Makan Nanas Saat Haid? Ini Kandungan dan Manfaat yang Bisa Didapatkan

| 29 Oct 2023 08:35
Makan Nanas Saat Haid? Ini Kandungan dan Manfaat yang Bisa Didapatkan
Ilustrasi makan nanas saat haid (pexels)

ERA.id - Menstruasi atau haid bisa memberikan efek samping yang bermacam-macam, salah satunya nyeri tak tertahankan selama beberapa waktu. Keluhan ini bisa ditangani dengan berbagai cara, contohnya makan nanas saat haid.

Dikutip dari allo health, gejala menstruasi maisng-masing orang bisa berbeda-beda, tapi ada beberapa gejala yang paling umum terjadi. Gejala-gejala tersebut adalah kram di perut bagian bawah dan punggung, kembung, sakit kepala atau migrain, perubahan suasan hati.

Selain itu, ada pula yang mengalami pertumbuhan jerawat (di wajah, punggung, dan dada), kelelahan, mual, dan perubahan nafsu makan. Perlu diingat, masing-masing orang bisa mengalami gejala yang berbeda-beda selama haid.

Manfaat Nanas dan Kandungannya

Nanas adalah buah tropis yang kaya vitamin C, mangan, dan nutrisi penting lainnya. Nanas juga mengandung enzim bernama bromelain yang punya sifat anti-inflamasi. Kandungan ini bisa menjadi obat alami untuk mengatasi nyeri dan peradangan.

Dalam satu cangkir potongan nanas segar terdapat 82 kalori; 0,9 gram lemak; 0 gram kolesterol; 2 miligram natrium; 21,7 gram karbohidrat; 2,3 gram serat; 16,3 gram gula pasir; 0,9 gram protein.

Nanas juga jadi sumber vitamin C yang baik. Dalam secangkir potongan nanas segar terkandung 78,9 miligram vitamin C. Jumlah ini bahkan lebih banyak dari asupan harian yang direkomendasikan bagi orang dewasa.

Memotong buah nanas (pexels)

Selain itu, nanas mengandung bromelain yang terbukti memiliki bersifat anti-inflamasi dan membantu kinerja pencernaan.

Berdasarkan penelitian, bromelain bisa membantu mengatasi beberapa keluhan kesehatan, seperti radang sendi, nyeri otot, bronkitis, nyeri dada, infeksi sinus, penggumpalan darah, diare, encok, dan mempercepat pemulihan pasca-operasi.

Selain itu, penelitian juga menunjukkan bahwa nanas punya potensi sifat anti-kanker. Sejumlah penelitian menunjukkan, bromelain mungkin bisa memperlambat pertumbuhan jenis sel kanker tertentu. Akan tetapi, temuan tersebut masih butuh penelitian yang jauh.

Buah nanas juga terbukti baik untuk pencernaan. Bromelain yang ada pada nanas bisa membantu memecah protein di sistem pencernaan sehingga tubuh lebih mudah menyerap nutrisi makanan. Ini bisa meningkatkan kinerja sistem pencernaan serta mengurangi risiko masalah pencernaan, seperti kembung dan sembelit.

Manfaat Makan Nanas saat Haid

Bromelain merupakan bahan aktif utama di dalam nanas yang bisa membantu meredakan nyeri kram saat haid. Enzim ini punya efek analgesik (pereda nyeri) dan antispasmodik pada tubuh sehingga mampu membantu mengurangi keparahan kram.

Bromelain juga bisa dapat membantu memecah protein di dalam tubuh yang berkontribusi pada pengurangan peradangan dan nyeri. Selain untuk meredakan kram akibat menstruasi, sifat anti-inflamasi bromelain juga bisa membantu mengatasi masalah lain, seperti radang sendi dan sinusitis.

Berdasarkan penelitian, bromelain membantu mengurangi pembengkakan dan peradangan. Nanas adalah obat alami untuk masalah tersebut.

Enzim bromelain bisa ditemukan dalam daging buah nanas, tetapi biasanya konsentrasi lebih tinggi terdapat pada bagian batang dan inti buah. Dengan demikian, konsumsi jus atau daging nanas segar mungkin tidak memberikan bromelain yang cukup untuk mendapatkan efek signifikan.

Meski demikian, tidak ada salahnya untuk memakan nanas saat haid untuk mengurangi nyeri akibat kram menstruasi. Jika Anda mengalami keluhan hebat yang tak kunjung reda, periksakan diri ke dokter.

Itulah beberapa informasi terkait manfaat makan nanas saat haid. Untuk mendapatkan info menarik lainnya, ikuti terus Era.id.

Rekomendasi