Jangan Sampai Salah, Ini Waktu Terbaik Minum Kopi

| 26 Jul 2023 07:20
Jangan Sampai Salah, Ini Waktu Terbaik Minum Kopi
Ilustrasi (Dominica Roseclay / Pexels)

ERA.id - Bagi Anda yang rutin mengonsumsi kopi, mungkin belum memahami waktu ideal untuk menikmati jenis minuman yang menjadi favorit banyak orang itu. Sebab, ternyata waktu mengonsumsi juga cukup penting untuk diperhatikan bagi pecinta kopi. Lantas kapan waktu terbaik minum kopi? Simak ulasannya di bawah ini.

Pagi Hari

Menikmati kopi di pagi hari merupakan ritual paling syahdu yang mungkin sudah dilakukan semua orang. Lantas kenapa minum kopi sangat disarankan di pagi hari? Menurut para ahli, kopi dapat memberi efek yang mampu memicu semangat setelah bangun tidur. Kopi mampu memberi efek “sadar” yang membuat mata Anda terbuka lebar. Minuman ini dengan cepat mampu mengusir rasa kantuk dan menghimpun semangat Anda menjalani hari.

Setelah Bangun Tidur

Bangun tidur dalam konteks ini bisa terjadi kapan pun, misalnya saat bangun dari tidur siang. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, kopi mampu memberi efek menyegarkan. Kandungan kafein di dalamnya akan membuat Anda terjaga.

Setelah Makan Siang

Kenapa kita sering mendengar istilah coffee break di siang hari? Nah, inilah salah satu alasannya. Ketika Anda berkegiatan di luar, entah itu di kampus ataupun di kantor, tubuh Anda akan merasa lesu sebab perut sudah terisi penuh. Pada saat inilah kinerja kafein dibutuhkan. Setelah Anda menikmati makan siang, hendaknya nikmatilah secangkir kopi. Dengan bantuan kafein, kantuk siang yang melanda mungkin dapat dihindari dan Anda akan lebih semangat melanjutkan kegiatan. Beberapa orang juga mengaku kesulitan melanjutkan kerja jika tidak meneguk kopi siang mereka.

Sebelum “Coffee Naps”

Coffee naps yaitu tidur siang singkat yang dilakukan setelah minum kopi agar mendapatkan efek segar setelahnya. Coffee nap berfungsi untuk mengumpulkan rasa semangat dengan tidur siang singkat yang dilakukan sesaat setelah minum kopi. Jadi, jika Anda hendak melakukan coffee nap, waktu ini merupakan saat yang tepat untuk menikmati kopi.

Saat Jetlag

Jetlag mengakibatkan jadwal tidur yang terbalik. Dengan menikmati kopi, Anda dapat bertahan dari rasa kantuk demi menyesuaikan diri dengan waktu setempat yang selisihnya berbeda jauh dengan waktu wilayah Anda berada sebelumnya. Kopi akan membantu Anda terjaga hingga tiba waktu tidur di kota tempat Anda berada saat ini.

Saat Sakit Kepala

Seperti yang kita tahu, dalam obat penghilang nyeri terdapat kandungan kafein. Nah, dalam kopi pun terdapat zat tersebut. Oleh sebab itu, sangat tepat jika Anda menikmati kopi ketika sedang sakit kepala. Dari beberapa penelitian yang pernah dilakukan, orang-orang yang menderita sakit kepala atau migrain merasa terbantu dan keluhan mereka menjadi lebih ringan setelah mereka mengonsumsi kopi.

Sebelum Berolah Raga

Kopi juga sangat membantu para atlet yang hendak melakukan latihan. Para atlet ini biasanya meminum kopi sebelum berolah raga agar diberi tenaga maksimal dan lebih bersemangat saat berolah raga. Dan inilah juga yang diterapkan banyak orang saat ingin menjalani fitness atau olah raga lainnya. Secangkir kopi diyakini menambah stamina saat berolah raga.

Demikianlah ulasan tentang waktu terbaik minum kopi, semoga bermanfaat.

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi