Tips Memilih Model Pakaian Sesuai Bentuk Tubuh dengan Mengukur Bagian Ini

| 02 Dec 2023 23:00
Tips Memilih Model Pakaian Sesuai Bentuk Tubuh dengan Mengukur Bagian Ini
Tips memilih model pakaian sesuai bentuk tubuh (unsplash)

ERA.id - Memilih model pakaian yang sesuai dengan bentuk tubuh adalah kunci untuk tampil maksimal dalam dunia fashion. Namun sayangnya tidak semua orang tahu tips memilih model pakaian sesuai bentuk tubuh.

Setiap orang, memiliki keunikan bentuk dan ukuran tubuhnya, dan pilihan pakaian yang tepat dapat memberikan dampak signifikan terhadap penampilan dan rasa percaya diri.

Kemudian dalam menjalani trend fashion, penting untuk memahami bagaimana menonjolkan kelebihan dan mengatasi kekurangan bentuk tubuh Anda. Dengan pemahaman ini, Anda dapat membuat pernyataan mode yang kuat dan meningkatkan kepercayaan diri Anda melalui gaya berpakaian yang sesuai.

Tips Memilih Model Pakaian Sesuai Bentuk Tubuh

Adalah penting  untuk mengetahui ukuran tubuh Anda terlebih dahulu dalam menentukan pakaian. Hal ini sama pentingnya dengan memahami tipe tubuh Anda. Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan

Tips – Sebelum memulai, sebaiknya Anda gunakan pita kain daripada logam. Biarkan pita tersebut tidak terlalu ketat atau longgar. Sebaiknya pita harus pas di titik di mana Anda merasa pakaian akan melorot. Nah jika demikian pegang pita dan berikan angka yang paling mendekati dan akurat.

  1. Bahu

Mengukur ukuran bahu cukup sulit dilakukan sendiri karena memang sulit untuk menggantungkan pita dan melakukan pengukuran dengan satu tangan. Jika ada orang di sekitar Anda, mintalah bantuan seseorang setidaknya untuk pengukuran bagian tubuh ini.

Mulailah mengukur dari ujung bahu (dari salah satu sisi) dan bawa ke sekitar sisi lain hingga ujung bertemu dengan ujung bahu yang sama. Ingatlah bahwa pita harus sangat dekat dengan bahu. Dengan cara ini, Anda akan  mendapatkan pengukuran titik terlebar dari bahu Anda.

  1. Dada

Pastikan untuk berdiri lurus sebelum melakukan langkah kedua ini karena Anda perlu mengukur bagian penuh dari payudara.

Mulailah dengan meletakkan salah satu ujung pita di bagian penuh dan dimulai dari bawah bahu untuk membawanya kembali posisi semula. Dan selamat, sekarang Anda memiliki ukuran dada Anda.

Penting untuk tidak membiarkan pita menghimpit payudara Anda dan pastikan melekat pada dada Anda dari ujung ke ujung.

  1. Pinggang

Ingat untuk jangan membungkukkan perut atau menariknya. Pastikan untuk berdirilah selurus mungkin. Mulailah dari bagian terkecil pinggang Anda pada titik atas pusar dan di bawah tulang rusuk (ini adalah garis pinggang alami Anda).

Kemudian terdapat cara lain untuk menemukan garis pinggang Anda yaitu dengan membungkuk ke samping. Nah, titik dari mana Anda membungkuk maka itulah ukuran pinggang Anda.

Kemudian ukur pita di sekitar perut Anda dan bawa kembali ke tempat Anda pertama kali memulai. Jika Anda biasanya mengenakan pakaian di bawah pusar, Anda mungkin harus melakukan pengukuran pada daerah tersebut.

cara mengukur pinggang (unsplash)
  1. Pinggul

Terakhir Anda perlu mengukur lingkar bagian terbesar dari bokong Anda yaitu dengan mendapatkan ukuran pinggul. Mulailah dari satu sisi pinggul dan bawa ke belakang menuju pinggul yang lain, lalu bawa kembali ke titik awal. Lakukan pengukuran ini di depan cermin sehingga Anda tahu apakah pita sejajar atau tidak.

Selain tips memilih model pakaian sesuai bentuk tubuh, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman.

Rekomendasi