Beragam Jenis Minyak yang Ampuh untuk Menjaga Kesehatan Rambut

| 22 Feb 2024 20:13
Beragam Jenis Minyak yang Ampuh untuk Menjaga Kesehatan Rambut
Minyak untuk perawatan rambut (unsplash)

ERA.id - Untuk merawat dan menjaga kesehatan rambut, minyak-minyak alami sangat baik digunakan. Rambut menjadi sehat, bersih, dan berkilau.

Lantas, minyak apa saja yang baik untuk digunakan? Berikut aneka jenis minyak yang bisa dipakai untuk merawat rambut seperti dilansir Era.id, dari berbagai sumber.

Minyak untuk Perawatan Rambut

  1. Minyak Kelapa

Minyak kelapa adalah salah satu minyak paling serbaguna yang ada dan bagus untuk kulit. Minyak ini mengandung asam lemak yang memungkinkannya menembus rambut secara mendalam tanpa menguap.

Minyak kelapa kaya akan karbohidrat, vitamin, dan mineral yang esensial untuk kesehatan rambut yang baik. Minyak sendiri kelapa tersedia dalam beberapa variasi, seperti yang telah diolah, tidak diolah, dan virgin (salah satu minyak terbaik untuk pertumbuhan rambut).

Perlu diketahui, minyak kelapa ideal untuk semua jenis rambut terutama yang kering, rusak, atau kusam. Minyak kelapa juga cocok untuk mereka yang ingin memperbaiki rambut rapuh atau ujung rambut yang bercabang dan direkomendasikan untuk orang-orang dengan pertumbuhan rambut yang lambat.

  • Manfaat Minyak Kelapa untuk Rambut dan Cara Penggunaannya

Minyak kelapa memiliki banyak manfaat termasuk melindungi dari kerusakan panas dan memperbaiki rambut yang rusak dan patah. Menggunakan minyak kelapa secara teratur juga membantu mencegah kerontokan rambut dan membuat pertumbuhan rambut yang sehat dan kulit kepala yang sehat.

Minyak kelapa meningkatkan penampilan rambut dengan membantu menjaga kelembaban dan menambah kilau yang indah dan sehat. Banyak minyak kelapa juga memiliki aroma kelapa yang lezat yang membuat rambut tercium harum.

  • Cara menggunakan minyak kelapa

Gunakan minyak kelapa organik bila memungkinkan. Karena minyak kelapa dapat menjadi padat pada suhu ruangan, menghangatkannya akan membuatnya lebih lunak dan memudahkan penggunaan.

Untuk mereka dengan kulit kepala berminyak oleskan minyak pada rambut, kecuali pada bagian akar. Namun untuk mereka dengan kulit kepala kering cukup oleskan pada seluruh rambut termasuk pada akar.

Biarkan selama minimal 30 menit dan bilas dengan shampo tanpa alkohol. Perlu diketahui, merawat rambut dengan minyak kelapa sekali seminggu akan membantu melindunginya dari kerusakan dan membuatnya terlihat sehat dan berkilau.

Cara menggunakan minyak kelapa (unsplash)
  1. Minyak Almond

Minyak almond berasal dari biji almond yang tidak hanya bagus untuk memasak, tetapi juga memiliki manfaat luar biasa untuk rambut Anda. Minyak ini mengandung Vitamin E, asam lemak, protein, dan antioksidan. Selain itu juga mengandung magnesium, yang mengurangi kerusakan rambut dan membantu pertumbuhannya.

Perlu diketahui, orang yang kekurangan mineral rentan terhadap pertumbuhan rambut yang lambat dan kerontokan rambut, jadi menambahkan beberapa tetes minyak almond dapat membantu masalah ini.

Minyak almond cukup deal untuk rambut kering dan rusak, rambut yang rentan ketombe, dan mereka yang mengalami pertumbuhan rambut yang lambat atau masalah kerontokan rambut.

  • Manfaat minyak almond untuk rambut dan Cara penggunaannya

Minyak almond dapat melembabkan, menutup, dan melindungi rambut dan juga melindungi dari kerontokan dan kerusakan rambut. Cara menggunakan minyak ini secara teratur dapat membantu Anda memiliki rambut yang lebih panjang dan kuat.

Namun perlu diketahui, minyak almond kental pada suhu ruangan. Hangatkan satu sendok minyak dan gosokkan ke kulit kepala. Anda bisa meninggalkannya semalaman dan mencucinya keesokan harinya.

Anda juga bisa menggunakan minyak almond setelah keramas untuk mengembalikan kelembaban pada rambut dan mencegah kerusakan dan ujung rambut yang bercabang.

Gosokkan beberapa tetes ke telapak tangan dan ratakan ke rambut yang telah dibasahi handuk. Selain itu, menyisir rambut dan membiarkan rambut mengering alami membuat rambut berkilau dan bebas dari kekusutan.

Selain minyak untuk perawatan rambut, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi