Khasiat Daun Pecut Kuda, Salah Satunya Mengatasi Masalah Keputihan

| 06 Feb 2024 06:29
Khasiat Daun Pecut Kuda, Salah Satunya Mengatasi Masalah Keputihan
Ilustrasi khasiat daun pecut kuda. (Pixabay)

ERA.idTanaman Pecut Kuda biasanya tumbuh secara liar dan dianggap sebagai tanaman liar biasa. Namun daun pecut kuda memiliki banyak manfaat. Pecut Kuda memiliki sifat antioksidan, anti inflammatory, dan antimikroba, sehingga khasiat daun Pecut Kuda dapat dirasakan oleh setiap orang yang mengonsumsinya.

Daun Pecut Kuda atau dengan nama ilmiah Stachytarpheta Jamaicensis, pada umumnya ditemukan di pekarangan rumah, lapangan, tempat yang biasa ditumbuhi banyak rumput, tempat-tempat yang kurang terawat, atau di pinggir-pinggir jalan.

Tanaman liar ini disebut Pecut Kuda karena bentuk bunganya mirip bentuk pecut yang sering digunakan untuk menjalankan kereta kuda. Tanaman Pecut Kuda ini telah dikenal di Filipina dengan nama Kandikadilaan, sedangkan di China bernama Yulongbian.

Dikutip dari Dalimartha, tanaman Pecut Kuda ini berasal dari Benua Amerika. Tanaman ini bisa ditemukan di wilayah cerah, sedang, dan terlindung dari sinar matahari. Tanaman ini juga bisa tumbuh pada ketinggian hingga mencapai 1500 mdpl. Tanaman Pecut Kuda termasuk tanaman tahunan, tingginya sekitar 50 cm hingga 1 meter.

Tanaman Pecut Kuda memiliki bentuk daun yang bergerigi di bagian pinggirnya. Daun Pecut Kuda berbentuk dan berpenampilan mirip daun Mint. Daun Pecut Kuda biasanya bisa tumbuh sampai mencapai panjang 10 cm dan lebar 8cm. Bentuk daun Pecut Kuda ini mirip telur dengan bagian bawahnya sedikit melebar dan pada bagian ujungnya menyempit.

Ilustrasi. (Pixabay)

Khasiat Daun Pecut Kuda

Daun Pecut Kuda memiliki khasiat sebagai obat alami dan telah banyak dimanfaatkan oleh banyak orang sejak dulu. Daun Pecut Kuda merupakan jenis tanaman herbal yang banyak digunakan untuk ramuan atau obat tradisional. Adapun khasiat daun Pecut Kuda yaitu:

  • Mengobati radang tenggorokan

Tanaman Pecut Kuda bersifat antibakteri dan telah terbukti dapat menghambat pertumbuhan bakteri. Fungsi ini juga bekerja aktif dalam menghambat bakteri streptococcus pyogenes dengan lebih baik dibandingkan penggunaan obat penisilin.

  • Menurunkan demam

Tanaman Pecut Kuda telah lama digunakan sebagai pengobatan tradisional di wilayah Afrika untuk mengobati berbagai jenis penyakit, termasuk membantu menurunkan demam. Hal ini karena tanaman Pecut Kuda mempunyai fungsi sebagai anti-peradangan dan antioksidan, walaupun memiliki sedikit zat antivirus. Kemudian kandungan asam asorbik di dalamnya bersifat sebagai antioksidan sehingga dapat membantu meningkatkan sistem imun tubuh. Fungsi ini berpotensi mampu melawan penyebab terjadinya infeksi yang bisa menyebabkan demam.

  • Menangkal radikal bebas

Berdasarkan hasil dari beberapa penelitian yang dilakukan, terdapat kesimpulan bahwa ekstrak daun Pecut Kuda memiliki beberapa zat antioksidan di dalamnya, seperti alkaloid, triterpenoid, saponin, tanin, dan flavonoid. Semua zat tersebut dapat menangkal radikal bebas dan melindungi tubuh dari efek berbahaya.

  • Mengurangi keputihan pada wanita

Hasil penelitian lainnya menjelaskan bahwa ekstrak dari tanaman Pecut Kuda dapat dijadikan serbuk dan bermanfaat untuk menghambat pertumbuhan jamur Candida albicans, yaitu jamur penyebab keputihan.

  • Menyembuhkan masalah pada kulit

Penelitian juga menjelaskan bahwa daun Pecut Kuda dapat menghambat pertumbuhan bakteri penyebab masalah pada kulit seperti staphylococcus aureus yang bisa menyebabkan bisul, selulitis, Staphylococcal Scalded Skin Syndrome, dan impetigo. Infeksi akibat bakteri ini ditandai dengan kulit yang kemerahan, terasa nyeri, bengkak, dan bernanah pada luka.

  • Mempercepat kesembuhan luka terbuka

Ekstrak tanaman Pecut Kuda juga diketahui dapat membantu proses penyembuhan luka dengan lebih cepat. Hal ini karena daun Pecut Kuda memiliki kandungan senyawa kimia yang mampu mempercepat penyembuhan luka, seperti Flavonoid, Steroid, Saponin, Tanin, dan Triterpenoid.

  • Membakar lemak dalam tubuh

Tanaman Pecut Kuda yang telah dijadikan suplemen diketahui bisa membakar lemak berlebih pada tubuh. Cara kerjanya dengan mencegah terjadinya penumpukan lemak di bagian perut dan mengatur berat badan.

  • Anti inflamasi

Daun Pecut Kuda juga bersifat anti-inflamasi, yaitu memberikab perlindungan bagi tubuh dengan cara membasmi dan menetralisir perkembangan bakteri atau penyakit berbahaya yang bisa memicu infeksi atau cedera sehingga sel tubuh bisa kembali normal sesuai fungsinya.

Banyak khasiat daun Pecut Kuda yang dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kesehatan secara alami. Meskipun herbal. penggunaannya tentu saja dengan tetap menakar porsi sesuai dengan komposisi yang tepat.

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi