Manfaat Air Rebusan Jagung bagi Organ Dalam dan Kecantikan Kulit

| 12 Jan 2024 22:00
Manfaat Air Rebusan Jagung bagi Organ Dalam dan Kecantikan Kulit
Manfaat air rebusan jagung (unsplash)

ERA.id - Air rebusan jagung tidak hanya memberikan cita rasa yang menggugah selera, tetapi juga kaya akan nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh. Menariknya ada banyak manfaat air rebusan jagung yang tidak diketahui sebelumnya.

Artikel ini akan membahas secara rinci terkait potensi air rebusan jagung, mulai dari antioksidan yang dimilikinya hingga dampak positifnya terhadap kesehatan jantung, organ dalam, sistem pencernaan, dan perawatan kulit.

Apa Saja Manfaat Air Rebusan Jagung?

Nah, jika jagung direbus, pasti banyak orang yang suka. Tetapi bagaimana dengan air sisa rebusan jagung?

Berdasarnya banyak penelitian, ternyata air sisa rebusan jagung tidak hanya memiliki aroma dan rasa jagung manis, tetapi juga memiliki efek anti-inflamasi. Air ini juga dapat mencegah infeksi kandung kemih.

Karena sifat-sifat baiknya, air sisa rebusan jagung disarankan untuk tidak dibuang. Saat merebus jagung, sebaiknya Anda juga merebus jagung beserta kulit-kulitnya yang masih hijau.

Anda dapat menambahkan sedikit gula untuk menambah kelezatan.

Kemudian bagi masyarakat yang tinggal di negara dengan empat musim, air sisa rebusan jagung juga diyakini membantu mendinginkan tubuh, mencegah diare, dan meningkatkan kesehatan di musim panas.

Lalu bagaimana cara mengkonsumsi air sisa rebusan jagung yang paling pas? Pada dasarnya, air sisa rebusan jagung bisa langsung diminum. Hanya saja, rasanya akan sangat hambar jika tidak ditambahkan gula.

Anda dapat menambahkan gula pada air rebusan jagung dan disimpan di dalam lemari es. Air ini juga dapat menjadi minuman yang sangat pas saat cuaca panas. Namun, bagi orang yang menderita diabetes atau obesitas, para ahli kesehatan menyarankan agar air ini dikonsumsi tanpa menambahkan apa pun.

Manfaat Kesehatan Air Rebusan Jagung untuk Organ Dalam Manusia (unsplash)

Manfaat Kesehatan Air Rebusan Jagung untuk Organ Dalam

Minum air rebusan jagung juga memiliki efek peningkatan sekresi empedu dan pengurangan viskositas empedu, dan memudahkan keluarnya empedu ke dalam usus dengan mudah.

Meminum air rebusan jagung juga memiliki efek menurunkan gula darah, meningkatkan ekskresi urine, dan membuat darah membeku dengan cepat.

Selain itu, rutin mengkonsumsi air rebusan jagung secara rutin sebagai pengganti teh juga sangat efektif bagi orang yang menderita kolestasis dan batu empedu. Hal ini dikarenakan air rebusan jagung memiliki efek diuretik pada penyakit ginjal dan efektif dalam kasus edema yang terkait dengan penyakit kardiovaskular.

Konsumsi rutin air rebusan jagung dalam jangka panjang juga bermanfaat bagi orang dengan batu ginjal atau batu kandung kemih dan ureter. Air rebusan ini dapat melarutkan batu yang terbentuk oleh urat, fosfat, karbonat.

Air rebusan jagung juga memiliki efek menghentikan pendarahan pada kasus pendarahan rahim, khususnya pada mereka yang mudah berdarah.

Manfaat Air Rebusan Jagung untuk Kecantikan

  1. Menghilangkan Bintik Hitam

Air rebusan jagung memiliki potensi untuk menghilangkan freckles atau bintik hitam pada kulit, termasuk bekas jerawat, cacar, dan iritasi.

  1. Pembaruan dan Pembersihan Kulit

Manfaat air rebusan jagung lainnya adalah memberikan kesegaran dan membersihkan kulit. Penelitian menunjukkan bahwa air rebusan jagung dapat membuat kulit lebih halus dan lembut.

Untuk membuat masker, campurkan air rebusan jagung dengan sedikit madu dan jagung manis. Penggunaan campuran herbal ini sebagai masker membantu menghilangkan bintik hitam di wajah, meningkatkan kekencangan kulit, dan mengangkat sel-sel kulit mati.

Selain manfaat air rebusan jagung, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Tags : kesehatan jagung
Rekomendasi