Tanda Tubuh Kekurangan Asam Folat pada Ibu Hamil, Simak Ciri-cirinya

| 09 Dec 2023 23:00
Tanda Tubuh Kekurangan Asam Folat pada Ibu Hamil, Simak Ciri-cirinya
Ilustrasi jenis makanan yang mengandung asam folat. (Pixabay)

ERA.id - Anda tentunya memahami jika kebutuhan nutrisi sejak 1.000 hari pertama kehidupan (HPK) sudah harus terpenuhi saat si kecil masih berada di dalam kandungan. Masa kehamilan diyakini menjadi momen yang sangat krusial sebab dapat menjadi penentu tumbuh kembang optimal anak nantinya, sekaligus mencegah terjadinya stunting. Nah, salah satu nutrisi yang harus diperhatikan pada masa kehamilan yaitu asam folat. Asam folat juga dikenal dengan nama vitamin B9. Semua perempuan yang sedang dalam masa kehamilan disarankan memenuhi kebutuhan asam folat sebesar 400-600 mcg/harinya. Lantas bagaimana tanda tubuh kekurangan asam folat?

Kurangnya asam folat selama masa kehamilan berhubungan dengan cacat lahir utama yang berpengaruh terhadap otak, sumsum tulang belakang, dan tulang belakang (cacat tabung saraf).

Ilustrasi bayam (unsplash)

Tanda Tubuh Kekurangan Asam Folat

Bagaimana cara kita mengetahui kebutuhan asam folat selama masa kehamilan ini? Ada beberapa tanda yang dapat kita lihat, antara lain:

Terjadi masalah pencernaan

Sering mengalami masalah pada sistem pencernaan saat hamil juga dapat menjadi penanda kekurangan asam folat. Saat tubuh Anda kekurangan asam folat, kemampuan usus menjadi tidak optimal dalam menyerap sari makanan. Selanjutnya, keadaan ini dapat mengganggu fungsi lambung dan mengakibatkan penurunan nafsu makan, maag, hingga diare.

Mudah merasa capek

Ketika hamil, seorang ibu memang akan terlihat gampang capek, tapi tidak ada salahnya jika kondisi ini Anda konsultasikan pada dokter, terlebih jika sering merasa capek berlebihan sebab bisa jadi kondisi ini adalah anemia defisiensi folat. Asam folat diperlukan untuk pembuatan sel darah merah yang digunakan sebagai pengangkut oksigen dalam aliran darah. Jika kebutuhannya tidak terpenuhi, maka akan membuat seorang ibu hamil mudah capek.

Anemia

Anemia memang sebuah keadaan di mana seseorang kekurangan zat besi, tapi asam folat juga mempunyai peran penting dalam membentuk sel darah merah. Oleh sebab itulah kekurangan asam folat juga dapat menyebabkan ibu hamil mengalami anemia dan berisiko melahirkan bayi prematur hingga berat badan rendah.

Mudah sakit

Salah satu tanda Anda kekurangan asam folat yaitu sering sakit-sakitan. Memang, sistem imun ibu hamil tergolong cukup unik, tetapi bukan berarti sakit-sakitan menjadi hal yang wajar. Penelitian dari Harvard University menjelaskan; kekurangan nutrisi tertentu, salah satunya asam folat, dapat mengganggu daya tahan tubuh dan kesehatan Ibu hamil. Sehingga, tubuh akan menjadi gampang sakit.

Mengatasi Kekurangan Asam Folat

Dalam situs Hopkins Medicine disebutkan, kebanyakan anemia defisiensi folat diakibatkan oleh kekurangan asam folat dalam makanan. Nah, bagi Anda yang juga merasa kekurangan asam folat, dapat mengantisipasinya dengan makanan sumber asam folat. Salah satunya adalah bayam. Dalam setiap 95 gram bayam, terkandung 115 mcg asam folat. Selanjutnya adalah hati sapi yang juga kaya dengan asam folat. Dalam setiap 85 gram hati sapi terkandung 215 mcg. Jika bosan, Anda dapat mengonsumsi makanan lain, antara lain brokoli, buah jeruk, atau kacang-kacangan.

Demikianlah penjelasan tentang tanda tubuh kekurangan asam folat, semoga informasi ini bermanfaat.

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi