Daftar Makanan Pembersih Pencernaan yang Murah dan Mudah Didapatkan

| 03 Dec 2023 20:00
Daftar Makanan Pembersih Pencernaan yang Murah dan Mudah Didapatkan
Ilustrasi pembersihan pencernaan (pexels)

ERA.id - Beberapa jenis makanan bisa membantu membersihkan usus besar yang kotor. Makanan pembersih pencernaan ini bisa membuat sistem pencernaan Anda bekerja dengan lebih optimal.

Dilansir Healthline, ada banyak manfaat yang didapatkan dari pembersihan usus besar, salah satunya untuk meningkatkan kesehatan sistem pencernaan melalui pembuangan limbah dan racun dari tubuh. Manfaat yang lain adalah untuk menurunkan berat badan.

Pembersihan Usus Besar

Pembersihan usus besar sebenarnya termasuk tindakan medis, yaitu irigasi usus besar atau hidroterapi usus besar. Tindakan ini perlu mendapatkan pertimbangan dokter sebab permbersihan usus besar harus dilakukan dengan hati-hati.

Pembersihan usus besar bisa bermanfaat, tapi juga punya risiko. Hal ini bisa memicu dehidrasi, memicu ketidakseimbangan elektrolit, terjadi ketidakseimbangan bakteri dan infeksi, dan risiko perforasi usus.

Penelitian menunjukkan bahwa beberapa jenis makanan bisa membantu pembersihan usus kotor dengan mengeluarkan sisa limbah makanan di usus besar. Anda tidak perlu memfokuskan pola makan dengan jenis makanan terkait. Anda hanya perlu menjadikannya variasi menu makan harian.

Secara umum, makanan pembersih usus kotor adalah makanan dengan kandungan serat, kalsium, dan vitamin D yang tinggi. Itu semua adalah nutrisi yang baik untuk sistem pencernaan manusia. Selain membersihkan usus besar, makanan-makanan tersbut juga mampu mencegah diare, sembelit, kembung, peradangan, dan kanker usus besar.

Makanan Apa yang Membersihkan Usus Besar?

1.    Sayuran berdaun hijau gelap

Sayuran dengan daun berwarna hijau gelap, seperti bayam, lobak, kangkung, selada, dan brokoli mampu membersihkan usus besar. Sayuran-sayuran tersebut punya kandungan serat, kalsium, dan vitamin D yang tinggi.

2.    Kacang-kacangan

Pembersihan usus besar juga dapat dilakukan dengan konsumsi makanan berpati resisten yang mirip serat. Biji-bijian dan kacang-kacangan adalah salah satu jenis makanan yang mengandung pati resisten.

3.    Yoghurt

Yoghurt mengandung probiotik dan probiotik juga punya fungsi membersihkan dan menyehatkan usus. Makanan lain yang juga mengandung probiotik adalah acar, tempe, kimchi, dan makanan fermentasi yang lain.

4.    Raspberry

Beberapa jenis buah juga mengandung serat dan kalsium tinggi. Buah raspberru adalah salah satu buah yang baik untuk usus. Anda bisa menyantapnya secara langsung atau menjadikannya olahanan tertentu, misalnya jus, salad, atau campuran dalam kue.

5.    Oatmeal

Oatmeal mengandung beta-glukan atau serat larut. Selain itu, makanan ini punya kalsium yang dibutuhkan untuk membersihkan pencernaan (usus besar).

6.    Kentang

Pati resisten tak hanya dimiliki oleh kacang-kacangan dan biji-bijian. Pati ini juga terdapat dalam kentang. Pati resisten mampu meningkatkan mikroflora usus yang berdampak baik untuk pencernaan. Makanan lain yang mengandung pati resisten adalah ubi dan jagung.

7.    Susu, keju, roti

Susu dan roti termasuk makanan pembersih pencernaan (pexels)

Susu dikenal sebagai minuman dengan kalsium yang tinggi. Tak heran jika susu termasuk minuman yang mampu membersihkan susu besar dari sisa kotoran. Anda bisa mengonsumsi susu dalam bentuk yang lain, misalnya keju, roti, pasta, atau makanan lain yang mengandung susu atau produk olahan susu.

Itulah berbagai jenis makanan pembersih pencernaan. Untuk mendapatkan info menarik lainnya, ikuti terus berita terbaru Era.id.

Rekomendasi