipotermia. Stres ringan dari mandi dini juga dapat membuat beberapa bayi lebih rentan mengalami penurunan gula darah (hipoglikemia).

  1. Bonding & menyusui

Memandikan bayi terlalu cepat juga dapat mengganggu sensitifitas kulit ke kulit, yang berkaitan dengan keberhasilan ibu menyusui.

Terdapat salah satu studi yang menunjukkan peningkatan keberhasilan menyusui di rumah sakit sebesar 166%. Hal tersebut lantaran menerapkan penundaan mandi pertama bayi selama 12 jam dibandingkan dengan bayi yang dimandikan dalam beberapa jam pertama.

Sebelum melanjutkan baca juga artikel yang membahas Efek Mandi Air Dingin untuk Bayi

  1. Kulit kering

Vernix, zat putih seperti lilin yang melapisi kulit bayi sebelum lahir, berfungsi sebagai pelembab alami dan mungkin memiliki sifat anti-bakteri.

American Academy of Pediatrics (AAP) menyarankan bahwa sebaiknya verniks dibiarkan pada kulit bayi baru lahir untuk sementara waktu. Hal tersebut bertujuan untuk membantu mencegah kulit bayi menjadi tidak lembut atau kekeringan.

Menjaga vernix sendiri sangat penting bagi bayi prematur, karena kulit mereka sangat rentan terhadap cedera.

Meskipun demikian, bayi dari ibu dengan HIV atau virus Hepatitis tetap akan dimandikan setelah menyusui pertama. Hal tersebut bertujuan untuk mengurangi risiko penularan bagi staf rumah sakit dan anggota keluarga.

Seberapa sering bayi perlu mandi setelah pulang ke rumah (freepik)

Seberapa sering bayi perlu mandi setelah pulang ke rumah?

Bayi baru lahir tidak perlu mandi setiap hari. Hal tersebut lantaran mereka jarang berkeringat atau kotor. Tiga kali mandi per minggu selama tahun pertama bagi bayi sudah cukup, karena mandi terlalu sering dapat mengeringkan kulit bayi Anda.

Tips Memandikan Bayi Baru Lahir

  1. Persiapkan perlengkapan sebelum memulai

Siapkan baskom air, kain lap basah yang dibilas dalam air tanpa sabun, handuk kering, dan apa pun yang mungkin Anda butuhkan sebelum memulai.

  1. Tempatkan Bayi

Letakkan bayi di permukaan datar yang nyaman untuk Anda berdua—meja ganti, tempat tidur, lantai, atau meja di sebelah wastafel. Kemudian alasi permukaan yang keras dengan selimut atau handuk berbulu.

Jika bayi Anda berada di permukaan di atas lantai, selalu gunakan tali pengaman atau jaga satu tangan pada mereka untuk mencegah jatuh.

  1. Mencuci Bayi

Mulailah dengan mencuci wajah bayi terlebih dahulu. Gunakan kain lap yang dibasahi untuk mencuci wajah mereka, dan berhati-hati agar tidak memasukkan air ke mata atau mulut.

Kemudian, celupkan kain lap ke dalam baskom air sebelum mencuci bagian tubuh lainnya hingga area popok.

  1. Jaga agar bayi tetap hangat

Selama memandikan dengan spons, bungkus bayi Anda dengan handuk kering dan buka hanya bagian tubuh mereka yang sedang Anda cuci. Beri perhatian khusus pada lipatan di bawah lengan, belakang telinga, di sekitar leher dan pada bayi perempuan di area genital.

Selain kapan bayi baru lahir boleh dimandikan, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi