Minum Jahe saat Perut Kosong, Apa Saja Manfaatnya?

| 12 Mar 2024 03:33
Minum Jahe saat Perut Kosong, Apa Saja Manfaatnya?
Ilustrasi. (Pixabay)

ERA.idJahe merupakan bahan alami yang telah lama digunakan karena kandungan nutrisi dan senyawa penting yang dikandungnya. Selain sering digunakan sebagai bahan makanan tertentu, jahe juga diperlukan dalam berbagai pengobatan herbal. Itulah yang membuat air jahe jadi sehat. Uniknya, jahe bisa dimasukkan ke dalam makanan dengan berbagai cara. Terdapat khasiat minum jahe saat perut kosong.

Jahe juga memiliki sifat analgesik dan anti-inflamasi yang dapat melengkapi perawatan untuk berbagai penyakit. Antioksidan yang tinggi dalam jahe juga bermanfaat untuk mengembalikan kerusakan sel dan menghilangkan racun.

Rempah satu ini memiliki ciri khas 'rasa pedas' dan hangat ketika mengonsumsinya. Menjadikannya minuman adalah salah satu cara mendapatkan manfaat jahe. Sensasi pedas pada jahe disebabkan karena adanya kandungan gingerol dan shogaol. Senyawa ini berwarna kuning seperti minyak yang akan keluar jika diperas.

Dalam pengobatan kuno, jahe digunakan sebagai ramuan untuk menyembuhkan banyak penyakit. Jahe mengandung nutrisi penting bagi tubuh, yaitu Vitamin C, Kalsium, Fosfor, Zat Besi, Seng, Tembaga, Kromium Mangan dan lain-lain.

Ilustasi minuman jahe. (Unsplash/Julia Vivcharyk)

Minum Jahe saat Perut Kosong

Apabila air jahe dikonsumsi saat perut kosong di pagi hari, maka seluruh manfaat jahe akan dikonsumsi oleh tubuh. Melansir beberapa sumber, berikut manfaat mengonsumsi jahe saat perut kosong:

Membantu Penurunan Berat Badan

Minum air jahe saat perut kosong mempercepat metabolisme. Ketika metabolisme bekerja dengan baik, maka pembakaran kalori berlangsung baik bahkan saat melakukan tugas normal sepanjang hari. Air jahe membantu membakar lemak lebih cepat dan membantu detoksifikasi tubuh secara alami.

Bermanfaat untuk Kulit

Mengonsumsi jahe dapat membantu menghilangkan kotoran dan racun yang terakumulasi dalam tubuh. Selain itu, antioksidan yang ada pada jahe membantu melawan radikal bebas yang menyebabkan penyakit serius seperti kanker, membantu mengurangi ruam kulit, jerawat, dan tanda-tanda penuaan seperti kerutan dan garis-garis halus, serta membantu memurnikan darah secara alami yang efeknya langsung terlihat pada kulit.

Bermanfaat untuk Lambung

Minum air jahe saat perut kosong membantu memperkuat pencernaan. Oleh karena itu, jahe juga sangat efektif dalam menghilangkan masalah seperti gangguan pencernaan, sembelit, kembung, muntah, diare, dan mual serta membantu mengurangi kolesterol jahat.

Karena itu membantu mengurangi risiko penyakit seperti serangan jantung dan stroke serta menjaga kesehatan jantung.

Membantu Melawan Peradangan atau Anti Inflamasi

Jahe dapat membantu menghilangkan masalah peradangan pada tubuh karena kaya akan sifat anti-inflamasi, sehingga membantu melawan kuman dan bakteri berbahaya yang memicu peradangan. Air jahe juga sangat bermanfaat untuk melawan peradangan kronis. Sifat anti-inflamasi jahe berkontribusi dalam meredakan nyeri sendi, sehingga bermanfaat bagi penderita arthritis.

Penguat Imunitas Alami

Jahe dapat bertindak sebagai penguat kekebalan alami dan memperkuat tubuh melawan infeksi. Rempah ini juga terkenal karena kemampuannya mengatur kadar gula darah dan meningkatkan kestabilan energi sepanjang hari.

Sebagai Antioksidan

Air jahe juga mengandung antioksidan yang membantu kesehatan sel sehingga berpotensi menurunkan risiko penyakit kronis.

Menjaga Kesehatan Jantung

Air rebusan jahe yang dikonsumsi di pagi hari bisa menjaga kesehatan jantung dengan cara menurunkan tekanan darah, mencegah penggumpalan darah dan meningkatkan sirkulasi darah. Air rebusan jahe juga memiliki manfaat untuk melindungi pembuluh darah dari kerusakan akibat radikal bebas, yakni mencegah pengerasan dan penyempitan pembuluh darah.

Menjaga Kesehatan Otak

Air jahe bisa menjaga kesehatan otak dengan cara meningkatkan fungsi kognitif, memori dan konsentrasi. Air rebusan jahe juga bisa mengurangi rasa stres dan depresi yang bisa mempengaruhi kesehatan mental.

Jahe dapat dikonsumsi dengan berbagai olahan makanan dan minuman. Jahe bersifat kering sehingga perlu juga diperhatikan cara mengonsumsinya. Terlalu banyak konsumsi jahe juga dapat menyebabkan rasa gatal di tenggorokan.

Untuk mendapatkan manfaat yang maksimal, sebaiknya konsumsi jahe disesuaikan dengan porsi dan komposisi yang tepat bersama dengan rempah-rempah atau herbal-herbal lainnya. Selain itu, sebelum minum jahe saat perut kosong, Anda disarankan untuk terlebih dulu konsultasi dengan ahli herbal atau dokter.

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi