Minuman Terbaik Sebelum Tidur yang Dapat Memberikan Efek Nyenyak

| 11 Nov 2023 19:00
Minuman Terbaik Sebelum Tidur yang Dapat Memberikan Efek Nyenyak
Minuman terbaik sebelum tidur (unsplash)

ERA.id - Beberapa minuman dapat membantu Anda bersantai, meredakan stres, dan menciptakan suasana tidur yang lebih baik. Lantas apa saja minuman terbaik sebelum tidur?

Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi berbagai minuman terbaik yang bisa Anda nikmati sebelum tidur untuk membantu Anda meraih istirahat malam yang mendamaikan.

Apa Saja Minuman Terbaik Sebelum Tidur?

Dilansir dari AI Care, berikut ini beberapa minuman yang dapat Anda nikmati sebelum tidur.

  1.  Teh Kamomil

Teh kamomil dikenal memiliki efek menenangkan. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa efek menenangkan teh kamomil berasal dari flavonoid yang terkandung di dalamnya. Teh kamomil juga mengandung flavonoid yang berinteraksi dengan reseptor benzodiazepine di otak, yang memiliki efek sedatif.

Penelitian pada lansia menunjukkan bahwa mengkonsumsi teh kamomil dapat meningkatkan kualitas tidur.

Pada penelitian tersebut, terungkap bahwa lansia yang mengkonsumsi 400 mg ekstrak kamomil selama 28 hari berturut-turut dapat meningkatkan kualitas tidurnya.

Beberapa individu mungkin mengalami alergi terhadap chamomile, namun Badan Pengawas Obat dan Makanan (FDA) telah memasukkan teh chamomile dalam daftar bahan minuman yang aman untuk dikonsumsi.

Jika Anda memiliki alergi terhadap chamomile, teh peppermint bisa menjadi alternatif yang baik sebagai minuman herbal.

  1. Jus Ceri

Jus ceri adalah minuman yang kaya akan melatonin, hormon pemicu tidur alami dalam tubuh. Penelitian kecil pada dewasa di atas 50 tahun menunjukkan bahwa responden yang minum jus ceri dua kali sehari selama dua minggu tidur lebih nyenyak daripada responden yang minum minuman plasebo.

Selain dijadikan jus, Anda juga bisa menambahkan buah ceri segar ke minuman Anda untuk kesegaran ekstra.

  1. Susu Hangat

Minum susu hangat sebelum tidur diyakini dapat membantu Anda tidur lebih nyenyak. Susu mengandung asam amino triptofan yang dapat meningkatkan tidur yang berkualitas.

Penelitian menunjukkan bahwa pola makan yang mencakup susu dan produk susu dapat meningkatkan kualitas tidur, meskipun waktu terbaik untuk minum susu guna tidur lebih nyenyak belum sepenuhnya jelas.

Minum susu hangat sebelum tidur diyakini dapat membantu Anda tidur lebih nyenyak (unsplash)
  1. Susu Almond

Selain susu hangat, susu almond dapat menjadi minuman yang membantu tidur. Susu almond adalah minuman kaya serat, vitamin, dan mineral dengan rasa gurih.

Almond mengandung triptofan dan magnesium yang dapat mendukung tidur nyenyak. Walaupun perlu penelitian lebih lanjut mengenai manfaat magnesium dalam meningkatkan kualitas tidur, beberapa studi awal mendukung klaim tersebut.

Susu almond bisa menjadi alternatif yang baik bagi mereka yang alergi terhadap susu sapi, meskipun sebaiknya dihindari oleh mereka yang alergi terhadap kacang.

  1. Susu Kunyit Emas

Susu kunyit emas adalah sebutan untuk minuman tradisional India yang mengandung kunyit.

Minuman kunyit ini memiliki warna keemasan dan kaya akan senyawa kurkumin yang diketahui dapat membantu mengatasi beberapa masalah yang disebabkan oleh kurang tidur, meredakan peradangan, dan mengurangi gejala kecemasan dan depresi.

Selain minuman-minuman di atas, ingatlah juga untuk tetap memenuhi kebutuhan cairan tubuh dengan minum air putih. Penelitian menunjukkan bahwa orang yang dehidrasi cenderung tidur lebih singkat dibandingkan dengan mereka yang terhidrasi dengan baik.

Selain minuman terbaik sebelum tidur, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi