Cara Menghilangkan Varises secara Alami, Kebiasaan Bisa Berpengaruh Besar

| 10 Dec 2023 12:00
Cara Menghilangkan Varises secara Alami, Kebiasaan Bisa Berpengaruh Besar
Ilustrasi menghilangkan varises secara alami (freepik)

ERA.id - Secara umum, varises membuat tampilan kaki menjadi kurang menarik. Namun jika disepelekan, varises kadang bisa diikuti gejala tertentu, seperti nyeri, bengkak, dan kram.

Untuk mengatasi varises, seseorang bisa menghilangkannya dengan bantuan dokter, misalnya melalui prosedur operasi dan terapi panas. Selain itu, ada pula cara menghilangkan varises secara alami, dan hal ini tidak butuh biaya yang besar. Dirangkum dari RSUD Buleleng, berikut adalah penjelasannya.

Cara Menghilangkan Varises secara Alami

1. Membiasakan posisi kaki

Pemosisian kaki saat istirahat bisa berdampak pada varises. Saat istirahat angkat kaki setinggi jantung atau lebih tinggi. Cara melakukannya, Anda bisa menyenderkan kaki pada tembok.

Memosisikan kaki setinggi jantung atau lebih tinggi bisa mengurangi tekanan pada pembuluh darah di kaki. Gravitasi juga membantu aliran darah ke jantung menjadi lancar.

Selain itu, sebaiknya Anda tidak duduk terlalu lama. Jika pekerjaan Anda membuat Anda duduk lama, luangkan waktu beberapa kali bererak atau berdiri agar aliran darah lancar.

Anda juga sebaiknya tidak menyilangkan kaki. Menyilangkan kaki saat istirahat bisa menghambar aliran darah ke kaki dan mengganggu sirkluasi darah.

2. Olahraga

Olahraga bisa memperlancar sirkulasi darah, termasuk di kaki. Dengan demikian, penumpukan darah di pembuluh darah (penyebab varises) bisa terdorong.

Selain itu, olahraga bisa membantu menurunkan tekanan darah. Perlu diketahui bahwa salah satu faktor risiko varises adalah tekanan darah tinggi.

Jika Anda rutin melakukan olahraga, otot betis akan terlatih dan hal tersebut bisa mengatasi varises di kaki. Beberapa olahraga yang bisa dilakukan adalah yoga, bersepeda, jalan kaki, dan berenang.

Bersepeda untuk menghilangkan varises secara alami (freepik)

3. Pijat refleksi

Sebagian pihak percaya bahwa pijat refleksi bisa mengurangi pembengkakan pada kaki. Pemijatan bisa membantu memperlancar aliran darah, termasuk di kaki.

Meski demikian, Anda tidak boleh menekan pembuluh darah varises secara langsung sebab bisa merusak jaringan yang rapuh. Selain itu, jika Anda adalah ibu hamil, berkonsultasilah dulu dengan dokter. Wanita hamil biasanya biasanya tidak disarankan melakukan terapi ini saat masa kehamilan trimester pertama.

4. Pola makan

Pola makan berkaitan dengan berbagai kondisi kesehatan. Konsumsi makanan asin bisa membuat tubuh menahan air secara berlebih. Oleh karena itu, Anda perlu mengurangi konsumsi makanan asin.

Beberapa jenis makanan mengandung potasium tinggi dan ini bisa berguna agar tubuh tidak terlalu banyak menahan cairan. Beberapa makanan itu adalah kacang almond dan kacang-kacangan lain, kentang, sayuran hijau, beberapa jenis ikan, misalnya salmon dan tuna.

Anda juga perlu makan makanan mengandung serat karena makanan tersebut membentu mencegah konstipasi yang bisa memicu kerusakan pembuluh darah. Beberapa contohnya adalah kacang-kacangan, biji-bijian, dan makanan dari gandum.

Selain itu, orang dengan berat badan berlebih berisiko lebih tinggi varises. Jaga berat badan Anda tetap ideal dengan memilih pola makan sehat. Dengan begitu, tekanan yang diterima pembuluh darah berkurang dan pembengkakan pembuluh darah bisa dicegah.

5. Makanan mengandung flavonoid

Flavonoid memiliki beberapa manfaat, seperti melancarkan aliran darah, mengurangi tekanan darah arteri, dan merilekskan pembuluh darah. Ada banyak makanan yang mengandung flavonoid, seperti brokoli, bayam, paprika, apel, anggur, stroberi, blueberry, ceri, dan teh hijau.

Untuk diketahui, beberapa cara menghilangkan varises secara alami ini adalah cara alternatif. Jika varises (dan gejalanya) tak kunjung hilang, hubungi dokter. Untuk mendapatkan info menarik lainnya, ikuti terus Era.id.

Rekomendasi