Manfaat Daun Murbei untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

| 24 Jan 2024 20:04
Manfaat Daun Murbei untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui
Manfaat daun murbei untuk kesehatan (unsplash)

ERA.id - Pohon murbei terkenal dengan buahnya yang menyegarkan dan menjadi santapan nikmat di berbagai belahan dunia. Dibalik kesegarannya, ternyata terdapat banyak manfaat daun murbei untuk kesehatan.

Buah murbei sering dianggap sebagai superfood karena kandungan vitamin, mineral, dan senyawa tanaman yang kaya di dalamnya.

Namun, manfaat kesehatan yang ditawarkan oleh murbei tidak hanya terbatas pada buahnya. Daun murbei, telah digunakan dalam pengobatan tradisional selama berabad-abad, menjadi bahan alami untuk berbagai kondisi kesehatan.

Daun murbei memiliki kandungan gizi yang sangat baik. Penuh dengan senyawa tanaman kuat seperti antioksidan polifenol, daun murbei juga mengandung vitamin C, seng, kalsium, zat besi, kalium, fosfor, dan magnesium. Artikel ini akan menjelajahi beragam manfaat kesehatan yang dapat diperoleh dari konsumsi daun murbei.

Manfaat Daun Murbei untuk Kesehatan

Daun murbei dapat membantu menurunkan kadar gula darah, kolesterol, dan tingkat peradangan. Sifat-sifat ini dapat membuatnya bermanfaat dalam melawan penyakit jantung dan diabetes. Dilansir dari Healthline, berikut ini beberapa manfaat yang dapat Anda dapatkan:

  1. Dapat menurunkan gula darah dan insulin

Daun murbei menyediakan beberapa senyawa yang dapat membantu melawan diabetes termasuk -deok sinoyirimisin (DNJ) yang mencegah penyerapan karbohidrat di usus.

Secara khusus, daun ini dapat mengurangi tingkat gula darah dan insulin yang tinggi, sejenis hormon yang mengatur tingkat gula darah.

Dalam penelitian yang pernah dilakukan 37 orang dewasa yang mengkonsumsi bubuk pati yang cepat meningkatkan kadar gula darah, kemudian diberikan ekstrak daun murbei yang mengandung 5% DNJ.

Didapatkan hasil mereka yang mengkonsumsi 250 atau 500 mg ekstrak mengalami peningkatan gula darah dan insulin yang signifikan lebih rendah dibandingkan dengan kelompok plasebo.

Selain itu, dalam penelitian 3 bulan, orang-orang dengan diabetes tipe 2 yang mengonsumsi 1.000 mg ekstrak daun murbei (3 kali sehari bersama makanan) mengalami penurunan signifikan pada tingkat gula darah setelah makan, dibandingkan dengan kelompok plasebo.

Ilustrasi suntik insulin pasien diabetes (unsplash)
  1. Dapat meningkatkan kesehatan jantung

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa ekstrak daun murbei dapat meningkatkan kesehatan jantung dengan mengurangi kadar kolesterol dan tekanan darah. Selain itu juga dapat mengurangi peradangan, dan mencegah aterosklerosis (penumpukan plak di arteri yang dapat menyebabkan penyakit jantung).

Satu penelitian dengan subjek 23 orang dengan kolesterol tinggi, diberikan 280 mg suplemen daun murbei 3 kali sehari. Kemudian setelah 12 minggu, kadar kolesterol LDL (jahat) mereka turun 5,6%, sementara kadar kolesterol HDL (baik) meningkat 19,7% (9).

Penelitian lain selama 12 minggu mencatat bahwa 10 orang dengan trigliserida tinggi yang mengonsumsi suplemen daun murbei harian yang mengandung 36 mg DNJ mengurangi kadar trigliserida sebanyak 50 mg/dL, rata-rata (10).

Selain itu, studi pada hewan menunjukkan bahwa daun ini dapat mencegah aterosklerosis dan mengurangi kerusakan sel serta tingkat tekanan darah tinggi, semua faktor risiko penyakit jantung.

  1. Dapat mengurangi peradangan

Daun murbei mengandung berbagai senyawa antiinflamasi, termasuk antioksidan flavonoid. Beberapa penelitian menemukan bahwa daun murbei dapat melawan peradangan dan stres oksidatif yang terkait dengan penyakit kronis.

Studi pada tikus dengan diet tinggi lemak menunjukkan bahwa suplemen dari daun ini dapat mengurangi penanda peradangan seperti protein C-reaktif, serta penanda stres oksidatif seperti superoksida dismutase.

Pada sebuah studi tabung reaksi sel darah putih manusia juga menunjukkan bahwa ekstrak daun murbei tidak hanya mengurangi protein peradangan tetapi juga secara signifikan mengurangi kerusakan DNA yang disebabkan oleh stres oksidatif.

  1. Efek antikanker dan Kesehatan Hati

Beberapa penelitian tabung reaksi menghubungkan daun murbei dapat menjadi obat antikanker terhadap sel kanker serviks dan hati manusia.

Selain itu, pada studi tabung reaksi dan hewan telah menentukan bahwa ekstrak daun murbei dapat melindungi sel hati dari kerusakan dan mengurangi peradangan hati.

  1. Pemulihan berat badan

Studi pada tikus mencatat bahwa daun murbei juga dapat meningkatkan pembakaran lemak dan membuat penurunan berat badan.

Selain manfaat daun murbei untuk kesehatan, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi